Daihatsu All New Terios Bakal Jadi FWD? Ini Bocorannya

08/11/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
All New Xenia bakal meluncur tanggal 11 November 2021, MPV ini mengusung penggerak roda depan, akankah saudaranya yakni All New Terios bakal ikutan pindah FWD?

Baik Daihatsu Xenia maupun Daihatsu Terios sebenarnya adalah produk yang serupa tapi tak sama. Xenia dirancang sebagai Low Multi Purpose Vehicle (LMPV), sedangkan Terios didaulat sebagai Low Sport Utility Vehicle (LSUV). Keduanya pakai mesin yang sama, ini berlaku hingga generasi Daihatsu All New Terios.

Eksterior belakang Daihatsu All New Terios R

All New Terios bakal turut usung penggerak roda depan?

Namun, ubahan besar-besaran dilakukan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada All New Xenia yang bakal meluncur tanggal 11 November 2021 nanti. Sebab, Xenia generasi ketiga ini sudah mengusung format penggerak roda depan (FWD). Lantas, apakah sang kakak yakni Daihatsu All New Terios bakal mengusung format serupa?

Tetap RWD

"Belum mas. Sedang ada diskusi antara Daihatsu dan TAM (Toyota Astra Motor). Pasti sedang analisa market oleh Product Planning Division," jelas narasumber terpercaya kami yang enggan namanya terkenal.

Menurut narasumber kami yang ramah ini, nantinya akan ada beberapa kali minor maupun major change sebelum benar-benar full model change (All-new). "Semua sudah ada kok planningnya," tambah pemegang kartu tanda karyawan Astra ini.

Launching Daihatsu All New Terios IDS 2021

All New Daihatsu Terios bakal setia dengan penggerak roda belakang (RWD)

Salah satu alasan penggerak roda belakang dipertahankan juga karena, "Masih ada demand nya mas Fian. Tipe konsumennya (juga) berbeda dari Xenia atau Sigra," tambahnya memperjelas hal tersebut ke Cintamobil.com.

Jadi bisa disimpulkan, hingga saat ini belum ada rencana baik dari Daihatsu maupun Toyota untuk mengubah format penggerak All New Terios dan All New Rush dari semula penggerak roda belakang (RWD) ke FWD.

>>> Konsumsi BBM Daihatsu Terios Eco Idle 2021 Tembus Segini

Sekilas Mengenai Daihatsu Terios

Daihatsu Terios pertama kali lahir di tahun 2006 sepeninggal Daihatsu Taruna yang dipensiunkan oleh PT ADM. Terios merupakan produk 'kembar' kedua hasil kolaborasi antara Toyota dengan Daihatsu.

>>> Daihatsu Terios Diajak Ngedrift Pembalap Jepang

Dua mobil racikan 'Geng Sunter' tersebut bisa dibilang tak punya lawan berarti di pasar mobil Tanah Air, bahkan hingga satu dekade setelah kemunculannya. Maklum saja, lawan 'berat' Rush dan Terios baru hadir tahun 2016 di mana Honda BR-V turut mencoba peruntungan di kelas ini.

Daihatsu Terios TX 2009

Terios mengalami Facelift pertama kali di tahun 2009-2010

Sebenarnya model Toyota Rush maupun Daihatsu Terios yang beredar di Tanah Air sendiri adalah generasi kedua di dunia, dan merupakan turunan dari Daihatsu Be-Go yang sudah terlahir di bumi sejak tahun 1997.

>>> Fitur Kekinian Eco-Idle di Daihatsu Terios yang Bikin Irit Bahan Bakar

Rush sendiri adalah salah satu produk kerjasama yang digarap bareng dengan Daihatsu. Mobil ini bisa dibilang seperti mengambil basis dari Toyota Avanza yang dijadikan SUV sehingga lebih gagah dan macho.

Daihatsu All New Terios Manual

Terios generasi kedua hadir tanpa 'konde' ban cadangan

Mobil ini cukup diterima pasar dengan baik. Hingga tahun 2015 Terios dan Rush 'berkonde' mendapat facelift terakhir, kali ini minor change yang dilakukan kedua pabrikan terbilang cukup banyak. Dari mulai bentuk headlamp, velg, bonnet (kap mesin), stoplamp hingga ornamen di sekujur body dan interior mendapat sentuhan.

>>> Mau lirik Daihatsu Terios bekas dengan harga menarik? Ternyata banyak pilihannya di sini lho!

Hingga akhirnya All New Terios dan All New Rush hadir di tahun 2018 dengan 'konde' sebagai ciri khas yang menghilang dan kabin yang makin luas. Sehingga kini LSUV andalan duo Astra ini semakin digemari oleh konsumen di Indonesia karena muat banyak, tetap hemat meski RWD dan fiturnya modern.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top