10 Alasan Mengapa Toyota Raize Cocok untuk Indonesia

03/06/2020

Mobil baru

5 menit

Share this post:
10 Alasan Mengapa Toyota Raize Cocok untuk Indonesia
Kali ini kami dari tim Cintamobil.com akan memberikan sedikitnya 10 alasan mengapa SUV mungil terbaru Toyota ini, yakni Toyota Raize cocok untuk Indonesia

Pasar mobil model SUV (Sport Utility Vehicle) kian berkembang di seluruh dunia, terbukti dari banyaknya pabrikan yang berusaha untuk mengembangkan model-model globalnya untuk bersaing di kelas ini. Tentu tak terkecuali dengan Indonesia. Kali ini kami dari tim Cintamobil.com akan memberikan sedikitnya 10 alasan mengapa SUV mungil terbaru Toyota ini, yakni Toyota Raize cocok untuk Indonesia.

1. Dimensi Kompak

Gambar menunjukkan dimensi kompak Toyota Raize 2020

Toyota Raize didesain untuk keluarga muda yang senang mobil kompak

Alasan pertama mengapa Toyota Raize cocok untuk Indonesia adalah dimensinya yang kompak. Meski punya dimensi ringkas yakni hanya punya panjang 3,9 meter, lebar 1,6 meter dan tinggi 1,6 meter. Namun untuk keleluasan di dalam kabin, mobil-mobil rancangan Toyota dan Daihatsu tidak perlu diragukan keunggulannya. Lima penumpang dapat duduk dengan nyaman di dalam mobil ini.

2. Mesin Turbo

Gambar menunjukkan internal mesin berkode 1KR-VET

Mesin turbo cocok untuk karakter lalu lintas Indonesia yang banyak stop and go

Mesin 3 silinder 1.000 cc turbo cocok untuk karakter lalu lintas di Indonesia. Apalagi mesin ini punya ouput 98 ps atau sekitar 96,5 hp dan torsi puncak 140 nm. Figur tenaga dan torsi itu tentunya tidak akan kesulitan untuk menghela mobil berbobot 1.050 kilogram ini. Apalagi karakter bawaan dari mesin overstroke pada mesin ini cenderung mudah mengail torsi besar di putaran rendah. Tak heran mesin ini cocok untuk karakter lalu lintas Indonesia.

>>> Suksesor Honda Jazz, City Hatchback Seliweran di Thailand

3. Fitur Berlimpah

Gambar menunjukkan layout dashboard Toyota Raize 2020

Toyota Raize akan disukai jika fiturnya berlimpah seperti ini

Hal ketiga yang membuat Toyota Raize cocok untuk Indonesia adalah fitur yang diberikan. Di Jepang sana, Toyota Raize dibekali beragam fitur yang dapat memanjakan pengemudi maupun penumpangnya. Seperti konektivitas audio yang superior, pengaturan AC sudah bersistem climate control, hingga peranti kesalamatan dan keamanan yang lengkap karena sudah menganut sistem keselamatan terintegrasi Toyota Safety Sense.

4. Banyak Pilihan Warna Funky

Gambar menunjukkan Toyota Raize warna mustard yellow mica mettalic

Toyota Raize di Jepang setidaknya punya sebelas pilihan warna menarik

Di negara asalnya, Toyota Raize setidaknya memiliki sebelas pilihan warna menarik dan funky. Bahkan tiga diantaranya adalah pilihan warna two tone color yang dapat membedakan warna pilar ke atas hingga atap dan bodi utama. Ambil contoh warna Toyota Raize pada gambar di atas ini, itu adalah warna mustard yellow mica mettalic yang cenderung terlihat seperti warna hijau. Pilihan warna yang beragam juga dapat menjadikannya cocok untuk pasar Tanah Air.

>>> Toyota Raize Dites Tabrak JNCAP Dapat Bintang 5

5. Cocok Untuk Millenials

Ilustrasi Toyota Raize cocok untuk millenials

Toyota Raize memang ditujukkan untuk keluarga muda (millenials)

Generasi millenials di Indonesia tentunya suka akan hal yang dinamis, kompak, trendy, dan praktis. Preferensi tersebut tetap dibawa bahkan ketika akan memilih sebuah mobil keluarga, Toyota Raize cocok untuk Indonesia, karena SUV mungil ini menyediakan semua hal yang dibutuhkan pada keluarga muda itu. Mulai dari desain yang keren, bagasi yang luas, hingga kedinamisan berkendara yang tetap terjaga karena mengusung mesin turbo nan bertenaga.

