Daihatsu Terios Diajak Ngedrift Pembalap Jepang

18/09/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Siapa bilang Low Sport Utility Vehicle seperti Daihatsu Terios tidak bisa diajak ngedrift? Pembalap Jepang ini membuktikan hal itu bisa dilakukan dengan mudah

Low Sport Utility Vehicle (LSUV) seperti Daihatsu Terios memang dirancang oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bukan untuk drifting. Melainkan untuk dapat mengangkut 7 penumpang termasuk ke pengemudi dengan aman dan nyaman dari titik A ke titik B serta mampu melewati permukaan jalan tidak rata atau bahkan rusak.

Terios 2021

Terios sejatinya tentu bukan mobil untuk drifting

Namun, berbeda dengan yang dilakukan oleh Test Driver yang juga salah satu pembalap asal Jepang bernama Yasuo Sahashi ini. Pria asal negeri Matahari Terbit tersebut mampu melakukan aksi drifting dengan Daihatsu Terios bertransmisi manual!

Tes Kemampuan VSC

"Ya itu memang saya yang melakukannya (aksi tersebut)," kekehnya saat ditemui tim Cintamobil.com kemarin (17/9). Tapi ia melakukan 'aksi' tersebut bukan hanya untuk gaya-gayaan atau demi konten semata, manuver tersebut dilakukan saat ia menguji kemampuan Vehicle Stability Control (VSC) di Daihatsu Terios terbaru.

Terios yang dikendarai pria kelahiran 60 tahun lalu ini pakai transmisi manual dan melaju cukup cepat di tikungan yang licin, sebab permukaannya bukan aspal atau beton yang rata. Tetapi ada campuran kerikil, dan juga pasir yang semakin menambah 'licin' tikungan tersebut.

Daihatsu Terios Drift

Aksi Yasuo Sahashi melakukan drift All-new Terios

Fitur keselamatan aktif VSC mampu membuat pengemudi Terios dan penumpangnya selamat di tikungan seperti ini. Berkat adanya fitur ini pengemudi lebih mudah dalam mengontrol kendaraan. Hal ini karena cara kerja VSC berkaitan juga dengan rem ABS (Anti-lock Braking System) dan manipulasi tenaga mesin.

>>> Daihatsu Terios Disempurnakan, Sedikit Namun Menggigit

Jika pengemudi terlalu cepat menikung, maka potensi mobil understeer akan meningkat, dan bukan tidak mungkin bodi mobil menghantam guard rail (pagar pembatas) yang mengakibatkan kerusakan.

Sekilas Mengenai Daihatsu Terios terbaru

Kemarin PT ADM secara resmi meluncurkan Terios improvement dan mendapatkan fitur keselamatan dan fitur baru untuk menunjang kehematan bahan bakar. Hebatnya fitur VSC & Hill Start Assist (HSA) serta Eco Idling ini sudah menjadi standar di seluruh trim Daihatsu Terios. Artinya Terios tipe terendah yakni trim X manual pun sudah bisa menikmati fitur tambahan ini.

Yasuo Sahashi Daihatsu

Yasuo Sahashi

"Eco Idle System dapat menghemat konsumsi bensin antara 5% - 10% saat (kondisi lalu lintas) stop and go," papar Yasuo Sahashi, selakui Head, Test & Validation Division Research & Development Directorate PT Astra Daihatsu Motor saat berbincang dengan kami.

>>> 97.290 Unit Mobil Daihatsu Kena Recall Fuel Pump, Ini Permasalahannya

“Kami berharap, kehadiran fitur kekinian pada Terios ini dapat memberikan nilai tambah demi kepuasan pelanggan. Sebagai Sahabat Petualang, Terios cocok digunakan untuk aktivitas keseharian di berbagai kondisi jalan di Indonesia,” tutup Anjar Rosjadi, R&D Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top