Bukan Avanza, MPV Baru Toyota Ini Kembaran Suzuki Ertiga

12/10/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Toyota baru saja merilis MPV terbarunya Rumion. Toyota Rumion merupakan kembaran Suzuki Ertiga yang rencananya diproduksi di India dan dijual di Afrika Selatan.

Mobil MPV berbasis Suzuki Ertiga namun beremblem Toyota akhirnya terungkap. Mobil ini dirilis di Afrika Selatan. Menggunakan basis serupa, tak heran kalau wujud MPV bernama Toyota Rumion itu amat identik dengan Suzuki Ertiga yang dijual di India ataupun Indonesia. 

Mengutip Autocar India, tampak tak ada yang terlalu spesial dengan Toyota Rumion. Perbedaan paling mencolok tampak pada eksterior mobil, dimana bentuk grille tidak menggunakan konsep seperti bergerigi serta dibalut aksen krom mengkilap serta latar berwarna hitam seperti yang dijual di Indonesia.

>>> Cintamobil TV: Avanza, Ertiga atau Mobilio, Pilihan Taksi Online 7 Penumpang

Mesin MPV Toyota Rumion Tak Berbeda dengan Suzuki Ertiga

Toyota hanya me-rebadged Rumion dari Ertiga yang sudah dijual di mancanegara. Ini artinya tidak ada ubahan secara mekanik yang berarti. Dengan begitu, MPV Toyota terbaru ini akan menggendong mesin bensin berkapasitas 1.5L yang telah digunakan Ertiga di pasar global. 

Toyota Rumion

Foto Suzuki Ertiga GX 2018 di jalan

Grille depan rumion berbeda dengan Ertiga

Mesin itu bisa menyemburkan tenaga setara 105 hp dan torsi 138 Nm. Mesin dipasangkan dengan dua pilihan transmisi yakni manual lima percepatan atau transmisi otomatis empat percepatan konverter torsi. Masuk ke interior pun tak ada perbedaan signifikan. Toyota Rumion menyajikan konfigurasi delapan kursi dalam tiga baris kabin.

Saat ini Ertiga dibuat di dua negara yakni Indonesia dan India. Kabarnya MPV Toyota terbaru berbasis Ertiga yang bakal dijual di Afrika Selatan akan diproduksi di India. Ini mengacu pada laporan tahun 2019 perihal Toyota yang menyuplai mobil Suzuki buatan India ke Afrika Selatan, diduga Rumion termasuk di dalamnya. 

Interior Toyota Rumion

Konfigurasi tempat duduk di dalam Rumion

Sekadar informasi, Suzuki Ertiga generasi terbaru pertama kali diungkap adap April 2018 di Tanah Air. Tak lama setelahnya, Suzuki langsung memasarkan Ertiga di India pada tahun yang sama. Ertiga dijadwalkan akan memiliki ubahan pada pertengahan tahun depan sesuai dengan siklusnya. 

Toyota Rumion

Tampak samping dan belakang Toyota Rumion

>>> Suzuki XL7 Buatan Cikarang Makin Laris di Negara Orang

Rumion Bukan Mobil Kembar Suzuki-Toyota yang Pertama

Rumion bukanlah mobil perdana yang lahir dari 'rahim' Toyota berbasis Suzuki. Sebelum Rumion, Toyota Glanza dan Starlet yang sama-sama mengusung basis Suzuki Baleno lahir lebih dulu dari Rumion. Kemudian, rencananya Toyota akan melahirkan mobil sedan terbaru yakni Belta berbasis Suzuki Ciaz. 

Dalam sebuah laporan, Toyota dikabarkan akan mengenalkan sedan Belta berbasis Ciaz di India sekaligus menggantikan Yaris yang sudah tak lagi dijual di Negeri Bollywood itu.

gambar bagian samping mazda vx-1 2016

Wujud Mazda VX-1

Sementara untuk Ertiga sendiri, sebelumnya juga sempat di-rebadged oleh Mazda bernama VX-1. Mazda VX-1 juga sempat menyambangi Indonesia perdana pada tahun 2013, namun sayang penjualannya tak selaris Suzuki Ertiga. Untuk itu pada tahun 2017, Mazda memutuskan untuk menghentikan MPV kembaran Ertiganya itu. 

>>> Ini Sketsa Wuling Victory, Calon Pesaing Xpander dan Ertiga

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top