Begini Tips Supaya Mobil Cepat Laku Terjual

30/06/2020

Jual beli

5 menit

Share this post:
Begini Tips Supaya Mobil Cepat Laku Terjual
Anda tengah berniat menjual mobil? Berikut ada sederet tips yang bisa Anda lakukan supaya mobil cepat laku terjual di tengah kondisi pandemi seperti sekarang.

Tak bisa dipungkiri di masa pandemi seperti sekarang ada beberapa orang yang terpaksa menjual mobilnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tapi tak sedikit juga yang menjual mobil dengan alasan ingin menggantinya lantaran model lama sudah terlalu usang. 

Menjual mobil di situasi seperti saat ini tentu tak mudah. Kondisi perekonomian sedang tak menentu, membeli mobil bukanlah opsi utama. Anda yang berniat menjual mobil pun harus sabar hingga menunggu ada pembeli yang berminat meminang mobil Anda. 

Kalau mau cepat mungkin pilihannya bisa datang ke dealer-dealer. Namun sudah umum diketahui harga taksiran dari dealer bisa saja turun drastis dari ekspektasi Anda. Belum lagi Anda juga harus bersaing dengan para pemilik mobil lain yang juga berniat menjual tunggangannya. 

Sebenarnya, ada beberapa tips yang bisa membuat mobil Anda bisa terjual cepat. Seperti Cintamobil.com kutip dari situs Guide Auto Web, Selasa (30/6/2020), sederet tips yang bisa membuat mobil cepat laku terjual di masa pandemi seperti sekarang.

>>> Toyota Rush Bekas yang Siap Ditebus dengan Harga di Bawah Rp 100 Juta

1. Melakukan Inspeksi dan Lengkapi Suratnya 

Memastikan kondisi mobil baik

Lakukan inspeksi dan pastikan kondisi bagus agar mobil bisa cepat terjual

Pertama yang wajib dilakukan mengecek kondisi mobil dan memastikan bahwa kondisinya masih bagus. Para calon pembeli pastinya ingin mengetahui kondisi mobil yang akan dibelinya memang baik. Bila memungkinkan, mintalah keterangan dari bengkel setempat terkait pengecekan tersebut. 

Lengkapi juga riwayat servis mobil dan dokumen-dokumen pendukungnya. Ini dapat menjadi nilai tambah tersendiri dan bisa membuat mobil cepat laku terjual

>>> Mengenal Komponen dan Cara Kerja Transmisi Otomatis Mobil

2. Mempercantik Tampilannya

Memastikan kondisi mobil bersih

Memoles tampilan mobil

Bersihkan seluruh bagian eksterior sampai interior mobil hingga tampil kinclong. Buang dan keluarkan semua barang tidak penting yang ada di dalam mobil. Bersihkan seluruh kotoran dan noda yang menempel pada jok ataupun karpet. 

Cuci bagian jendela, poles bagian ban serta bodi mobil, bersihkan mesinnya, lap bagian dasbor dengan produk yang sesuai peruntukannya. 

Anda juga bisa melakukan perbaikan dan mengganti komponen strategis yang rusak seperti rem, bemper, karet wiper. jangan terlalu banyak menghabiskan uang untuk hal-hal tersebut. Posisikan diri Anda sebagai calon pembeli dan bagaimana melihat mobil itu. 

>>> Cara Membersihkan Interior Mobil yang Berjamur dengan Mudah dan Murah

3. Pasang Harga yang Pas 

Ini kunci utamanya. Anda bisa menentukan harga yang kira-kira dapat menarik minat calon pembeli tapi tak membuat Anda rugi banyak. Ingat masih ada proses negosiasi yang bisa Anda manfaatkan dengan baik. 

mencari referensi harga

Cari referensi harga agar mobil cepat laku terjual

Untuk memasang harga yang sesuai, Anda bisa mencari referensi dari situs jual beli mobil online seperti Cintamobil.com. Mobil Anda mungkin memiliki riwayat perawatan dan servis yang baik namun itu tak lantas membuat harganya langsung melambung tinggi. Bandingkan dengan model dan tahun yang sama serta jarak tempuh dari mobil itu sendiri. 

>>> Jangan tinggalkan berita yang hot di Cintamobil di Google news ini ya

4. Optimalkan Platform Sosial Media

Sosial media merupakan salah satu cara ampuh untuk menjual produk termasuk mobil. Tak perlu ragu untuk memposting mobil Anda di beberapa situs dan pertimbangkan untuk mengeluarkan sedikit uang agar posisi di sosial media terus terpantau paling atas. 

Jangan lupa untuk memasang foto dari beragam angle yang bagus dan detail sehingga tidak ada kesan Anda menyembunyikan sesuatu. 

Bila memang ada sedikit goresan atau kekurabgab pada mobil, sebaiknya Anda juga menyebutkannya agar calon pembeli tak kebingungan. 

Fokus juga untuk menjual fitur, teknologi, dan kelebihan lain pada mobil termasuk penggantian komponen yang Anda lakukan. Lampirkan juga bahwa Anda tak pernah mengalami kecelakaan atau musibah lainnya. Semakin komplit informasi yang Anda berikan, maka semakin cepat pula mobil terjual cepat. 

>>> Tips dan trik lainnya tentang perawatan mobil sendiri di rumah bisa dibaca disini

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top