Mobil Baru Honda Bawa Fitur Google Assistant Mulai Tahun Depan

24/09/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Bekerja sama dengan Google, semua mobil baru Honda nantinya akan mendapatkan Google Assistant dan fitur Google lainnya secara bertahap mulai tahun depan.

Kerja sama antara pabrikan otomotif dan perusahaan teknologi semakin banyak terjadi. Dan yang terbaru, Honda mengumumkan rencana mereka untuk kolaborasi dengan Google dengan memperkenalkan kendaraan baru dengan layanan terhubung. Nantinya, semua mobil baru Honda akan mendapatkan teknologi Google, contohnya saja Google Assistant, mulai tahun depan.

Hadirkan Android Automotive

Dalam keterangan resminya, Honda akan mulai meluncurkan mobil baru yang sudah dilengkapi dengan Android Automotive OS yang disematkan Google. Beberapa teknologi yang akan digunakan seperti Google Assistant dengan pengenalan suara (voice recognition), Google Maps, dan aplikasi Android lainnya sebagai infotainment standar.

Android Automotive terbaru dari Google
Android Automotive merupakan sistem infotainment default pada mobil

Android Automotive berbeda dengan Android Auto. Jika Android Auto merupakan fitur yang membantu memproyeksikan smartphone ke dashboard dan pesaing CarPlay Apple, Android Automotive adalah sistem infotainment default mobil yang mengendalikan semua fitur, dari musik hingga navigasi sampai AC mobil.

“Kami sangat senang dapat menawarkan nilai baru untuk mobilitas dan kehidupan sehari-hari masyarakat di seluruh dunia dengan menggabungkan kekuatan Honda dalam teknologi canggih dalam pengembangan mobil dan kekuatan Google dalam teknologi informasi inovatif,” kata Satoshi Takami, Kepala Mobilitas untuk Layanan Operasi di Honda.

>>> Mobil Honda di Indonesia Ikut Jadi Korban Krisis Chip Semikonduktor

Tambahkan teknologi Google lainnya

Google Assistant akan dipasang sebagai teknologi standar pada semua mobil. Memungkinkan penumpang untuk mengakses berbagai fitur di dalam mobil hanya menggunakan kontrol suara. Sehingga pengemudi bisa mengatur navigasi, mengontrol media, dan mengakses smartphone tanpa mengalihkan pandangan dari jalan.

Google Maps juga akan tersedia di dalam sistem infotainment kendaraan. Bukan hanya meningkatkan teknologi dan pembaharuan yang lebih cepat, fitur ini akan dirancang untuk bekerja dengan lancar menggunakan Google Assistant.

Honda juga mempersiapkan Google Play di dalam mobil. Memberikan akses kepada pemilik pada serangkaian aplikasi di dalam mobil. Mempermudah pengemudi mendengarkan musik, memutar podcast, dan membantu mengakses berbagai fitur di dalam smartphone tanpa harus mengalihkan pandangan dari jalan.

>>> 5 Fitur Unggulan yang Jadi Senjata All New Honda BR-V Hadapi Rivalnya

Google Maps yang dikembangkan oleh Google
Teknologi baru mempermudah koneksi Google Maps di dalam mobil

Honda menyebutkan siap meluncurkan layanan ini pada mobil baru yang akan dirilis di Amerika Utara pada paruh kedua 2022. Setelah itu, pembaruan teknologi akan digunakan pada semua mobil baru Honda di seluruh dunia secara bertahap.

“Honda akan terus menghadapi tantangan untuk menciptakan nilai baru sambil dengan cepat mengatasi transformasi mobilitas tanpa terikat oleh kebijaksanaan konvensional industri mobil,” kata Takami.

Saat ini, hanya ada dua mobil yang sudah tersedia dengan Android Automotive, yaitu Polestar 2 dan Volvo XC40 Recharge. Selain Honda, Google juga telah membuat kesepakatan dengan sejumlah pembuat mobil lainnya, termasuk Ford, General Motors, dan aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi.

>>> Dapatkan harga mobil Honda terbaru dan promo terbaik di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top