Konsumsi BBM Daihatsu Terios Eco Idle 2021 Tembus Segini

18/09/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Konsumsi BBM Daihatsu Terios dengan teknologi Eco Idle System lansiran 2021 diklaim lebih irit BBM dari yang lama, lalu sebenarnya seberapa hemat sih?

Saat peluncuran Terios terbaru, hal pertama yang diklaim oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) adalah konsumsi BBM yang bisa lebih irit antara 5 hingga 10%. Hal itu disampaikan langsung oleh Yasuo Sahashi yang bertanggung jawab atas pengembangan mobil ini.

Launching Daihatsu Terios 2021

Terios terbaru ini diklaim lebih hemat BBM

"Berdasarkan pengetesan internal kami, konsumsi BBM bisa lebih hemat di (pengendaraan) lalu lintas dalam kota," tukas Sahashi San, sapaan akrab Yasuo Sahashi kepada tim Cintamobil.com saat ditemui di bilangan Sunter, Jakarta Utara kemarin (17/9).

Lebih Hemat Di Dalam Kota

Jika apa yang diklaim pria asal Jepang itu benar, berarti konsumsi BBM Terios yang punya teknologi Eco Idle System ini diprediksi bakal dengan mudah tembus di angka 13 kilometer per liter (Km/l) saat digunakan pada rute dalam kota.

>>> Mau dapat promo menarik untuk pembelian Terios? Coba klik di sini

Asumsi tersebut kami ambil bukan tanpa data, kami sudah pernah mengetes jalan Daihatsu Terios lansiran tahun 2019. Untuk angka konsumsi BBM dalam kota di dapat hasil 11,9 km/l dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam.

Daihatsu Terios 2019

Hasil pengujian kami tiga tahun lalu terhadap mobil ini cukup baik

Mungkin Anda bertanya mengapa kecepatan rata-rata yang kami gunakan adalah 22 km/jam. Angka tersebut kami ambil karena sepanjang kami melakukan pengujian mobil baru, rata-rata mobil berjalan di dalam kota yang penuh kepadatan lalu lintas itu averge speed-nya ada di angka tersebut.

>>> Berusaha Menantang Rush Dan Terios, Inilah Kelebihan Dan Kekurangan DFSK Glory 560 2019

Bila Daihatsu Terios 2021 ini lebih irit hingga 10%, maka asumsinya angka 11,9 km/l hasil pengetesan kami akan lebih hemat 10% (ditambah 1,19 km/l) maka hasilnya adalah 13,09 kilometer untuk setiap liter bahan bakar dengan angka oktan 92.

Eco Idling System Daihatsu Terios

Sistem baru jelas butuh pengujian ulang agar lebih valid

Namun, ini tentu membutuhkan pengetesan ulang agar didapat hasil yang lebih valid. Jika mobil tes dari Daihatsu sudah tersedia tentu saja tim kami akan dengan senang hati mengetesnya untuk Anda.

>>> Daihatsu Terios Disempurnakan, Sedikit Namun Menggigit

Anda juga tak perlu khawatir saat mesin bolak-balik nyala-mati, karena AC akan tetap bekerja secara optimal, "Sekalipun mesin mati, AC (blower) tetap berfungsi. Kami telah memasang sensor untuk menjaga suhu kabin tetap 22oC. Jadi kalau suhu kabin menjadi lebih panas, mesin akan hidup untuk mengoperasikan kompresor AC,” jelas Sashi-san yang menjabat sebagai Head, Test & Validation Division Research & Development Directorate PT ADM saat berbincang dengan kami.

Harga Daihatsu Terios 2021

Hebatnya, dengan tambahan fitur-fitur tersebut, harga jual Daihatsu Terios terbaru ini hanya terkerek sedikit saja. Tentunya tidak mungkin juga Anda melakukan instalasi sendiri sistem ini karena sangat ribet.

Daihatsu Terios IDS 2021

"Ribet banget, ada beberapa komponen di mesin yang musti diubah," salip Audi Tarantini, selaku Head, Test & Validation Department Test & Validation Division - R&D Directorate PT ADM kepada kami. Segini harga Daihatsu Terios 2021: 

Model 25% relaksasi PPn-BM 100% relaksasi PPn-BM
R Custom MT Rp 259,1 juta Rp 246,4 juta
R Custom AT  Rp 268,9 juta Rp 255,6 juta
R MT Rp 247,2 juta Rp 234,5 juta
R AT Rp 257 juta Rp 243,7 juta
X MT Rp 216,4 juta Rp 205,1 juta
X AT Rp 236,2 juta Rp 224,3 juta

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top