Mau Beli Toyota Avanza Bekas? Simak Tipsnya Biar Nggak Rugi

11/10/2021

Jual beli

3 menit

Share this post:
Toyota Avanza bekas masih menjadi primadona di pasar mobil second. Nah kalau Anda salah satu yang tertarik untuk membelinya, simak tips berikut biar nggak rugi.

Tak bisa dipungkiri, pesona Toyota Avanza masih memikat hingga saat ini. Mobil sejuta umat itu masih menjadi incaran utama mereka yang ingin membeli mobil. Tak heran kalau Avanza kerap mengisi daftar mobil terlaris di Indonesia. 

Bukan hanya model baru saja yang laris, Toyota Avanza bekas juga cukup dilirik. Satu hal yang membuat pesona Toyota Avanza bekas tidak cepat luntur adalah harga jual kembalinya. Bagi Anda yang tengah mempertimbangkan untuk membeli Avanza bekas, ada baiknya tidak asal memilih.

Tetap ada beberapa sejumlah hal yang patut diperhitungkan agar Anda tak merasa rugi usai membelinya. Nah berikut ini ada tips membeli Avanza bekas supaya bisa mendapatkan unit yang masih bagus seperti dikutip dari laman Auto2000. 

>>> Dari Raize Hingga Avanza, Cek Simulasi Kredit Toyota Terbaru

1. Cek Kondisi Mesin

Gambar ini menunjukkan samping kanan dan depan Toyota Avanza 2013

Jangan lupa lakukan test drive

Seperti membeli mobil bekas pada umumnya, kondisi mesin turut menjadi sorotan. Pastikan Avanza bekas yang mau Anda pinang kondisinya masih baik. Bagaimana cara mengetahuinya? Sebaiknya jangan langsung percaya bila kondisi masih mulus hanya dari melihat tampilan luar. Anda tentu harus melakukan tes drive guna memastikan kondisi mesin dan performanya masih oke. 

2. Cek Riwayat Servis

Foto menunjukkan Bengkel Toyota Auto2000

Kalau mobil rajin servis di bengkel resmi bisa mencegah harga jual kembalinya jatuh

Ini merupakan salah satu hal yang penting sebelum Anda membeli Toyota Avanza bekas. Anda bisa meminta kepada pemiliknya untuk menunjukan riwayat servis yang pernah dilakukan pada Avanza bekas.

Mobil yang rajin servis di bengkel resmi dengan dibuktikan oleh buku servis menjadi salah satu ciri-ciri unit yang terawat. Jika sebaliknya, maka sebaiknya pikir-pikir lagi untuk membelinya. Membeli mobil yang terawat tentu bisa meminimalisir potensi uang keluar lebih banyak untuk melakukan servis. 

>>> Duit Tak Sampai Rp 200 Juta Mending Beli Toyota Avanza atau BMW Bekas?

3. Hindari Bekas Banjir

Gambar menunjukan Mobil terendam banjir

Membeli mobil bekas banjir tentu merugikan

Mengetahui mobil bekas banjir memang gampang-gampang susah. Oleh karena itu diperlukan ketelitian agar Anda tak merugi nantinya. Salah satu hal yang bisa Anda deteksi adalah bagian jok. Cek kolong dan rel-rel jok depan, jika ada bekas kotoran seperti lumpur yang tidak wajar maka layak untuk dicurigai sebagai mobil bekas banjir.

Atau Anda juga bisa meminta bantuan dari mekanik ahli untuk memastikan bahwa Avanza bekas yang akan dibeli benar-benar bebas banjir.

4. Cek Bekas Tabrakan

Mobil yang pernah mengalami tabrakan tentu membuat kinerja komponen akan terpengaruh. Maka dari itu, penting untuk memastikan bahwa mobil bukan bekas tabrakan. Pasalnya, dengan kecanggihan teknologi zaman sekarang bukan tidak mungkin mobil dipoles hingga mulus sekalipun pernah mengalami tabrakan. 

5. Pastikan Kelengkapan Surat

BPKB dan STNK mobil

Pastikan suratnya lengkap

Tak kalah pentingnya, pastikan kondisi surat-surat yang berkaitan dengan kepemilikan mobil lengkap. Karena akan sangat percuma jika unit Toyota Avanza bekas tersebut lengkap, menarik, bahkan sempurna namun suratnya bermasalah. Jangan pernah membeli mobil Avanza bekas yang surat-suratnya tidak lengkap. 

Itu tadi lima hal yang wajib Anda perhatikan sebelum akhirnya memutuskan membeli Avanza bekas supaya tak merasa merugi di kemudian hari. Untuk melihat-lihat model Avanza bekas yang tengah dijual di pasaran, Anda bisa klik di sini

>>> Ciri Oli Gardan Mobil Avanza Harus Ganti dan Begini Cara Gantinya!

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top