Ferrari V6 Hybrid Jalani Tes di Sirkuit

17/08/2020

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Ferrari V6 Hybrid Jalani Tes di Sirkuit
Sebuah hasil video amatir belum lama ini menunjukkan indikasi Ferrari V6 Hybrid yang sednag menjalani rangkaian tes di Sirkuit Fiorano, Italia. Benarkah?

Sudah sejak lama Ferrari berniat ingin menghadirkan satu model bermesin hybrid mengingat arah filosofis mereka memang sudah ke era elektrifikasi. Namun terus menerus pabrikan Italia ini menyebut jika mereka sedang membuat formulasi yang tepat sebelum mobil elektrik ini benar-benar dijual ke publik.

Tetapi sepertinya dengan berjalannya waktu, ramuan untuk mesni hybrid itu sudah ditemukan. Kabar terbaru yang dikutip Cintamobil.com dari Motor1, Minggu (16/08/2020) menyebut jika Ferrari menggunakan teknologi hybrid V6 dari Formula 1. Dan ditenggarai, unit Ferrari V6 hybrid ini sudah menjalani berbagai pengujian, dan yang paling terbaru adalah tes di Fiorano.

Seperti diketahui, Fiorano merupakan "taman bermain" Ferrari yang lokasinya ada di dekat Maranello, Italia, yang menjadi markas besarnya produsen supercar tersebut. Dibangun sejak 1972, sirkuit ini didesain memiliki beberapa sudut tikungan yang mensimulasikan sejumlah sudut ekstrim dari trek balap yang ada di seluruh dunia.

Di Fiorano pula tim Formula 1 Ferrari menghabiskan waktu ribuan jam untuk melakukan riset mobil mereka sebelum benar-benar di tes di trek balap yang akan mereka hadapi.

>>> Produksi Ferrari SF90 Stradale Tertunda karena Pandemi Covid-19

Ferrari V6 Hybrid Sedang Tes Jalan?

Ferrari Hybrid V6 tes

Inikah wujud dari mobil hybrid terbaru Ferrari?

>>> Unboxing LEGO Speed Champions Ferrari F8 Tributo

Belum lama ini beredar sebuah video yang menunjukkan satu model Ferrari sedang menjalani sejumlah pengetesan di Sirkuit Fiorano. Menariknya model yang dites ini masih ditutup kamuflase pada bagian bodinya.

Lampu utama dan facia depan terlihat mirip perpaduan antara F8 Tributo dan SF90. Kemudian tampak belakang juga masih ada kemiripan SF90. Sementara suara mesinnya mirip dengan V8 turbo dari model 488 namun sedikit lebih tenang. Tak ayal banyak yang menebak jika ini adalah model Ferrari V6 hybrid yang sedang menjalani tes.

Baterai Apa yang akan Dipakai Ferrari?

Ferrari Hybrid V6 test fiorano

Belum ada keterangan resmi Ferrari tentang perkembangan mobil V6 Hybrid mereka

>>> Review Ferrari F8 Tributo 2019, Lebih Agresif dengan Tampilan Klasik

Jika memang benar unit yang sedang menjalani tes di Fiorano itu adalah unit Ferrari bermesin V6 Hybrid, lantas yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah baterai apakah yang akan dipakai pada model tersebut. Mengingat Enrico Galliera, Chief Marketing and Commercial Officer Ferrari pernah berujar jika saat ini belum ada produsen baterai yang memenuhi ekspektasi mereka.

Karenanya tak menutup kemungkinan jika Ferrari menciptakan sebuah BEV (Battery Electrified Vehicle) racikan mereka 100 persen. Karena Ferrari berkomitmen jika mereka membuat mobil listrik atau hybrid maka harus yang berbeda dan ekslusif.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Soal Mobil Listrik, Ferrari Tunggu Teknologi Yang Pas

17/05/2020

Mobil baru

4 menit

Setelah meluncurkan SF90 Stradale dengan teknologi plug-in hybrid, kehadiran BEV Ferrari tinggal menunggu waktu saja. Namun, The Prancing Horse belum mau mengadopsi teknologi ini waktu dekat karena alasan teknologi.

Lihat juga

Peluncuran Dua Model Baru Ferrari Tertunda karena Coronavirus

08/05/2020

Mobil baru

2 menit

Masalah industri otomotif masih terpukul karena wabah virus corona. Kali ini, dua model baru Ferrari yang direncanakan meluncur pada kuartal pertama 2020 resmi ditunda.

Lihat juga

Ferrari Tak Akan Jual Mobil Listrik Sampai 2025

13/12/2019

Mobil baru

4 menit

Belum sepenuhnya yakin dengan kemampuan serta teknologi baterai mobil listrik di pasaran, Ferrari tampaknya akan menunda kehadiran mobil listrik pertamanya setidaknya sampai 2025.

Lihat juga

Ferrari Roma, Portofino Dengan Sentuhan Lebih Modern

20/11/2019

Mobil baru

5 menit

Sepanjang 2019 ini, Ferrari tampak sangat produktif dengan memperkenalkan lima model baru dari Maranello. Yang terbaru adalah Ferrari Roma, mobil GT baru pesaing Aston Martin Vantage.

Lihat juga

Siap Dilelang, Ferrari F2002 Keliling Sirkuit FIorano Bersama Mick Schumacher

25/11/2019

Event - Promosi

3 menit

Sebelum dilelang di Abu Dhabi, RM Sotheby memberikan kesempatan kepada putra Michael Schumacher, Mick Schumacher, untuk mencoba Ferrari F2002. Seperti apa pengalaman putra juara dunia F1 7 kali, saat memacu mobil balap juara Formula 1 musim 2002 di sirkuit Fiorano, Italia?

Lihat juga
 
back to top