Adu Spesifikasi MPV, Hyundai Staria vs Toyota Alphard

19/08/2021

Pasar mobil

5 menit

Di Indonesia, segmen pasar MPV mewah menjadi favorit sehingga diramaikan oleh produk terbaik dan siapakah yang unggul dalam adu spesifikasiMPV kali ini?

Bicara soal segmen pasar MPV mewah di Indonesia, yang langsung tertanam begitu mantap dalam alam pikiran konsumen di Nusantara adalah Toyota Alphard. Boleh disebut tidak ada pesaing dari merek lain yang mampu menggoyahkan singgasana Toyota Alphard di Indonesia. Bahkan sekelas Honda Elysion dan Nissan Elgrand, sesama petarung yang berasal dari negeri matahari terbit saja kesulitan menggoyang dominasi Toyota Alphard. 

Tidak heran kalau Toyota Alphard mampu unggul dari para rivalnya dalam adu spesifikasi MPV. Buktinya, total penjualan (whole sales) Toyota Alphard (dan Toyota Vellfire) sejak 2008 sampai April 2021 sudah mencapai 28.458 unit. Kini hadir pemain baru dari negeri ginseng, Korea Selatan, Hyundai Staria, yang mencoba peruntungan dalam segmen pasar MPV premium. Mari kita lihat keduanya dalam adu spesifikasi MPV berikut ini.  

>>> Modal Hyundai Staria Senyaman Mercedes-Benz V-Class

Harga

Model Harga
Hyundai Staria Rp 600-an juta – Rp 800-an juta (estimasi)
Toyota Alphard Rp 1.065.450.000 - Rp 1.990.450.000 (OTR DKI Jakarta)

Hyundai Staria

Menilik daftar NJKB Badan Pendapatan Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Hyundai Staria memiliki harga Rp 450.000.000. O iya, harap diingat NJKB (nilai jual kendaraan bermotor) adalah patokan harga dasar untuk pengenaan nilai pajak.

gambar hyundai staria

Siap memanaskan kompetisi dalam segmen pasar MPV premium

Jadi bukan harga mobil on the road saat ditawarkan kepada konsumen di dealer. Setelah penambahan pajak ini dan itu serta biaya ini dan itu maka harga Hyundai Staria akan terkerek menjadi Rp 600-an juta hingga Rp 800-an juta (estimasi).  

Toyota Alphard

Pada sisi lain, Toyota Alphard yang dipasarkan oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) memiliki kisaran harga mulai dari Rp 1.065.450.000 (varian 2.5 X A/T) hingga Rp 1.990.450.000 (varian 3.5 Q A/T).

gambar toyota alphard

Mendominasi segmen pasar MPV premium selama bertahun-tahun

Sedangkan varian Toyota Vellfire 2.5 G A/T ditawarkan dengan harga Rp 1.247.850.000. O iya, semua unit Toyota Alphard masuk ke Indoneisa secara CBU dari Jepang dan spesifikasinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan pasar domestik. 

Simpulan Menyoal Soal Harga

Dalam adu spesifikasi MPV ini,  perbandingan harga antara Hyundai Staria dan Toyota Alphard adalah 1:2 yang berarti harga 1 unit Toyota Alphard setara dengan 2 unit Hyundasi Staria. Bicara soal harga, Hyundai Staria menawarkan value for money (harga yang ditawarkan dan apa yang didapatkan konsumen). Sedangkan Toyota Alphard memiliki nama besar  sebagai daya pikat. Tetapi bicara soal adu spesifikasi MPV dalam aspek harga, terlihat jelas sang pemegang takhta harus bekerja lebih keras lagi.  

Dimensi

  Hyundai Staria Toyota Alphard
Panjang 5.253 mm 4.945 mm
Lebar   1.997 mm   1.850 mm
Tiinggi 1.990 mm  1.895 mm
Jarak sumbu roda 3.273 mm    3.000 mm

Hyundai Staria

Bicara empat parameter dimensi tersebut, Hyundai Staria lebih unggul daripada Toyota Alphard. Berbekal ukuran panjang, lebar, tinggi dan jarak sumbu roda yang lebih baik, ukuran kabin Hyundai Staria menjadi lebih lapang. Tergantung konfigurasi kursinya, Hyundai Staria mempunyai daya angkut hingga 11 orang penumpang.

gambar hyundai staria

Sosoknya terlihat besar dari berbagai sudut pandang

Kalau mau nyaman, tinggal pilih konfigurasi 7 orang penumpang dengan pengaturan kursi 2+2+3. Di sisi lain, kursi baris kedua model captain seat bisa diputar ke belakang sehingga menciptakan ruang rapat berjalan di atas roda.  

