Ini Dia Wujud Penantang Toyota Alphard Asal China

05/10/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Toyota Alphard kedatangan rival baru dari China. Adalah GAC Motor yang merilis GN8 Master Edition di Filipina. Wajah mobil itu menyerupai Toyota Alphard.

Rival Toyota Alphard tampaknya semakin banyak dan membuat persaingan di segmen MPV premium kian ramai. Bila belum lama ini dari Korea Selatan ada Hyundai Staria, kali ini giliran mobil China GN8 Master Edition garapan GAC Motor yang baru saja dirilis di Filipina. Mobil ini merupakan pengembangan dari Trumpchi M8 Master yang melakoni debut lebih dulu di Beijing tahun lalu. 

>>> Kia Carnival 2022 Tambah Fitur, Siap Jegal Alphard dan Staria

Tampilan Menyerupai Toyota Alphard

GAC GN8 Master Edition

Dari eksteriornya terlihat jelas mobil siap menyaingi Alphard

Melihat tampilan eksterior dari GN8 Master Edition, terlihat jelas bahwa mobil siap bersaing dengan Toyota Alphard. Mulai dari tampilan grille depan berbalut krom berbentuk vertikal, bemper baru disertai sepasang lampu kabut LED dengan trim aluminium. 

Beralih ke sisi belakang, GAC menyematkan bemper baru dengan aksen aluminium seperti pada bagian depan. Lampu belakang LED juga makin cantik lantaran bentuknya memanjang dari sisi kiri ke kanan. Tampilan kekinian lainnya juga dapat terlihat dari ornamen knalpot palsu berbalut cover. 

Seperti varian standard GT, GN8 Master Edition juga menawarkan kenyamanan untuk tujuh orang penumpang di dalamnya. GN8 Master Edition menyajikan kursi baris kedua dengan fitur pemanas dan ventilasi udara. GAC juga menyematkan pemijat punggung dari Ottomans. Supaya penumpang makin nyaman, headrestnya dibuat mirip dengan yang ada di kursi pesawat. 

Toyota Alphard

Tampilan grille depan Alphard

Untuk bersaing dengan Alphard, tentu GN8 harus menawarkan fitur khas mobil mewah lainnya. Terkait hal itu, GN8 rupanya sudah dibekali panoramic sunroof, jok berlapis kulit, automatic climate control dengan sistem air purification, lampu LED ambient dengan 32 warna, sistem hiburan layar sentuh yang sudah terhubung ke Apple CarPlay, serta 8 speaker Harman Kardon guna menunjang sound systemnya. 

Sang penantang Toyota Alphard dari China ini menggendong mesin turbo berkapasitas 2.0L yang juga sudah disematkan pada model GT. Mesin itu dikawinkan dengan transmisi otomatis enam percepatan dengan sequential shift dan mampu menghasilkan tenaga setara 199 PS dengan torsi 320 Nm.

GAC GN8 Master Edition

GN8 Master Edition tampak belakang

>>> Adu Spesifikasi MPV, Hyundai Staria vs Alphard

Harga GN8 Master Edition Lebih Murah dari Alphard

Ini berbeda dengan Alphard yang mengusung mesin 3.5L bertenaga 296 PS pada 6.600 rpm dan torsi 361 Nm pada rpm 4600-4700.

Seperti mobil China pada umumnya, selain menawarkan fitur canggih dan tampilan menyerupai rivalnya tak kalah penting adalah harga jualnya. Ya di Filipina kehadiran GN8 Master Edition tampaknya untuk menjegal laju Alphard dan juga VW Multivan Kombi.

Di Filipina, GN8 Master Edition dibanderol 2.958.000 Filipina peso atau kalau dirupiahkan setara dengan Rp 830 jutaan. Sedangkan Toyota Alphard di Filipina dibanderol mulai 3.925.000 yang setara dengan Rp 1,1 miliar.  

>>> Fitur Lebih Canggih, Alphard dan Vellfire Jadi Makin Nyaman

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top