Kursi Belakang Honda Civic 2022 Dapat Skor Tinggi saat Uji Keselamatan

29/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Consumer Reports melakukan pengujian tes keselamatan kursi belakang dengan mobil baru Honda Civic 2022 dan Toyota Sienna mendapatkan peringkat tertinggi.

Consumer Reports melakukan sebuah penelitian untuk mengevaluasi bagaimana mobil baru menawarkan keselamatan kursi belakang. Toyota Sienna dan Honda Civic 2022 mendapatkan peringkat terbaik dari 35 mobil baru dalam pengetesan tingkat keselamatan bagi penumpang di baris kedua dan ketiga.

Berbagai faktor keselamatan

Consumer Reports memperhitungkan masalah keamanan khusus bagi penumpang di kursi belakang. Dengan anak-anak di bawah 12 tahun harus selalu duduk di kursi belakang, penelitian ini memberikan perhatian khusus terhadap keselamatan anak, termasuk penumpang dewasa.

penumpang anak-anak yang ada di kursi belakang
Pengujian memperhitungkan berbagai faktor keselamatan di kursi belakang

>>> Uji Tabrak Tesla Model 3 Kalah dari Mobil Listrik Korea Selatan Ini

Berikut beberapa faktor yang diperhitungkan:

  • Kursi mobil yang pas: kursi mobil yang tidak dipasang dengan benar tidak sepenuhnya melindungi penumpang di belakang. Faktor yang diperhitungkan yaitu sandaran kursi, hingga memastikan informasi pemasangan tersedia.
  • Penggunaan kursi booster: pengujian ini juga memeriksa kemudahan memasang kursi booster bayi,termasuk apakah sandaran kepala mengganggu pemasangan.
  • Peringatan penumpang belakang: rata-rata 38 anak meninggal setiap tahun karena tertinggal di dalam kabin berdasarkan data dari kidsandcars.org. Penelitian ini memperhatikan apakah mobil memiliki sistem yang bisa merasakan kehadiran seseorang di kursi belakang saat mobil terkunci.
  • Pengingat sabuk belakang: hampir semua mobil baru mengingatkan penumpang kursi depan untuk memasang sabuk pengaman, tapi hanya beberapa yang memberikan peringatan ketika penumpang kursi belakang belum menggunakan sabuk belakang.
  • Sandaran kepala belakang: sandaran kepala mencegah whiplash dan cedera leher lainnya jika terjadi tabrakan dari belakang.

>>> Perkiraan Harga All New Avanza 2021, Makin Mahal?

Honda Civic 2022 dan Toyota Sienna terbaik

Consumer Reports menyebutkan bahwa keselamatan bagi penumpang di belakang bukanlah prioritas besar bagi banyak pabrikan. Misalnya hanya 40% kendaraan baru yang memiliki sabuk pengaman pretensioner di kursi belakang, dan lebih dari 25% memiliki airbag samping untuk melindungi bagian tengah penumpang ketika terjadi kecelakaan.

"Kursi belakang harus memperhitungkan semua jenis penumpang yang duduk di sana, dari bayi dan remaja hingga orang dewasa dan penumpang yang berbagi tumpangan dari segala usia," kata Dr. Emily Thomas, Insinyur Keselamatan Otomotif di Consumer Reports. "Tapi analisis kami menunjukkan bahwa banyak pembuat mobil tidak menempatkan fitur keselamatan yang sama di belakang seperti yang mereka lakukan di depan."

>>> Mobil Baru Honda Bawa Fitur Google Assistant Mulai Tahun Depan

hasil uji tes keselamatan model year 2021
Toyota Sienna mengalahkan
 Nissan Rogue dan Ford Bronco Sport

Dari 35 kendaraan baru yang dievaluasi, Consumer Reports membaginya menjadi model tahun 2021 dan 2022. Tidak ada kendaraan yang mendapatkan skor sempurna, tapi MPV Toyota Sienna mendapatkan peringkat tertinggi tahun 2021 dengan skor 69. Sedangkan Hyundai Ioniq dan Mercedes-Benz GLA merupakan beberapa model 2021 yang kurang memenuhi standar dengan skor 30 dan 32.

uji keselamatan dari mobil model year 2022
Honda Civic 2022 mendapatkan peringkat tertinggi dari mobil baru

Hanya 10 kendaraan produksi 2022 yang dievaluasi. Honda Civic 2022 dan Nissan Pathfinder memimpin daftar tersebut dengan skor 66. Dimana Hyundai Tucson dan Volkswagen Taos berada di peringkat bawah dengan skor 33 dan 31.

>>> Dapatkan harga mobil Honda terbaru dan promo terbaik di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top