Aston Martin Valkyrie AMR Pro, Bikin Serasa Nyetir Mobil Balap F1

28/06/2021

Mobil baru

3 menit

Edisi terbatas Aston Martin Valkyrie AMR Pro adalah peningkatan versi layak jalan raya Valkyrie standar dengan rasa berkendara seperti mobil balap Formula 1.

Beberapa hari setelah foto misterius dari hypercar Aston Martin Valkyrie bocor di media sosial, pabrikan asal Inggris tersebut secara resmi meluncurkan edisi terbatas Aston Martin Valkyrie AMR Pro yang lebih baru dan lebih mengesankan. Tanpa motor listrik, mobil ini disebut memberikan rasa berkendara layaknya mobil balap Formula 1.

Long Story... Sebelum Produksi

Aston Martin awalnya meluncurkan konsep Valkyrie AMR Pro pada Geneva Motor Show 2018. Setelah itu, mereka membuat serangkaian perubahan komprehensif sebagai kendaraan produksi. Sayang, program AMR Pro akhirnya dibatalkan. Masalah keuangan, penundaan kompetisi Le Mans, dan semua masalah pandemi sejak awal 2020 menjadi penyebabnya.

versi prototipe Aston Martin Valkyrie AMG Pro di Geneva Motor Show 2018

AMR Pro pertama kali diperkenalkan pada tahun 2018

Aston mencatat bahwa AMR Pro dikembangkan menggunakan teknologi mobil balap, namun bisa dimodifikasi lebih jauh karena tidak mengikuti aturan Le Mans. Catatn waktunya diprediksi mencapai 3 menit 20 detik di Circuit de la Sarthe, trek yang digunakan pula pada Le Mans 24 Jam.

>>> Eksklusif, Mobil Balap Formula 1 2022 Bocor di Media Sosial

Peningkatan Eksterior & Aerodinamika

Dapatkan peningkatan teknologi, Valkyrie AMG Pro memang memiliki beberapa modifikasi besar dibandingkan mobil standar. Sasis dibuat lebih ringan dengan lebih banyak komponen serat karbon, seperti control arm suspensi, serta jendela Perspex.

peningkatkan sistem aerodinamika Aston Martin Valkyrie AMG Pro

Edisi baru mendapatkan peningkatan aerodinamika

Wheelbase bertambah panjang 380 mm. Front track dibuat lebih lebar 96 mm, sedangkan rear track lebih lebar 115 dibanding versi standar. Bahkan, paket aerodinamis baru yang lebih berani menambahkan 266 mm dimensi panjang.

Splitter depan dari serat karbon dibuat lebih menonjol, termasuk lengkungan dan sirip roda depan dibentuk ulang untuk meningkatkan aerdonamika berkendara. Kaca spion tradisiona digunakan, sayap belakang termasuk penutup roda. Valkyrie AMR Pro bahkan mampu menghasilkan lebih dari dua kali downforce dan akselerasi laterai lemebihi 3G dibandingkan model jalan raya Valkyrie.

>>> Revolution A-One, Mobil Balap Berbobot Ringan Bersuara Menggelegar

bagian belakang Aston Martin Valkyrie AMG Pro berwarna hitam

Mobil ini dibuat lebih ringan untuk meningkatkan rasa berkendara

Selain bodywork baru, mobil ini tak lagi mengandalkan sistem hybrid dari model jalan raya. Sebaliknya, mengandalkan mesin V12 6,5 liter naturally aspirated yang dikembangkan oleh Cosworth. Mampu berputar hingga 11.000 rpm dan menghasilkan 1.000 hp, Aston Martin mengatakan bahwa mobil ini mampu memberikan ‘performa trek yang mendekati mobil balap Formula 1”.

>>> Catat Sejarah, Ini Dia Tampilan Safety Car F1 Aston Martin

Produksi Terbatas

Awalnya, AMR Pro hanya akan diproduksi sebanyak 25 unit saja. Namun dalam peluncurannya, Aston Martin mengatakan mobil ini akan tersedia 40 unit, ditambah dua prototipe. Harganya belum diberikan, namun kemungkinan besar akan dikirim ke pelanggan pada akhir tahun ini.

mobil balap Aston Martin Valkyrie AMG Pro dari sisi atas

Hanya ada 40 unit yang diproduksi

Dan bagi mereka yang (bisa) membeli Aston Martin Valkyrie AMG Pro dapat menghadiri pengalaman track day yang diselenggarakan oleh Aston Martin di beberapa sirkuit di seluruh dunia. Pemilik bisa berpartisipasi sebanyak yang mereka inginkan. Termasuk mendapatkan instruksi professional, makan balap bersama VIP, dan pakaian balap FIA eksklusif.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top