Revolution A-One, Mobil Balap Berbobot Ringan Bersuara Menggelegar

22/05/2021

Pasar mobil

2 menit

Prototipe mobil balap Revolution A-One yang dikembangkan dari mesin V6 milik Ford menghadirkan keluaran hingga 400 hp dan raungan mesin yang menggemuruh.

Tahukah Anda Revolution Race Car? Pabrikan asal Inggris ini memang tak begitu lama muncul di ranah otomotif jika dibandingkan model lainnya semisal Ferrari maupun Lamborghini. Namun mereka siap menggebrak dengan memperkenalkan Revolution A-One, prototipe mobil balap paling inovatif yang baru saja dikembangkan.

Berbekal V6 400 hp

Pabrikan ini dikembangkan oleh Phil Abbott yang lebih dulu mendirikan Radical Sportscars yang memperkenalkan SR8 LM, mobil balap yang pernah memegang rekor lap di lintasan legendaris Nürburgring dalam rentang 2009 hingga 2017. Sebelumnya, SR8 sudah lebih dulu menguasai Nürburgring dari tahun 2005.

mobil balap Revolution A-One di lintasan balap
A-One dipersiapkan untuk ajang balap Revolution Trophy

>>> Bos Toyota Akio Toyoda Ikut Balap Fuji 24 Jam Pakai Mobil Hidrogen

Lama terjun di ranah kecepatan, Abbott siap mengembangkan versi produksi dari Revolution A-One. Mobil balap ini memang sudah diperkenalkan pada 2019 silam. Dan setahun setelahnya, ia mulai terjung di ajang pendukung Formula 1. Kini, A-One dipersiapkan untuk bertarung di ajang balap Revolution Trophy yang siap menjajal berbagai sirkuit di Eropa, termasuk sirkuir Monza yang ikonik.

Meski balapan baru berlangsung September mendatang, tangkapan Autoevolution memperlihatkan bagaimana Revolution A-One terlihat sedang melakukan uji doba di trek Italia. Masih berupa prototipe, kecepatan dan raungan mobil ini terasa menggelegar.

>>> FIA Siapkan Balapan Electric GT, Performa Setara GT3

Raungan suara menggelegar

Berbicara tentang bobot, Abbott mengembangkan A-One dengan rangka yang sangat ringan. Di bangun dari komponen serat karbon, bobot mobil balap Inggris ini hanya 795 kg. Berbekal mesin Ford V6 3,7 L yang disedot secara alami, A-One menghadirkan keluaran 400 daya kuda. Menawarkan rasio power-to-weight yang luar biasa.

Menariknya, tak ada lampu depan pada mobil ini. Menegaskan bahwa Abbott ingin A-One menjadi monster jalanan dan tak dipersiapkan untuk pengendaraan di jalan raya. Walaupun bagi beberapa balapan ketahanan, lampu depan merupakan syarat khusus untuk pengendaraan di malam hari.

Mobil khusus ini juga terlihat kejam berkat corak hitam yang mendominasi dan aksen emas pada beberapa sisi eksterior. Berdasarkan grafiknya, livery ini terinspirasi dari model John Player Special yang sering digunakan oleh mobil Formula 1 milik Lotus. Bahkan sebuah video mempertontonkan raungan mesin V6 A-One.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top