Cintamobil TV: Avanza, Ertiga atau Mobilio, Pilihan Taksi Online 7 Penumpang

05/06/2021

Pasar mobil

5 menit

Kali ini tim Cintamobil TV akan menjalankan peran sebagai pengemudi taksi online yang dibekali dengan aplikasi di handphone dengan berbagai aksesoris pendukung. Mobil manakah yang nyaman untuk dijadikan taksi online?

Apakah Anda salah satu penumpang taksi online? Atau justru sedang mencari mobil untuk dijadikan taksi online? Memilih mobil yang tepat untuk kelancaran sebagai driver taksi online tentunya jadi hal penting. Ada beberapa kriteria dalam menggunakan mobil untuk dijadikan taksi online.

Seperti kapasitas mobil besar, irit bahan bakar, nggak mudah rusak, dan harga yang terjangkau. Salah satu mobil yang bisa digunakan adalah segmen Low MPV. Nah, bagaimana ya kalau tim Cintamobil TV menjadi driver taksi online jadi-jadian untuk membandingkan tiga Low MPV 7-seater?

Mobil untuk taksi online

Mobil manakah yang paling nyaman untuk digunakan taksi online?

Ada tiga merk mobil yang berbeda kriterianya. Ada yang LMPV yang nyaman dan enak digunakan, ada yang paling irit dan paling kencang, dan ada juga LMPV yang paling popler dan tahan banting. Dari ketiga mobil itu, manakah yang terbaik? Yuk, simak sampai selesai!

>>> Mobil Sering Benturan dengan Lubang Jalan? Ini Dampak Buruknya

Challenge 1: Membawa Penumpang

Kali ini tim Cintamobil TV akan menjalankan peran sebagai pengemudi taksi online yang dibekali dengan aplikasi di handphone dengan berbagai aksesoris pendukung. Mereka akan mengantarkan penumpang ke tempat tujuan. Penumpang bisa mengomentari bagaimana pengalaman mereka menggunakan mobil tersebut.

Disclaimer: Untuk membuktikan pengetesan kekedapan kabin, suara asli tidak diedit dan penambahan efek suara hanya dramatisasi.

1. Mobil Mobilio E A/T

Honda Mobilio

Honda Mobilio terbilang kurang nyaman untuk 7-seater

Mobil Honda Mobilio sempat memiliki rekam jejak penjualan yang laris manis di pasar otomotif Indonesia. Bahkan mobil ini sempat dinobatkan sebagai “The Best Low MPV of The Year 2015”. Sayangnya, bagi penumpang jok mobil Mobilio terbilang keras dan tak nyaman. Hal ini karena suspensinya yang keras, walaupun Honda Mobilio terbilang enak untuk dibawa medan yang berbelok-belok.

Jika Anda duduk di baris ketiga, rasa-rasanya akan terasa kurang nyaman. Untuk akomodasi, khususnya baris ketiga, mobil ini terasa kurang nyaman karena sempit. Ditambah lagi dengan kebisingan yang terdengar hingga ke dalam dan AC berisik karena double blower.

>>> Kupas Tuntas Airbag Mobil, Sang Penyelamat Nyawa

2. Suzuki Ertiga GL A/T

Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga memiliki jok yang empuk

Suzuki Ertiga GL A/T merupakan Low MPV dengan konfigurasi 7 tempat duduk yang dikembangkan menggunakan platform Suzuki Swift. Citranya sebagai mobil keluarga cukup melekat pada mobil ini, apalagi jika bukan karena nyaman dan irit dalam konsumsi BBM.

Untuk masalah kenyamanan Suzuki Ertiga GL A/T, Anda bisa rasakan dari headrest hingga jok yang menggunakan bahan fabric empuk. Saat mengendarainya, ada perasaan nyaman, mewah, dan mahal. Untuk akomodasi memang sedikit sempit di baris ketiga. Namun, untuk suspensi masih nyaman walaupun melewati jalan yang tidak begitu rata, baik mengendarai dengan ngebut atau sedikit pelan.

>>> Review Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020: Fiturnya Tak Ada di Mobil Lain

3. Toyota New Avanza 1.3 E M/T

Toyota Avanza

Akomodasi kurang nyaman di baris ketiga

Siapa yang tak kenal dengan nama Avanza. Hadir di Indonesia sejak tahun 2003, mobil ini menjadi andalan Toyota dan memiliki basis penggemar yang militan dengan dilihatnya banyaknya pengguna mobil ini di jalan.

Sayangnya bagi beberapa “penumpang” taksi online, mereka berpendapat jika jok mobil terbilang keras sehingga tak nyaman selama di perjalanan. Begitupun dengan akomodasi baris ketiga yang sempit. Untuk kekedapannya, mobil ini terbilang tak mampu menghalangi suara yang masuk ke mobil. Namun, harus diakui jika mobil ini terbilang tahan banting.

>>> Daftar Harga Mobil Toyota yang Kini Hanya Dapat Diskon PPnBM 50%

Challenge 2: Courier Time (Pengujian Akomodasi Barang)

bagasi Ertiga

Mobil manakah yang bisa memasukkan 10 box?

Jika sebelumnya tim Cintamobil TV membawa penumpang, bagaimana ya jika ketiga mobil tersebut ditantang untuk membawa barang. Dengan banyaknya barang yang diorder untuk dikirim, tentu akan menyulitkan driver untuk membawanya, khususnya pada mobil yang kurang akomodatif.

Nah, dari ketiga mobil tersebut manakah yang bagasinya lega dan bisa membawa 10 boks berukuran besar? Tonton video selengkapnya di:

Ternyata jika dibandingkan, mobil Suzuki Ertiga GL A/T lah yang memiliki bagasi paling lebar dan mampu menampung 10 boks ukuran besar, dibandingkan dengan Honda Mobilio yang hanya bisa membawa 6 boks. Namun, tentunya jika dipakai sehari-hari, kondisi seperti itu tidak aman karena visibilitas pengemudi tertutup dengan box yang menumpuk.

Kesimpulannya, untuk masalah akomodasi kenyamanan harus diakui jika Suzuki Ertiga memiliki akomodasi yang luas dan nyaman. Smentara Mobilio menang di efisiensi bahan bakar dan akselerasi, sedangkan durabilitas Toyota Avanza terbilang enak karena kaki-kaki nggak bakal rusak untuk digunakan sebagai taksi online yang dibatasi hanya 5 tahun. Jadi, mobil mana yang menjadi favorit Anda?

>>> Baca artikel seputar review mobil lainnya hanya di Cintamobil.com

Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top