Memahami Cara Kerja Dual VVT-i

27/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Memahami Cara Kerja Dual VVT-i
Satu dekade lalu mungkin emblem Dual VVT-i merupakan hal yang wah, namun kini sistem pengaturan katup Dual VVT-i sudah bisa ditemukan di LCGC, begini cara kerja Dual VVT-i

Lebih dari satu dekade yang lalu mungkin emblem Dual VVT-i merupakan hal yang wah di sebuah mobil Toyota. Karena pada tahun 2006 baru Toyota Camry bermesin 3.500 cc V6 yang notabone sebagai sedan top of the line Toyota yang pakai teknologi pengaturan katup variabel ini.

Namun kini sistem pengaturan katup Dual VVT-i sudah bisa ditemukan di mobil Low Cost Green Car (LCGC), lantas bagaimana cara kerjanya? Simak penjelasannya berikut.

Mekanisme Dual VVT-i

Gambar menunjukkan Toyota Camry 3.5 Q V6 2006

Teknologi Dual VVT-i pertama kali dibawa oleh Toyota Camry tipe Q tahun 2006

Secara sederhana, cara kerja dari teknologi Dual VVT-i ini ialah mengoreksi valve timing atau waktu buka katup jalur masuk bahan bakar dan udara, serta katup untuk melepaskan gas buang kendaraan. Koreksi ini disesuaikan dengan beberapa parameter di mobil misalnya injakan pedal gas dan beban pada mobil sehingga menghasilkan kurva torsi optimal di setiap level putaran mesin.

>>> Simaklah tips dan trik jual beli mobil lainnya di sini

Gambar mengenai cara kerja Dual VVT-i Toyota

Dual VVT-i menitikberatkan pada dua controler yakni di intake dan exhaust

Dual VVT-i sendiri adalah singkatan dari Dual Variable Valve Timing with intelligence. Teknologi ini merupakan generasi penerus dari teknologi Variable Valve Timing with intelligence (VVT-i) yang sebelumnya sudah ada di mobil-mobil modern Toyota semisal Toyota Vios dengan mesin berkode 1NZ-FE yang jadi pionir mesin VVT-i di Tanah Air sejak tahun 2003. Jika pada VVT-i hanya waktu (timing) buka katup masuk yang diatur, sekarang mekanisme serupa diterapkan pada katup buang.

Fokus Ke Peningkatan Torsi

Gambar menunjukkan mekanisme VVT-i

Ini adalah mekanisme VVT-i hidrolik yang memanfaatkan oli

Dengan mengatur waktu overlapping di katup buang, diharapkan tingkat kevakuman ruang bakar bertambah. Mekanisme ini mengakibatkan terjadinya peningkatan kecepatan alir dan kepadatan campuran udara-bahan bakar. Hasilnya adalah ruang bakar lebih bersih dari gas sisa pembakaran dan ledakan tenaga yang terjadi lebih besar dan sempurna. Pada akhirnya, torsi meningkat drastis dan bisa didapatkan pada putaran mesin lebih rendah.

Gambar menunjukkan mesin 2GR-FE Toyota Camry 3.5 Q V6 2006

Cara kerja dual VVT-i sesimpel itu

Disamping meningkatkan performa, Dual VVT-i dipakai untuk mengurangi emisi gas buang saat mesin baru dinyalakan. Ini karena saat itu catalytic converter belum bekerja akibat suhu kerjanya berada pada 400º C. Dengan memperbanyak sisa pembakaran, maka catalytic dapat segera beraksi. Dengan begitu, ketika mesin mencapai tenaga optimal, bahan bakar lebih hemat serta ramah lingkungan tanpa perlu mengorbankan performa.

>>> Toyota Camry ini sudah menggunakan teknologi dual VVT-i, berapa harganya? Intip di sini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Memburu 5 Mobil Bekas Jepang Limited Edition di Indonesia

27/05/2020

Jual beli

5 menit

Kelima mobil ini adalah most wanted car dan merupakan tipe maupun varian mobil bekas Jepang limited edition di Indonesia, Apakah Anda bisa dapat salah satunya?

Lihat juga

Beli Mobil Bekas "Kilometer Rendah" Untung Atau Rugi?

19/02/2019

Jual beli

3 menit

Mendapatkan mobil bekas dengan kilometer rendah atau simpanan memang menyenangkan, selain jarak tempuh masih sedikit, otomatis umur komponen bergerak dalam mesin "seharusnya" belum termakan. Lalu sebenarnya beli mobil bekas dengan kilometer rendah itu untung atau rugi?

Lihat juga

TIPS BELI MOBIL BEKAS: Honda Brio 1st Gen 2012-2017, Si Hatchback Kompak Yang Diganduringi Millenials

28/11/2018

Jual beli

10 menit

Honda Brio begitu digandrungi oleh para millenials serta keluarga muda di Indonesia, apa yang menyebabkan ia begitu diminati?

Lihat juga

TIPS BELI MOBIL BEKAS: Toyota Limo Generasi Ke 2, Si Bekas Taksi Yang Tidak Kalah Aksi

10/12/2018

Jual beli

10 menit

Toyota Vios generasi ke-2 bisa dibilang sebagai salah satu Toyota Vios yang paling laris, dan paling sukses di Indonesia, dan hal tersebut ternyata juga berdampak ke penjualan Toyota Limo-nya. Lalu apakah mobil bekas taksi ini layak beli? Apakah mobil bekas taksi itu mudah trouble? Simak tips beli mobil bekas: Toyota Limo Generasi ke-2, si bekas taksi yang tidak kalah aksi.

Lihat juga

Tips Membeli Mobil Bekas Usia 10 Tahun

15/01/2019

Jual beli

3 menit

Mobil bekas usia 10 tahun memang menggoda, selain teknologinya lumayan modern, bentuknya masih menarik, dan jika perawatannya benar tentunya masiih affordable untuk dimiliki. Apalagi pilihannya lumayan banyak. Berikut ini kami sajikan tata cara tips membeli mobil bekas usia 10 tahun.

Lihat juga
 
back to top