Review Daihatsu Rocky 2019: Reinkarnasi Daihatsu Taft Rocky?

08/11/2019
editor rate: 4,0 user rate: 5,0
Daihatsu Rocky lahir kembali. Tapi kini bentuknya bukan General Purpose Vehicle (GPV) seperti Daihatsu Taft Rocky lawas, namun tampil modern layaknya SUV modern. Lantas, apakah layak disebut sebagai reinkarnasi dari Daihatsu Taft Rocky?

PENGANTAR Daihatsu Rocky 2019

Gambar menunjukkan Daihatsu Rocky Premium 2019

Daihatsu Rocky 2019 tipe Premium merupakan tipe termahal dan terlengkap dari jajaran lini Rocky

Review Daihatsu Rocky 2019 - Bisa dibilang, kemunculan Daihatsu Rocky 2019 pertama kali di ajang Tokyo Motor Show 2019 minggu lalu adalah sebuah kejutan besar dari Daihatsu Motor Corporation. Meski saat itu tak ada emblem, namun SUV kompak itu dekat sekali dengan versi produksi. Bagi pecinta Daihatsu di Indonesia, nama ‘Rocky’ memang mengingatkan kita pada sebuah SUV tangguh Daihatsu Taft yang beredar di akhir 1980-an.

Gambar menunjukkan Daihatsu Rocky G 2019

Meski punya nama yang sama, tentu saja Rocky kekinian jauh dari embel-embel Taft

Daihatsu Rocky 2019 tentu saja jauh dari embel-embel Taft. Baik desain maupun jenis mobilnya. Daihatsu Rocky 2019 merupakan compact Sport Utility Vehicle (SUV) pertama yang dibangun dengan basis konsep DNGA (Daihatsu New Global Architecture), sementara mobil pertama yang menggunakan basis DNGA adalah Daihatsu Tanto 2019.

Gambar menunjukkan Daihatsu Rocky X 2019

Daihatsu Rocky 2019 dijual dalam empat tipe yang berbeda

Daihatsu Rocky 2019 mulai dijual secara resmi di Jepang pada bulan ini juga. Mobil ini tersedia dalam empat tipe, yaitu tipe Premium, tipe G, tipe X, dan yang terakhir tipe L yang merupakan tipe termurah. Yang akan kita bahas kali ini adalah Daihatsu Rocky Premium yang merupakan varian top of the line. Daihatsu Motor Corporation cukup optimis dengan kehadiran SUV kompak mereka ini. Lantas, seberapa menarik reinkarnasi dari Daihatsu Rocky ini? Mari simak ulasan kami hingga tuntas.

Gambar menunjukkan Daihatsu Rocky L 2019

Daihatsu Rocky 2019 tipe L yang jadi tipe termurah dijual seharga Rp 220 jutaan

EKSTERIOR Daihatsu Rocky 2019

Review Daihatsu Rocky 2019 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan Daihatsu Rocky 2019

Tampilan depannya keren, tapi sayang grillnya terlalu mirip Datsun Go series

Tampilan depan dari Daihatsu Rocky 2019 ini terlihat begitu agresif dengan tarikan-tarikan garis tegas dari mulai bumper depan, guratan ‘otot’ pada kap mesin hingga sepatbornya. Daihatsu ingin menegaskan aura gagah pada SUV kompak terbaru mereka ini. Sayangnya, bila diperhatikan, desain grillnya agak mirip Datsun Go series dengan bentuk trapesium yang tegas. Untunglah, headlamp dengan bohlam LED-nya mempertegas aura keren dari SUV ini.

Review Daihatsu Rocky 2019 : Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Daihatsu Rocky 2019

Pelek 17 inch makin mempercantik tampilan samping mobil ini

Dari samping, eksterior Rocky  tampil gagah berkat penerapan overfender berwarna hitam yang mencerminkan ia adalah sebuah SUV sejati. Tampilannya pun makin keren berkat penggunaan pelek berdiameter 17 inch dibalut dengan ban berukuran 195/60 R17 yang memang dipasangkan khusus untuk varian Premium. O ya, kesan unik juga ditonjolkan oleh SUV yang punya dimensi panjang kurang dari empat meter ini, dengan penerapan desain kaca belakang di pilar C dan D yang unik dipadu dengan atap yang menukik ke bawah sehingga membuat kesan floating roof khas produk-produk modern Daihatsu maupun Toyota.

