Tips Memilih Leasing Syariah dan Penyedia Layanan yang Bisa Dipilih

28/10/2021

Jual beli

2 menit

Share this post:
Untuk mendapatkan angsuran yang lebih baik, berikut beberapa tips memilih leasing syariah serta beberapa penyedia layanan leasing syariah yang bisa Anda pilih.

Pembiayaan syariah tentunya menawarkan banyak kemudahan agar terhindar dari bunga. Layanan ini menggunakan pembiayaan yang disesuaikan dengan hukum-hukum Islam. Bagi Anda yang ingin melakukan pembiayaan mobil baru maupun bekas melalui pembiayaan syariah, simak beberapa tips memilih leasing syariah di bawah ini.

1. Periksa layanan yang ditawarkan

Dengan sistem pembiayaan yang berbeda, tentu saja Anda perlu memperhatikan terlebih dahulu apa saja yang diperlukan serta bagaimana sistem pembiayaan dari penyedia layanan yang Anda inginkan.

dokumen yang dibutuhkan untuk leasing syariah
Prinsip pembiayaan ditentukan oleh akad yang akan digunakan

Setiap penyedia layanan leasing syariah biasanya menggunakan tiga prinsip pembiayaan, yaitu;

  • Murabahah: yaitu sistem jual beli. Dimana leasing akan membeli mobil yang Anda inginkan, dan Anda nantinya akan menyicil biaya mobil langsung ke leasing yang bersangkutan.
  • Ijarah Muntahiya Bittamlik (IMBT): yaitu sistem sewa milik. Leasing akan membeli mobil yang Anda inginkan, lalu mereka akan menyewakan mobil kepada Anda dimana Anda akan membayar uang sewa. Setelah masa sewa berakhir, maka mobil akan menjadi milik Anda.
  • Musyarakah Mutanaqisah (MMQ): yaitu kerja sama antar dua pihak. Dimana Anda dan leasing bersama-sama membeli barang, misalnya 30% (pengguna) dan 70% (leasing). Anda akan membayar cicilan sewa ke leasing hingga berakhir dan kepemilikan mobil akan menjadi milik Anda.

>>> Perbedaan Leasing Syariah dan Konvensional dengan Akad Jual Beli

2. Cek persyaratan yang harus dipersiapkan

Sama seperti leasing konvensional, ada beragam persyaratan maupun dokumen yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan pembiayaan. Tapi tak sedikit penyedia layanan leasing yang memberikan banyak persyaratan dengan kelengkapan dokumen yang cukup banyak.

dokumen leasing syariah dengan tanda-tangan kontrak
Periksa kembali apa saja persyaratan yang dibutuhkan

Jika leasing biasanya mewajibkan pengguna untuk menyiapkan KTP, NPWP, dan payroll gaji serta mutasi rekening korang, beberapa penyedia lainnya turut menambahkan berbagai dokumen lain. Misalnya bukti kepemilikan rumah, SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) hingga laporan keuangan bagi pemilik usaha.

>>> Mau Pakai Asuransi Mobil Syariah? Perhatikan Dulu Hal Ini

3. Pilih penyedia leasing yang terpercaya

Saat ini sudah banyak penyedia layanan leasing berbasis syariah yang bisa Anda temukan. Beberapa layanan leasing konvensional juga turut meluncurkan layanan syariah. Mereka menawarkan berbagai kemudahan untuk transaksi yang dilakukan.

dokumen yang akan diberikan untuk leasing syariah
Pilih leasing syariah yang sudah terpercaya dan kompeten

Berikut beberapa penyedia leasing syariah yang bisa dipilih.

  • CITIFIN Multi Finance Syariah: berdiri sejak 1989, leasing ini menawarkan pembiayaan mobil baru dan bekas. CITIFIN sudah tersebar sebanyak 23 cabang di seluruh Indonesia.
  • Alif Finance: berada di bawah PT Al Ijarah Indonesia Finance menawarkan layanan leasing berbasis syariah untuk mobil dan sepeda motor menggunakan skema Ijarah Muntahiya Bittamlik atau sewa beli.
  • ACC Syariah: lembaga ini berada di bawah PT Astra Sedaya Finance, cocok bagi Anda yang ingin membeli mobil baru maupun bekas dengan akad murabahah (sistem jual beli).
  • Bank Syariah Indonesia (BSI) Oto: BSI Oto menawarkan pembelian mobil baru dan bekas dengan pelunasan angsuran berbasis syariah dengan limit pembiayaan hingga Rp 350 juta.
  • BPRS Al Salaam: sama seperti leasing konvensional, layanan ini merupakan bagian dari kredit milik Bank Mandiri dengan tenor maksimal hingga lima tahun atau 60 bulan.
  • BCA Syariah KKB iB: layanan dari BCA Syariah ini menawarkan pembiayaan melalui tenor cicilan selama lima tahun atau 60 bulan maksimal.
  • Mobilima: fintech berbasis syariah ini menawarkan penjualan mobil dengan akad Murabahah (jual beli), sehingga tidak ada penyitaan ketika kredit macet.

Hingga saat ini, sudah ada banyak pilihan layanan yang tersedia yang bisa Anda pilih. Sebagai penutup dari tips memilih leasing syariah ini adalah Anda bisa membandingkan biaya atau cicilan per bulan yang ditawarkan oleh penyedia layanan leasing agar bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau untuk memiliki mobil idaman Anda.
 
>>> Temukan pilihan mobil baru dan bekas lainnya hanya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top