Catat Sejarah, Ini Dia Tampilan Safety Car F1 Aston Martin

08/03/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Catat Sejarah, Ini Dia Tampilan Safety Car F1 Aston Martin
Mencatatkan sejarah baru sebagai pabrikan Inggris pertama yang menjadi safety car Formula 1, Aston Martin Vantage dan DBX terlihat dapatkan modifikasi khusus.

Sejak tahun 1996, Mercedes-Benz telah dikenal sebagai pemasok utama safety car atau mobil keselamatan untuk Kejuaraan Dunia Formula Satu FIA. Tahun ini, giliran Aston Martin yang secara resmi memasok mobil keselamatan dan medis untuk musim 2021. Sedangkan Mercedes-AMG akan tetap menjadi bagian dari mobil keselamatan dan medis.

Dapatkan modifikasi baru

Baik Aston Martin Vantage dan DBX akan mengenakan warna tim Racing Green dari tim Formula Satu Aston Martin Cognizant. Keduanya memiliki akses Lime Green pada bodi. Sedangkan Aston Martin mengubah beberapa peraturan agar disesuaikan dengan kebutuhan safety car, seperti bilah lampu LED di atap serta tanda FIA dan peningkatan sasis dan aerodinamika kendaraan.

mobil safety car Aston Martin Vantage
Beberapa perubahan terlihat ditanamkan pada Aston Martin Vantage

>>> Aston Martin Valhalla Berbagi Teknologi dengan Mercedes-Benz

Peningkatan tenaga terlihat dengan tambahan 24 PS sehingga menghasilkan tenaga 535 PS dan torsi puncak mencapai 685 Nm. Grille baru dan splitter depan membawa tambahan 155,6 kg. Ubahan suspensi, tambahan aero kit baru, serta dua kursi balap menggantikan kursi Vantage standar. Ada sepasang layar dipasang pada dashboard dengan sistem kontrol dengan lebih banyak tombol.

mobil medis F1 Aston Martin DBX
Mobil medis Aston Martin DBX yang dibuat lebih gagah

Sedangkan mobil medis Aston Martin DBX menghasilkan tenaga 550 PS serta 700 Nm torsi maksimal dari mesin 4.0L V8 yang sama dengan Vantage. Kursi tengah DBX dikeluarkan, sehingga memberikan ruang bagi peralatan medis, seperti alat pemadam kebakaran, tas medis, defibrillator dan tambahan layar depan pada dashboard.

>>> Aston Martin Sudahi Proyek Pabrikan di WEC, Fokus ke Customer Racing

Bertugas 12 Maret

Dua kendaraan Aston Martin bertenaga AMG akan melakukan debut F1 pada tes pramusim tiga hari di Bahrain pada 12-14 Maret 2021 mendatang. Keduanya akan bergabung dengan balapan pembukaan Kejuaraan Dunia Formula Satu FIA di trek yang sama dua minggu kemudian. Bernd Mayländer, dan mantan pembalap, Richard Darker bertugas mengemudikan safety car, sedangkan Alan van der Merwe akan mengendarai mobil medis.

mobil safety F1 Mercedes-AMG GT R
Mercedes-AMG GT R, mobil keselamatan F1 2018

Mercedes-AMG GT R merupakan mobil keselamatan resmi F1 sejak 2018. Kehadirannya menggantikan Mercedes-AMG GT S dari tahun 2015 hingga 2017. Aston Martin mencatatkan sejarah dalam kompetisi Formula 1 sebagai merek Inggris pertama yang secara resmi memasok mobil keselamatan dan mobil medis.

>>> Berbagai pilihan mobil baru dan bekas terbaik hanya di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top