Review Daihatsu Rocky 2019 : Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Daihatsu Rocky 2019

Tampilan belakang mobil ini terlihat gagah dan keren

Lanjut ke bagian belakang mobil yang punya kelir two tone ini tampil tak kalah agresif dari bagian depannya. Lanpu belakangnya memanjang horizontal dengan desain efek 3D yang makin menambah keren mobil ini ketika dipandang. Tak hanya itu saja, pada bumper belakang Daihatsu Rocky 2019 ini juga dilengkapi dengan foglamp belakang yang dapat difungsikan dan memberikan visibiltas bagi pengendara di belakangnya saat kondisi cuaca buruk.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Daihatsu Rocky 2019

Review Daihatsu Rocky 2019 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout Dasbor Daihatsu Rocky 2019

Layout dasbor sangat driver oriented

Layout dashboard dari Daihatsu Rocky 2019 ini begitu modern dan kekinian. Dengan bertabur tombol untuk kebutuhan fitur. Yang kami suka adalah, desain dashboard ini begitu driver oriented, dengan sebagian besar konsol tengah menghadap ke pengemudi. Disamping itu, Daihatsu secara pintar merancang visibiltas pengemudian mobil ini begitu baik sehingga kedua ujung depan kiri dan kanan kap mesin dapat terlihat jelas. Hal ini jelas memberikan kemudahan berkendara di perkotaan, termasuk di jalan-jalan sempit.

Review Daihatsu Rocky 2019 : Konvigurasi Jok

Gambar menunjukkan kursi depan Daihatsu Rocky 2019

Kursi depan Daihatsu Rocky 2019 dominan dengan kelir hitam

Meski punya dimensi kompak, namun untuk keleluasan di dalam kabin, mobil-mobil rancangan Daihatsu tidak perlu diragukan keunggulannya. Lima penumpang dapat duduk dengan nyaman di dalam mobil ini. Kursi depan memiliki desain egronomis yang baik sehingga rasanya tidak akan menyebabkan melelahkan dalam perjalanan jauh. Kemampuan menahan beban tubuh ditingkatkan dengan menaikkan sudut lumbar support. Pun begitu dengan bentuk kursinya yang lebih mendekap tubuh, kenyamanan juga meningkat karena panjang dudukan kursi bertambah.

Gambar menunjukkan konvigurasi jok Daihatsu Rocky 2019

5 orang dapat duduk dengan nyaman di dalam kabin Rocky

Untuk kursi belakang, terdapat fungsi pelipatan 60:40 guna menambah kepraktisannya. Sandaran juga dapat dibuat rebah bahkan hingga berbaring. Perubahan konfigurasi ini dapat dilakukan dalam dua langkah mudah. Ruang kakinya juga diklaim sangat lapang, sehingga orang dewasa pun mendapatkan ruang yang cukup untuk menyilangkan kaki.

Review Daihatsu Rocky 2019 : Setir

Gambar menunjukkan Setir Daihatsu Rocky 2019

Tombol di setir membuat mengatur MID maupun audio dapat dilakukan dengan mudah

Anda akan senang melihat tampilan setir mobil Daihatsu Rocky 2019 ini. Bukan hanya karena desainnya yang menarik namun juga karena kombinasi warna satin silver dan hitam yang membuatnya terlihat sporty. Pada palangnya juga terdapat beberapa tombol,yang dapat digunakan untuk mengontrol sistem hiburan, mengubah tampilan panel instrumen hingga mengubah mode berkendara. Selain itu, itu bahan yang digunakan membalut lingkar kemudi adalah kulit sintetis yang kami yakini memberikan kenyamanan saat digenggam.

Review Daihatsu Rocky 2019 : Bagasi

Gambar menunjukkan Bagasi Daihatsu Rocky 2019

Meski dimensinya kompak, jangan sekalipun Anda meragukan kepraktisan kabin Rocky

Pada Daihatsu Rocky 2019, Anda akan mendapatkan ruang bagasi sebesar 369 literdalam kondisi semua kursi belakang ditegakkan. Daihatsu Motor Corporation tidak main-main saat mendesain ruang bagasi mobil ini, meski dimensi panjang mobil kurang dari 4 meter, tapi keleluasaan bagasinya tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan, khusus untuk versi Jepang, lantai bagasinya dapat dibuat naik dan turun sebanyak 125 mm sehingga akan menambah kapasitas bagasi.

>>> Baca juga:

FITUR Daihatsu Rocky 2019

Review Daihatsu Rocky 2019 : In-Car Entertaiment System

Gambar menunjukkan In-Car Entertaiment System Daihatsu Rocky 2019

Layar sentuh 9 inchi merupakan fitur audio di Rocky tipe Premium

Khusus untuk Daihatsu Rocky 2019 tipe Premium, mendapatkan head unit layar sentuh 9 inci dilengkapi dengan 4 speaker dan 2 tweeter. Kemampuan head unit modern ini dapat dikoneksikan ke ponsel pintar melalui bluetooth, memiliki slot USB dan kemampuan memutar radio. Tak hanya itu saja, sistem navigasi juga sudah menjadi fitur standar di head unit mobil ini.

