5 Alasan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Juga Cocok Pakai Mesin 1.200 cc

16/02/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
5 Alasan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Juga Cocok Pakai Mesin 1.200 cc
Toyota Raize dan Daihatsu Rocky ada varian yang akan memakai mesin 1.200 cc, lantas cocok kah mesin naturally aspirated ini untuk menggendong SUV mungil ini?

Dari bocoran lampiran yang ada di NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) Permendagri tahun 2021, tercantum bahwa Toyota Raize dan Daihatsu Rocky memiliki pilihan mesin 1.200 cc. Disebut-sebut mesin kwartet silinder ini berkode 3NR, seperti yang diusung Toyota Calya, dan Daihatsu Sigra, dan akan mengusung format naturally aspirated alias tanpa induksi udara paksa (turbocharger). Lantas, cocok enggak sih mesin ini menggendong body SUV nyentrik ini? Ini ulasannya.

1. Usung Teknologi Canggih

Mesin NR series Toyota-Daihatsu ini sudah memiliki teknologi yang canggih dengan clearance antar komponen yang presisi, tak heran olinya bisa menenggak kekentalan 0W-20. Juga ia mengadopsi Dual VVT-i yang akan kami jabarkan di poin berikutnya. Di samping itu, mesin ini sudah mengusung sensor tegangan listrik dan alternator yang canggih. Alternator ini secara tidak langsung dapat membuat aki mobil lebih tahan lama, plus membantu mesin agar bekerja lebih efisien.

Foto alternator mesin NR series

Alternator canggih juga akan disematkan di Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Dengan adanya sensor tersebut, memungkinkan penggunaan alternator lebih efisien. Alias ia dapat menyesuaikan diri sesuai dengan kebutuhannya dalam memasok listrik, bisa 20%, 50%, 70% dan 100%. Sesuai yang dibaca sensor tegangan listrik canggih pada alternatornya. Dengan demikian, adanya sensor tersebut, memungkinkan alternator tidak harus bekerja penuh setiap saat dan membuat mesin lebih efisien mengolah bahan bakar. 

2. Punya Teknologi Katup Variabel

Teknologi yang diusung oleh mesin 1.200 cc ini adalah teknologi Dual VVT-i. Teknologi ini mengoreksi valve timing atau waktu buka katup jalur masuk bahan bakar dan udara, serta katup untuk melepaskan gas buang kendaraan. Koreksi ini disesuaikan dengan beberapa parameter di mobil misalnya injakan pedal gas dan beban pada mobil sehingga menghasilkan kurva torsi optimal di setiap level putaran mesin.

Gambar cara kerja Dual VVT-i

Dual VVT-i membuat Toyota Raize dan Daihatsu Rocky kian bertenaga

Dengan mengatur waktu overlapping di katup buang, diharapkan tingkat kevakuman ruang bakar bertambah. Mekanisme ini mengakibatkan terjadinya peningkatan kecepatan alir dan kepadatan campuran udara-bahan bakar. Hasilnya adalah ruang bakar lebih bersih dari gas sisa pembakaran dan ledakan tenaga yang terjadi lebih besar dan sempurna. Pada akhirnya, torsi meningkat drastis dan bisa didapatkan pada putaran mesin lebih rendah.

3. Minim Vibrasi

Mesin berkode NR series ini dibuat dengan karakter alami square engine (di mana dimensi diameter piston dan langkah piston sama). Karakter tersebut menghasilkan output tenaga maupun torsi yang merata tiap rpm. Tapi tak hanya itu saja, secara umum mesin NR series ini meningkat signifikan dari mesin generasi sebelumnya yang masih mengusung SZ series.

Foto mesin NR series Toyota-Daihatsu

Mesin NR series lebih minim vibrasi dari mesin SZ maupun K3 series

Di mesin terdahulu, saat stasioner Anda dapat merasakan getaran dari mesin pada setir dan bangku pengemudi, tapi sekarang sudah tidak lagi. Selain mengadopsi engine mounting yang lebih disempurnakan, disinyalir mesin ini memang didesain untuk penggerak roda depan. Jadi getarannya sangat halus, berbeda dengan mesin yang memang didesain untuk penggerak roda belakang namun dikonversi untuk gerak depan seperti mesin K3 series di Daihatsu Sirion lama.