Toyota Alphard

Dimensi Toyota Alphard yang lebih kecil menawarkan daya angkut 7 orang penumpang melalui tiga baris kursi dengan konfigurasi 2+2+3. Jika ingin kenyaman terbaik, pilihannya adalah modifikasi kabin Toyota Alphard dengan konfigurasi 2+2. Jadi hanya ada 2 kursi depan dan 2 kursi tengah, sedangkan kursi belakang dilepas.

gambar toyota alphard

Dimensi lebih kompak untuk kenyamanan tujuh orang

Pada dasarnya, Toyota Alphard lebih memanjakan penumpang kursi baris kedua yang menempati captain seat. Tersedia sandaran kaki (ottoman), sandaran punggung yang bisa direbahkan dan geser maju mundur. Dengan demikian, penumpang kursi baris kedua dapat beristirahat atau rebahan senyaman mungkin sepanjang perjalanan.    

Dimensi Beda Tipis

Menilik adu spesifikasi MPV, dimensi bodi besar dan pengaturan kursi fleksibel memungkinkan Hyundai Staria untuk membawa hingga 11 orang penumpang atau memakai konfigurasi 7 orang penumpang (mode kenyamanan). Sedangkan Toyota Alphard sejak awal memang dirancang untuk 7 orang penumpang dan mengutamakan penumpang kursi baris kedua.     

Mesin Dan Sistem Penggerak

  Hyundai Staria  Toyota Alphard
Mesin  diesel, I-4 turbo, VGT, intercooler bensin, I-4/V6
Kapasitas 2.199 cc  2.494 cc/3.456 cc
Tenaga 175 hp 177 hp/296 hp
Torsi 431 Nm 234 Nm/361 Nm
Transmisi  otomatis 8-speed CVT/otomatis 8-speed

Hyundai Staria

MPV asal negeri ginseng ini didukung mesin turbo diesel 4 silinder 2,2 liter (175 hp 431 Nm) dan transmisi otomatis 8-speed. Secara umum, mesin diesel Hyundai Staria menawarkan kinerja dan efisiensi optimal melalui penerapan teknologi VGT dan common rail turbo diesel.

gambar hyundai staria

Mesin turbo diesel 2,2 liter menjadi sumber penggerak andalan

Pada sisi lain, tersedia pilihan mesin bensin V6 3,5 liter 290 hp 355 Nm. O iya standar emisi gas buang Hyundai Staria sudah memenuhi Euro 4, jadi isilah dengan bahan bakar yang sesuai rekomendasi pabrikan.       

Toyota Alphard

People carrier mewah andalan PT Toyota-Astra Motor ini tersedia dengan dua pilihan mesin bensin (4 silinder 2,5 liter dan V6 3,5 liter) serta dua pilihan transmisi (CVT dan otomatis 8-speed).

gambar toyota alphard

Mesin V6 3,5 liter menjadi top of the line untuk Toyota Alphard

Penerapan mesin bensin memberikan kenyamanan dan kesenyapan terkait aspek NVH (noise, vibration, harshness) yang minimal bagi penumpang dalam kabin. Jangan lupa isi bensin dengan oktan tinggi semisal RON 95 karena rasio kompresi yang mencapai 10,4:1  (mesin 2,5 liter) dan 11,8:1 (mesin 3,5 liter)    

Siapa Berhak Menyandang The Best Engine?

Dalam adu spesifikasi MPV, mesin dan sistem penggerak menjadi salah satu aspek penting. Hyundai Staria tersedia dengan pilihan mesin bensin dan diesel, namun mesin diesel menjadi salah satu opsi utama untuk pasar Indonesia karena efisiensi tanpa mengorbankan performa. Toyota Alphard hanya ditawarkan dengan mesin bensin 2,5 liter dan 3,5 liter. Pemilihan mesin bensin memberikan NVH yang lebih rendah daripada mesin diesel.      

Kabin

Hyundai Staria

Kabin depan Hyundai Staria lebih lapang karena semua tombol pengoperasian berada di dashboard. Tidak ada konsol tengah yang menjadi pembatas di antara kedua kursi depan. Pergerakan penumpang depan lebih optimal karena akses masuk bisa melalui pintu kanan atau pintu kiri. Dashboard dilengkapi MID + panel instrumen di bagian atas. Pada bagian center stack  terdapat head unit yang berisi sistem infotainment dan pengaturan fitur kendaraan. Pindah ke bawah dashboard ada fitur wireless charging untuk ponsel.

gambar hyundai staria

Hyundai Staria menawarkan kabin lapang dengan konfigurasi kursi yang fleksibel

Ruang simpan barang dan cup holder tersebar mulai kursi depan hingga kursi paling belakang. Dua moonroof terpisah untuk pengemudi dan penumpang depan (berukuran kecil). serta penumpang  belakang (berukuran besar) memberikan nuansa kabin yang mewah dan lapang. Di jendela baris kedua kiri dan kanan dilengkapi tirai untuk melindungi penumpang dari sinar matahari. Selain itu tirai jendela turut berperan menjaga privasi penumpang di dalam kabin. 