Review Daihatsu Rocky 2019 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan fitur keselamatan Daihatsu Rocky 2019

Fitur Daihatsu Smart Assist akan melindungi perjalanan Anda dan keluarga 

Mobil Daihatsu Rocky 2019 ini dilengkapi dengan Daihatsu Smart Assist yang akan menjaga Anda dari berbagai macam resiko kecelakaan saat berkendara. Fitur Smart Assist ini terdiri dari banyak sekali fitur peranti keselamatan. Diantaranya ada adaptive cruise control, lane keep assist, rear cross traffic alert, hingga automatic city braking. Semua fitur canggih tersebut akan menjamin keselamatan Anda saat mengemudikan mobil SUV kompak ini di jalan raya.

Gambar menunjukakn Blind Spot Monitoring System Daihatsu Rocky 2019

Banyaknya sensor membuat Anda merasa aman saat berkendara bersama Rocky

Semua fitur canggih Smart Assist ini bergantung pada kamera dengan sensor ultrasonik yang tertempel di kaca depan dekat spion tengah. Kamera ini berfungsi untuk mendeteksi adanya kendaraan lain maupun objek lain di depan mobil ini. Kamera dan sensor radar ini akan menangkap objek dan menghubungkannya dengan electronic control module Safety Sense untuk melakukan intervensi baik pada kemudi maupun rem mobil saat dibutuhkan.

Review Daihatsu Rocky 2019 : Multi Information Display

Gambar menunjukkan Multi Information Display Daihatsu Rocky 2019

Panel spidometer sudah menggunakan full digital

Salah satu bagian menarik di Daihatsu Rocky 2019 ini adalah panel instrument yang dimilikinya. Menggunakan panel LCD dengan resolusi tinggi, tampilan berbagai informasi, seperti putaran mesin, kecepatan, jarak hingga konsumsi bahan bakar dapat ditampilkan dengan indah. Anda bahkan dapat memilih empat desain layout spidometer dan takometer yang sesuai dengan selera dan suasana hati Anda. Sentuhan ringan nan modern ini membuat SUV kompak Daihatsu ini terasa canggih dan berkelas premium, dan tentunya menjadikan pengendaraan semakin menyenangkan.

Gambar menunjukkan spidometer dan MID Daihatsu Rocky 2019

Selain atraktif, informasi yang disajikan pada MID Rocky juga lengkap

Berbagai tampilan info pada multi information display yang ditampilkan pada panel instrumen Rocky juga sangat lengkap, mulai konsumsi BBM real time, konsumsi BBM rata-rata, kecepatan rata-rata, jumlah jarak tempuh, lama waktu berkendara, sisa jarak yang dapat ditempuh, dan informasi ringan lainnya seperti indikator ECO. Kami berharap, jika mobil ini masuk Indonesia di kemudian hari, fitur-fitur ini tidak ada satupun yang dikurangi.

>>> Cintamobil TV: 8 SUV dan MPV Bekas Terbaik Seharga Rp250 Juta hingga Rp300 juta

OPERASI Daihatsu Rocky 2019

Gambar menunjukkan Mesin 1KR-VET Daihatsu Rocky 2019

Mesin 1KR-VET andalan Rocky juga digunakan pada Toyota Raize

Untuk sektor dapur pacu, Daihatsu Rocky 2019 ini dibekali mesin yang ringkas namun bertenaga. Mesin bensin 3-silinder dengan kode 1KR-VET dibenamkan di balik kap mobil ini. Secara konstruksi sebenarnya mesin ini mirip dengan mesin 1KR series yang digunakan oleh Daihatsu Ayla maupun Sigra di Indonesia. Hanya saja penggunaan materialnya berbeda karena mesin mobil ini juga telah dilengkapi dengan turbocharger.

Gambar menunjukkan Mesin 1KR-VET pada mobil Daihatsu Rocky 2019

Konstruksi mesin 1KR-VET mirip dengan 1KR-DE hanya beda material dan sedikit detail lain

Tenaga yang dihasilkan mesinnya adalah 98 Ps atau sekitar 96,5 Hp pada putaran mesin 6.000 rpm. Sementara torsi puncak 140 Nm yang dihasilkan sudah mulai terasa dari putaran mesin 2.400 rpm hingga 4.000 rpm. Figur tenaga dan torsi itu rasanya tidak akan kesulitan untuk menghela mobil berbobot 1.050 kilogram ini. Apalagi karakter dari mesin overstroke di mesin ini cenderung mudah mengail torsi besar di putaran rendah.

