Adu Spesifikasi Hyundai Staria vs H-1, Siapa Lebih Unggul?

13/08/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Rumor peluncuran Hyundai Staria secara resmi di Indonesia semakin santer terdengar. Bagaimana spesifikasi Big MPV ini jika diadu dengan pendahulunya, H-1?

Perkenalan Hyundai Staria di Indonesia sudah semakin dekat, Big MPV asal Korea Selatan ini bahkan sudah terlebih dahulu melakukan debut di beberapa Negara lain. Dari peluncurannya, kami melihat bahwa Staria tampak lebih modern dengan fitur baru yang lebih canggih.

Gambar Hyundai H-1

Apakah Hyundai H-1 akan menghilang dari lantai showroom setelah Staria diluncurkan?

Lantas, bagaimana dengan spesifikasinya? Apakah pengganti Hyundai H-1 ini lebih baik dari pendahulunya? Mari kita jabarkan satu-persatu.

Dimensi

Bicara soal dimensi, Hyundai H-1 memiliki panjang keseluruhan 5.125 mm, lebar 1.920 mm, tinggi 1.925 mm, dan jarak wheelbase 3.200. Sedangkan Hyundai Staria memiliki panjang 5.253 mm, lebar 1.997 mm, tinggi 1.990 mm, serta wheelbase 3.273 mm. Keduanya ditawarkan dalam opsi 7 penumpang, 9 penumpang, bahkan 11 penumpang.

>>> Ini Fitur Hyundai Staria yang Bikin Nggak Kalah dari Alphard

Memang jika dilihat secara angka, Staria lebih besar dibanding H-1. Namun, besar tak selalu diartikan sebagai sesuatu yang positif. Keduanya sebenarnya memiliki dimensi yang tak jauh berbeda, sehingga kami berasumsi hal tersebut tidak berdampak besar pada headroom dan legroom Big MPV yang memang sudah luas ini.

Gambar Hyundai Staria

Dengan dimensi lebih besar, tentu ada positif dan negatifnya

Namun, Staria yang lebih besar tentu akan sedikit lebih menyulitkan untuk diajak melewati jalan-jalan sempit. Terutama dengan wheelbase yang lebih panjang, Staria mungkin lebih sulit untuk melakukan u-turn dan bermanuver.

Positifnya, Staria dibekali dengan tangki bahan bakar yang lebih besar dibanding H-1. Jika pendahulunya hanya memiliki kapasitas penampungan bahan bakar 65 liter, Staria dibekali dengan tangki yang dapat menampung bahan bakar hingga 75 liter.

>>> Penjualan Hyundai Diprediksi Merosot, Apa Sebabnya?

Ruang penyimpanan barang atau cargo juga ikut meningkat. Hyundai Staria dapat menampung barang hingga 831 liter jika semua kursinya digunakan, sedangkan H-1 hanya memiliki ruang cargo 800 liter. Jadi meski sedikit lebih menyulitkan di dalam kota, dimensi Staria yang lebih besar menjadi nilai positif untuk mobil ini dalam melakukan perjalanan jauh.

Mesin

Beralih ke mesin, dua-duanya ditawarkan dalam varian mesin bensin dan diesel. Hyundai Staria dibekali mesin diesel R II CRDi 2,2 liter yang bertenaga 177 HP dengan torsi maksimal hingga 431 Nm. Sedangkan varian mesin bensin dibekali dapur pacu Smartstream G3.5 MPi V6 3,5 liter dengan tenaga 268 HP dan torsi 331 Nm.

Gambar Mesin H-1

Mesin Hyundai H-1 jelas kalah teknologi dibanding Staria

Hyundai H-1 dibekali dengan mesin diesel A II CRDi 2,5 liter yang dapat menghasilkan tenaga menyemburkan tenaga 168 HP dan 392 Nm. Varian bensin H-1 dibekali dengan mesin Theta II MPi 4-silinder 2,4 liter bertenaga 173 HP dan bertorsi 228 Nm.

Baik varian mesin diesel, maupun bensin, Hyundai Staria jelas lebih unggul secara teknologi mesin dan tenaga serta torsi yang dihasilkan. Karena itu, kami tidak heran jika Staria juga lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar.

>>> Dream Come True! Penjual Bumbu Dapur Ini Bisa Beli Toyota Alphard

Tak bisa dipungkiri, Hyundai Staria lebih unggul secara spesifikasi dibanding Hyundai H-1 baik dimensi maupun mesinnya. Apalagi mengetahui Big MPV baru dari Hyundai ini dibekali teknologi dan fitur yang lebih canggih serta kemewahan dan kenyamanan di dalam kabin yang lebih baik.

Gambar Fitur Hyundai Staria

Deretan fitur keselamtan Staria patut diacungi jempol

Dengan kesuksesan Hyundai Palisade yang belum lama ini diluncurkan, bukan tidak mungkin banyak pemilik Toyota Alphard yang mulai berpikir untuk mengganti tunggangannya.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top