Toyota Alphard

Ruang depan Toyota Alphard memiliki pembatas di antara kedua kursi baris pertama. Selain keberadaan konsol tengah, penempatan tuas transmisi di bawah dashboard terus menyambung dengan center stack. Mobilitas penumpang depan menjadi terbatas namun tersedia ruang simpan yang cukup banyak untuk menaruh berbagai barang kecil agar tidak hilang. Panel instrumen terdapat di dashboard beserta MID, sedangkan layar sentuh sistem infotainment berada di tengah dashboard.

gambar toyota alphard   

Kabin Toyota Alphard berkapasitas 7 orang dan memanjakan penumpang kursi baris kedua

Penyimpanan barang dan bottle holder tersedia di door trim yang terpasang mulai  kursi depan, tengah hingga belakang. Moonroof berukuran lebar yang memanjang dari depan sampai belakang menciptakan nuansa kabin yang mewah dan lapang. Tirai jendela tersedia untuk kaca jendela tengah dan belakang samping  untuk meredam terik sinar mentari  dan melindungi  isi kabin dari intipan mata orang iseng. 

Yang Ternyaman Adalah...

Bicara soal adu spesifikasi MPV terutama dalam hal kabin, kedua mobil angkut penumpang ini berupaya memberikan yang terbaik untuk para penggunanya. Kalau fokus konsumen adalah kenyamanan untuk 7 orang penumpang, Toyota Alphard dapat menjadi pilihan. Pada sisi lain, jika kapasitas angkut penumpang yang lebih banyak menjadi pertimbangan utama, Hyundai Staria memberikan jawaban untuk kebutuhan tersebut.   

Fitur Keselamatan

Hyundai Staria    Toyota Alphard
Safe Exit Assist  Pre Collision System
Parking Sensor  Lane Departure Assist
ISOFIX Intelligent Clearance Sonar
Surround View Monitor Adaptive Cruise Control
Tire Pressure Monitoring System Automatic High Beam
Electronic Stability Control  Tire Pressure Monitoring System
Hill Assist Control  Digital Rear View Mirror
Multi Colliision Brake Blind Spot Monitor
Rear Occupant Alert Rear Cross Traffic Alert
Airbag  Airbag                                                    
ABS/EBD/BA ABS/EBD/BA

Siapa Paling Aman?   

Secara umum, dalam adu spesifikasi MPV ini, fitur keselamatan yang ditawarkan oleh Hyundai Staria dan Toyota Alphard sudah setara karena keduanya menerapkan standar keselamatan tingkat dunia. Hanya saja, merek yang satu memberikan dengan harga yang lebih kompetitif dibanding merek yang lain. Silakan konsumen menentukan pilihannya sendiri. Semoga saja tidak ada fitur keselamatan yang dihilangkan dengan alasan supaya harganya kompetitif.        

Fitur Kenyamanan

Hyundai Staria Toyota Alphard 
Power Tailgate Steering Switch
Surround View Monitor  Multifunctional Audio Head Unit
Auto AC Power Backdoor
Flexible Seat  16 warna lampu kabin
Wireless Charger Flexible seating
LCD 10,25 inci Rear Seat Entertainment
Smart Entry  Control Panel on Second-row Captain Seats with A/C & Heater
Tirai Jendela  Sunshade
USB slot Foldable Center Table
Shift by Wire USB Port on Center Console

Keduanya Hampir Sama Kuat!

Kedua MPV unggulan ini sama-sama menawarkan fitur kenyamanan yang lengkap dan optimal. Bahkan layak disebut sebagai  benchmark (acuan) bagi MPV lainnya karena sama-sama menganut standar yang berlaku secara global. Terkait adu spesifikasi MPV ini, konsumen yang menjadi hakim untuk menentukan pilihan akhir, meminang Hyundai Staria atau Toyota Alphard. Yang pasti, dalam adu spesifikasi MPV ini, Toyota (Alphard) jangan pernah anggap enteng kehadiran Hyundai (Staria).  

>>> Hyundai Staria Resmi Meluncur di Thailand, Indonesia Menyusul 

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top