Gambar menunjukkan DNGA Daihatsu Rocky 2019

Basis DNGA membuat mobil ini diprediksi masih tetap relevan hingga 10 tahun kedepan

Daihatsu Rocky 2019 yang dibangun dengan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) ini merupakan konsep baru dari Toyota Group (termasuk juga Daihatsu) untuk memikirkan desain mobil dari pertama kali perancangannya. Mudahnya, mereka menyederhanakan basis mobil, mulai rancang bangun rangka dan power train agar serupa dan dapat digunakan bersama dengan produk-produk lainnya. Hal ini sekaligus dapat memangkas biaya pembuatan mobil di masa mendatang.

Gambar menunjukkan Daihatsu Rocky 2019 berwarna hitam dilihat dari sisi depan sedang berjalan di jalan Indonesia

Basis DNGA yang digunakan seakan menjadi jaminan kedinamisan berkendara Rocky

>>> Michelin Pilot Sport 4 SUV, Ban Baru Berteknologi Canggih Khusus Untuk SUV

spesifikasi Daihatsu Rocky 2019

Berikut ini adalah prediksi spesifikasi Daihatsu Rocky 2019.

Mesin Daihatsu Rocky 2019  
 Seri mesin

 1KR-VET, 3 Silinder, DOHC, DVVT

 Jumlah Katup  12 Katup (2 Inlet & 2 Outlet Per Silinder)
 Tenaga Maksimum  96,5 Hp (98 Ps) @ 6.000 rpm
 Torsi Maksimum  140 Nm @ 2.400 - 4.000 rpm
 Kapasitas Silinder  996 cc
 Bore X Stroke  71,0 mm X 83,9 mm
 Tipe Transmisi  CVT
  Rangka Daihatsu Rocky 2019
 Panjang X Lebar X Tinggi  3.995 mm X 1.695 mm X 1.620 mm
 Jarak Sumbu Roda  2.525 mm
 Berat  1.050 Kilogram
 Kapasitas Penumpang  5 Penumpang
 Kapasitas Tangki  36 Liter
 Suspensi/Kaki-Kaki Daihatsu Rocky 2019
 Suspensi Depan & Belakang  McPherson Strut With Coil Spring & Torsion Beam With Coil Spring
 Sistem Kemudi  Electronic Power Steering, Rack & Pinion
 Rem Depan & Belakang  Disc & Drum
 Teknologi Sistem Pengereman  ABS, EBD, BA, Daihatsu Safety Sanse, Anti-Collision Braking
 Teknologi Safety Sasis  Daihatsu New Global Architecture, Total Advanced Function Body
 Struktur Sasis  Monokok, B-Segment
 Pelek  Alloy, 17 Inch
 Ukuran Ban  195/60 R17

kelebihan & kekurangan Daihatsu Rocky 2019

Setelah membahas semua tentang Daihatsu Rocky 2019 ini, inilah beberapa kelebihan dan kekurangan Daihatsu Rocky 2019.

 Kelebihan Kekurangan 
Model Menarik Belum Tentu Masuk Indonesia

Layout Interior Bagus

Desain Grill Mirip Pesaingnya

Kepraktisan Bagasi Tinggi

Desain Pelek Kurang Menarik

Performa Mesin Mumpuni Tidak Ada Pilihan Warna Interior

daftar harga Daihatsu Rocky 2019

Daihatsu Rocky 2019 dijual dengan rentang harga berkisar antara 1.705.000 Yen atau sekitar Rp 220.200.750 hingga 2.422.200 Yen atau sekitar Rp 312.827.130. Harga tersebut sudah termasuk pajak di Jepang. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya mobil ini tersedia dalam 4 tipe. Belum jelas apakah Daihatsu Rocky 2019 akan masuk ke Indonesia atau tidak. Dan jika masuk Indonesia, kami perkirakan harganya akan berkisar di Rp 250 jutaan untuk tipe termurahnya.

>>> Anda mau membeli mobil Daihatsu? Cek harga dan promo terkaitnya di sini

Video Daihatsu Rocky 2019

KESIMPULAN Daihatsu Rocky 2019

Gambar menunjukkan sebuah mobil Daihatsu Rocky 2019 berwarna biru dilihat dari sisi depan

Kami harap Daihatsu Rocky 2019 ini segera masuk Indonesia

Meski mengusung nama Rocky, jelas mobil ini bukan penerus Daihatsu Taft Rocky legendaris di era ‘80-an. Namun jika dilihat dari sosoknya yang keren, dimensi yang kompak, teknologi yang diusung dan kemungkinan menjadi produk kembar selanjutnya bersama Toyota, rasanya mobil ini patut ditunggu di Tanah Air. Berbagai fitur cangih yang diusungnya mungkin saja dipangkas, namun siapa yang tidak suka dengan SUV bergaya modern dan canggih seperti ini. Bahkan jika versi 4WD masuk ke Tanah Air, bisa menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang bosan menunggu antrian Suzuki Jimny.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil