Otospector Kembangkan Layanan Jual Mobil Bekas Demi Manjakan Konsumen

24/11/2021

Jual beli

8 menit

Share this post:
Seiring perkembangan industri otomotif di Tanah Air, Otospector menghadirkan fitur-fitur baru demi mengakomodasi konsumennya dalam jual-beli mobil bekas.

Sebagai pionir platform layanan inspeksi dan garansi mobil bekas di Indonesia, Otospector terus mengembangkan layanannya untuk memberikan pilihan yang aman dan nyaman dalam menjual serta membeli mobil bekas bagi konsumen di Tanah Air.

Sebagai informasi, Otospector telah hadir di Indonesia sejak tahun 2016. Mereka menyediakan layanan jasa inspeksi mobil bekas sebagai pihak ketiga yang professional demi menjembatani hubungan antara penjual dan pembeli mobil. Dari situ, perusahaan rintisan ini meluncurkan aplikasi OTOS demi memudahkan pelayanannya.

Perjalanan Otospector di Industri Mobil Bekas

Mobil bekas alias second memang memiliki pesonanya tersendiri. Calon pembeli mobil bisa mendapatkan mobil sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka dengan harga yang lebih bersahabat dibandingkan mobil baru. 

Gambar Otospector

Otospector hadir untuk menjembatani penjual mobil second dengan calon pembeli

Namun, industri ini memiliki tantangan tersendiri di mana penjual dan calon pembeli mobil memiliki kepercayaan yang rendah satu sama lain. Otospector pun hadir sebagai solusi dengan berbagai layanan yang membuat perjalanan serta pengalaman membeli mobil second menjadi lebih aman dan nyaman.

>>> Mau Beli Toyota Avanza Bekas? Simak Tipsnya Biar Nggak Rugi

"Untuk menghadirkan mobil bekas berkualitas, Otospector pada awalnya menyuguhkan layanan penyedia jasa inspeksi mobil. Meski awalnya memiliki banyak tantangan demi mendapatkan kepercayaan konsumen, kami kini dipercaya oleh banyak konsumen yang menggunakan layanan inspeksi sebelum membeli mobil bekas,” buka Jeffrey Andika, Co-Founder dan CEO Otospector saat press conference virtual pada Rabu (24/11).

Konsisten menjadi penyedia jasa inspeksi mobil, Otospector mulai memperkuat lini bisnisnya untuk dengan berkolaborasi bersama jaringan rekanan showroom mobil second dan bengkel terpercaya untuk menambah kepercayaan tinggi bagi konsumen.

Hasilnya, konsumen yang membeli mobil dari showroom rekanan Otospector berhak mendapatkan garansi mesin dan transmisi mobil hingga satu tahun. Menariknya, hingga kini mereka telah menginspeksi lebih dari 35.000 unit kendaraan dengan sukses.

Gambar Inspeksi Otospector

Setelah diinspeksi, mobil akan diberi grade dan ditentukan apakah layak untuk dibeli atau tidak

Sementara itu, Otospector juga telah memberikan garansi untuk mesin dan transmisi terhadap 5.000 unit mobil yang sudah diinspeksi. Kini mereka telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 50 bengkel rekanan pada 5 kota besar, seperti Jabodetabek, Bandung, Jogja, Surabaya, dan Bali.

Aplikasi OTOS dan Fitur Barunya

Sukses memberikan layanan melalui website resmi mereka, Otospector menghadirkan aplikasi OTOS, marketplace jual-beli mobil bekas berbasis digital. Aplikasi ini bisa Anda unduh di Google Play Store untuk sistem operasi Android, dan App Store untuk Anda yang menggunakan smartphone lansiran Apple.

Melalui aplikasi OTOS, konsumen tak hanya merasa aman ketika ingin membeli mobil bekas. Alasannya karena mobil yang masuk daftar list di aplikasi, sudah terverifikasi dan lulus secara inspeksi. Sedangkan bagi showroom, memiliki keuntungan lantaran membantu untuk meningkatkan penjualan unit kendaraan.

Gambar Aplikasi OTOS

Demi semakin memanjakan konsumen, aplikasi OTOS pun tercetus

"Karena Otospector telah memiliki banyak rekanan dengan showroom mobil bekas serta melakukan inspeksi rutin, maka data stok mobil showroom pun secara rutin telah masuk ke sistem kami. Strategi selanjutnya kami mengembangkan marketplace di aplikasi Android dan iOS dengan nama OTOS," papar Jeffrey.

Setiap unit mobil yang dijual pada apps OTOS sudah diperiksa mengikuti standar 150 lebih titik inspeksi yang meliputi bagian eksterior, interior, mesin dan transmisi. Mobil yang dijual di aplikasi juga dipastikan bebas dari tabrakan besar, terendam banjir, serta memiliki mesin dan transmisi dalam kondisi baik.

>>> Berkah Krisis Chip, Bisnis Mobil Listrik Bekas Jadi Lahan Baru

Dalam rangka memperkenalkan apps OTOS, promo hingga akhir tahun ini, konsumen berhak mendapatkan program garansi mesin dan transmisi secara gratis selama 12 bulan atau 1 tahun jika membeli di aplikasi OTOS.

Konsumen juga mendapatkan full support dari team Otospector jika ada kendala dan mendapatkan layanan jasa derek 24 jam. Tak berhenti di situ, perusahaan rintisan ini memperkenalkan fitur terbaru bertajuk 'Jual Santai'.

Gambar Fitur Jual Santai

Fitur Jual Santai akan memudahkan penjual mobil bekas untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan keinginan

Fitur ini diperkenalkan pada virtual press conference bertajuk ‘Otospector Menjadi Pilihan Aman Untuk Jual Beli Mobil’ pada Rabu (24/11). Fitur atau layanan Jual Santai menjadi solusi bagi konsumen yang ingin menjual mobilnya dengan lebih aman, lebih tenang, dan lebih untung.

"Kami akan menjual mobil Anda langsung ke pemakai. Sehingga harga dipastikan lebih tinggi, bahkan hingga 20% dari harga trade-in atau jual instan di pasaran," terang Jeffrey.

Mekanisme Jual Santai akan mempermudah konsumen dengan berbagai keuntungan. Otospector akan membantu calon penjual mobil untuk merapikan, mengiklankan, hingga proses menjual mobil tersebut.

Jadi konsumen tak perlu direpotkan dengan mengambil foto mobil yang aesthetic, memasang iklan online, hingga negosiasi dengan calon pembeli yang memiliki tingkat risiko
yang cukup tinggi.

Gambar Jual Santai

Jika mobil tak terjual selama 30 hari, Otospector akan membeli sendiri mobil yang hendak Anda jual

Nah, yang paling menarik lagi adanya jaminan jika mobil tidak terjual dalam tempo 30 hari, maka Otospector akan membeli mobilnya. Selain itu, layanan Jual Santai memiliki program khusus, yakni promo free biaya admin hingga akhir tahun 2021 ini.

Harapannya, layanan Jual Santai menjadi solusi jitu bagi konsumen yang ingin menjual mobil kesayangannya dengan harga yang relatif lebih tinggi ketimbang harga pasaran.

Fitur ini juga mengakomodasi perkembangan industri mobil bekas, di mana transaksi saat ini tak berpusat pada mobil-mobil fast moving seperti Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia saja. Pemilik mobil hobi yang hendak menjual kendaraan kesayangannya juga akan mengapresiasi fitur Jual Santai ini.

>>> Temukan Mobil Bekas Idaman Anda dengan Harga yang Menarik di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top