Fitur Kekinian Eco-Idle di Daihatsu Terios yang Bikin Irit Bahan Bakar

21/09/2021

Mobil baru

3 menit

Daihatsu Terios kini dibekali fitur kekinian yang bisa membuat mobil lebih irit bahan bakar hingga 10%. Fitur kekinian itu hadir dengan nama Eco Idle.

Keiritan bahan bakar merupakan salah satu hal yang menjadi konsen masyarakat Indonesia. Tak heran kalau mobil yang irit bahan bakar cukup diminati seperti Daihatsu Terios. Meski sudah terhitung hemat bahan bakar, Daihatsu baru saja menambahkan fitur kekinian yang membuat Terios jadi lebih irit. 

Pada 17 September 2021, Terios diperbarui dengan eco-idle, kontrol stabilitas kendaraan, dan hill-start assist untuk semua level trim. Fitur ini berfungsi untuk mematikan mesin secara otomatis ketika kendaraan dalam kondisi berhenti dengan tujuan menghemat konsumsi bahan bakar, mengurangi tingkat emisi gas buang, sehingga membuat kendaraan semakin ramah lingkungan. Ketika mesin mati secara otomatis, posisi mobil pada kecepatan 0 km/jam, posisi tuas transmisi di 'D', dan rem aktif. 

Daihatsu Terios

Ini dia tampilan Terios versi Improvement

>>> Sistem Eco Idle Tak Bisa Diaplikasi di Terios Lama

Bisa Hemat BBM Hingga 10%

Berdasarkan hasil pengetesan konsumsi bahan bakar oleh tim R&D Daihatsu pada berbagai kondisi jalan, ditambah pengujian di fasilitas Test Course R&D Center Daihatsu di Indonesia, penyematan fitur Eco Idle pada Terios mampu menghemat bahan bakar hingga 10%. Hasil pengetesan dipengaruhi berbagai faktor seperti kondisi lingkungan, penggunaan jenis bahan bakar, dan cara berkendara. 

Hal ini tentu sejalan dengan keinginan pemerintah untuk mengurangi emisi gas buang dari kendaraan. Artinya dengan mengendarai Terios, Anda juga bisa membantu mengurangi polusi udara. Fitur Eco Idle pada Terios dapat diaktifkan ataupun dinonaktifkan oleh pengendara sesuai dengan kebutuhannya. 

Selain Eco Idle, Daihatsu Terios varian X kini juga makin aman berkat kehadiran fitur keselamatan berupa Vehicle Stability Control (VSC) dan juga Hill Start Assist (HSA). VSC berfungsi mencegah oversteer dan understeer ketika mobil berbelok. 

Daihatsu Terios

Fitur VSC dan HSA sudah tersemat pada Terios varian X

Sedangkan HSA, mencegah mobil bergerak mundur saat berada di tanjakan dengan memberi waktu beberapa detik untuk memindahkan posisi kaki dari pedal rem ke pedal gas sehingga pengemudi tidak khawatir mobil akan mundur. Tentunya fitur keselamatan ini memberikan kenyamanan bagi para pengendara sepanjang perjalanan dan makin asyik diajak bertualang. 

>>> Profil Yasuo Sahashi, Orang Paling Berpengaruh Di R&D Daihatsu

Harga Daihatsu Terios

Sederet fitur baru pada Daihatsu Terios tak lantas membuat harganya melambung. Daihatsu Terios dibanderol mulai Rp 205 jutaan hingga yang termahal Rp 255,6 juta. Berikut daftar lengkap harga Daihatsu Terios yang sudah mengusung fitur kekinian. 

  • Terios X M/T – Rp 205,1 juta
  • Terios X A/T – Rp 224,3 juta
  • Terios R M/T – Rp 234,5 juta
  • Terios R A/T – Rp 243,7 juta
  • Terios R Custom M/T – Rp 246,4 juta
  • Terios R Custom A/T – Rp 255,6 juta

Nah bagi Anda yang sudah kepincut kecanggihan Terios ini, bisa langsung mengunjungi dealer-dealer terdekat untuk melihat sekaligus mencoba fitur-fitur barunya. 

*harga berlaku saat diskon PPnBM 100%

>>> Komparasi New MG ZS vs Daihatsu Rocky, Mana Lebih Menggoda?

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top