6. Safety Terjamin

Gambar menunjukkan hasil tes crash test Toyota Raize di JNCAP

Toyota Raize berhasil mendapat predikat bintang 5 saat tes tabrak di JNCAP

Baru-baru ini SUV mungil hasil kerjasama antara Toyota dan Daihatsu di tes tabrak oleh JNCAP, Hebatnya Toyota Raize dites tabrak JNCAP bisa dapat bintang 5. Kedua produk ini memberikan impresi yang sangat baik saat pengetesan tabrak di JNCAP. Karena baik Rocky maupun Raize mendapat rating bintang 5 dengan perolehan skor total 85,7 poin dari 100 poin. Toyota Raize maupun Daihatsu Rocky mendapatkan rating sempurna (bintang 5) di setiap parameter pengujian.

7. Bagasi Luas

Gambar menunjukkan kapasitas bagasi Toyota Raize 2020

Dimensi boleh kompak, tapi bagasi tetap luas

Satu lagi yang membuat Toyota Raize cocok untuk pasar Tanah Air. Karena kemasan dimensi kompak, lima penumpang dapat duduk dengan nyaman di dalam mobil ini. Apalagi kapasitas bagasinya juga tidak main-main, mencapai 369 liter dalam kondisi semua kursi digunakan. Ketika nantinya Toyota Raize siap masuk Indonesia, hal ini juga akan disukai oleh para millenial yang menginginkan mobil kompak namun tetap praktis.

8. Nama Besar Toyota

Gambar menunjukkan tampilan depan Toyota Raize 2020

Nama besar Toyota akan membantu Raize lekas laku

Nama besar Toyota menjadi keunggulan tersendiri bagi Toyota Raize bahkan dibandingkan dengan saudara kembarnya. Luasnya jaringan servis dan tersebarnya diler bahkan hingga ke pelosok membuat Toyota Raize seharusnya tidak sulit untuk terjual dalam jumlah banyak. Namun itu semua sangat tergantung dari bagaimana strategi PT Toyota Astra Motor ini nantinya untuk mobil ini baik dari segi pemilihan fitur, pemilihan mesin, hingga harga jualnya.

9. Jadi Basis Produk TNGA / DNGA B-Segment

Gambar menunjukkan rangka basis DNGA

Baik Toyota Raize dan Daihatsu Rocky akan jadi basis New Global Architecture

Toyota Raize nantinya akan dibangun dengan platform New Global Architecture (NGA). NGA ini merupakan konsep baru dari Toyota Group (termasuk juga Daihatsu) untuk memikirkan desain mobil dari pertama kali perancangannya. Mudahnya, mereka menyederhanakan basis mobil, mulai rancang bangun rangka dan power train agar serupa dan dapat digunakan bersama dengan produk-produk lainnya. Hal ini sekaligus dapat memangkas biaya pembuatan mobil di masa mendatang.

10. Spesifikasi Menggiurkan

Gambar menunjukkan Toyota Raize 2020

Toyota Raize hadir dengan segenap keunggulan yang seharusnya mampu diterima konsumen Tanah Air

Terakhir yang dapat membuat Toyota Raize cocok untuk Indonesia adalah spesifikasi yang ditawarkan mobil ini begitu menggiurkan. Bayangkan, Toyota Raize hadir dengan dimensi kompak, kabin luas, desain keren plus mesin turbo membuat mobil ini menjadi layak untuk dilirik. Jadi itulah 10 alasan yang dikumpulkan oleh tim Cintamobil.com yang menjadikan Toyota Raize cocok untuk pasar Indonesia. Berikut ini kami beberkan mengenai spesifikasi lengkap Toyota Raize 2020:

Mesin Toyota Raize 2020

Seri mesin

1KR-VET, 3 Silinder, DOHC, DVVT

Jumlah Katup

12 Katup (2 Inlet & 2 Outlet Per Silinder)

Tenaga Maksimum

96,5 Hp (98 Ps) @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

140 Nm @ 2.400 - 4.000 rpm

Kapasitas Silinder

996 cc

Bore X Stroke

71,0 mm X 83,9 mm

Tipe Transmisi

CVT, Penggerak Roda Depan (FWD)

Rangka Toyota Raize 2020

Panjang X Lebar X Tinggi

3.995 mm X 1.695 mm X 1.620 mm

Jarak Sumbu Roda

2.525 mm

Ground Clearance

185 mm

Berat

1.050 Kilogram

Kapasitas Penumpang

5 Penumpang

Kapasitas Tangki

36 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Raize 2020

Suspensi Depan & Belakang

McPherson Strut With Coil Spring & Torsion Beam With Coil Spring

Sistem Kemudi

Electronic Power Steering, Rack & Pinion

Rem Depan & Belakang

Disc & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

ABS, EBD, BA, Toyota Safety Sanse, Anti-Collision Braking

Teknologi Safety Sasis

Toyota New Global Architecture, Total Advanced Function Body

Struktur Sasis

Monokok, B-Segment SUV

Pelek

Alloy, 17 Inch

Ukuran Ban

Radial, 195/60 R17

>>> Baca juga 5 alasan kuat Daihatsu Rocky siap dirakit di Indonesia

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top