>>> Ini pendapat kami mengenai Daihatsu Rocky

4. Terbukti Efisien

Karakter square engine tadi membuat Torsi sudah tersedia sejak putaran bawah, hal ini membuat Toyota Raize dan Daihatsu Rocky tak perlu susah payah untuk beranjak dari diam guna mengimbangi arus lalu lintas. Apalagi rumornya mesin ini nantinya dikawinkan dengan transmisi CVT yang mampu menyalurkan tenaga dengan baik ke dua roda depan.

Foto tampilan depan Toyota Agya TRD-S 2017

Kami prediksi Toyota Raize dan Daihatsu Rocky juga akan punya konsumsi BBM efisien

Kami sudah tes sendiri mobil bermesin NR 1.200 cc ini di Toyota Agya TRD-S. Dan tercatat konsumsi BBM 14,8 km/l untuk dalam kota dan 21,9 km/l untuk rute tol. Namun, hasilnya tentu akan berbeda dengan Toyota Raize dan juga Daihatsu Rocky, mengingat figur tenaga dan torsi bisa diset berbeda dengan LCGC jagoan geng Astra ini, pun demikian dengan rasio transmisi CVT-nya. Kami akan beberkan hasilnya setelah mobilnya meluncur dan bisa kami coba dengan standar pengetesan Cintamobil.com.

5. Mudah Perawatan

Gambar tampilan depan Toyota Raize 2021

Penerapan mesin yang sama dengan produk lain bikin perawatan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky kian mudah

Alasan terakhir mengapa mesin 1.200 cc ini cocok untuk Toyota Raize dan Daihatsu Rocky adalah perawatannya yang relatif mudah. Apalagi duo geng Astra ini dikenal kerap meluncurkan model mobil yang punya durabilitas baik dikombinasi dengan kemudahan dalam hal perawatan. Ditambah lagi dengan adanya sharing part dengan produk Astra lainnya seperti Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, Toyota Agya dan Toyota Calya makin memudahkan mendapatkan suku cadang. Dan tentunya Anda tak perlu khawatir menyoal layanan purna jual, pastinya mumpuni khas produk-produk lansiran Astra. 

>>> 10 Alasan Mengapa Toyota Raize Cocok untuk Indonesia

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

10 Alasan Mengapa Toyota Raize Cocok untuk Indonesia

03/06/2020

Mobil baru

5 menit

Kali ini kami dari tim Cintamobil.com akan memberikan sedikitnya 10 alasan mengapa SUV mungil terbaru Toyota ini, yakni Toyota Raize cocok untuk Indonesia

Lihat juga

Intip Kisi-kisi Harga Daihatsu Rocky-Toyota Raize

15/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Kisi-kisi harga Daihatsu Rocky dan Toyota Raize muncul di lampiran NJKB Permendagri tahun 2021. Ini semakin menguatkan sinyal keduanya meluncur tahun ini.

Lihat juga

Toyota Masih Enggan Bicarakan Soal Fortuner Baru hingga Raize

16/06/2020

Pasar mobil

4 menit

Toyota Astra Motor dikabarkan bakal merilis beberapa mobil baru di tahun ini termasuk Fortuner. Namun, Toyota masih enggan membicarakan mobil barunya itu.

Lihat juga

Toyota Raize Dites Tabrak JNCAP Dapat Bintang 5

02/06/2020

Mobil baru

3 menit

Baru-baru ini SUV mungil hasil kerjasama antara Toyota dan Daihatsu di tes tabrak oleh JNCAP, Hebatnya Toyota Raize dites tabrak JNCAP bisa dapat bintang 5

Lihat juga

Toyota Serius Pelajari Raize untuk Dibawa ke Indonesia

21/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Toyota tak menampik kemungkinan untuk membawa Raize ke Indonesia. Menurut pabrikan Jepang itu Raize merupakan segmen yang menarik saat dibawa ke Indonesia.

Lihat juga
 
back to top