10 Pilihan Mobil Mini Murah Paling Bagus dari Cintamobil.com

18/06/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
10 Pilihan Mobil Mini Murah Paling Bagus dari Cintamobil.com
Kali ini Cintamobil.com akan memberikan rekomendasi 10 mobil mini murah yang ada di Indonesia untuk Anda miliki, terutama yang butuh kendaraan harian.

Memiliki mobil berukuran mungil dibanding yang berukuran lebih besar memang punya banyak kelebihan. Diantaranya kepraktisan saat digunakan, terutama untuk daerah-daerah dengan populasi kendaraan yang sangat padat seperti Jakarta atau kota-kota besar lain di Indonesia.

Dengan ukurannya yang mini, mobil-mobil mungil dapat lebih leluasa untuk menghindari kemacetan dengan memilih jalan-jalan tikus melalui pemukiman warga. Selain itu, mengemudikan mobil kecil juga tak repot dan tak butuh lahan luas saat hendak parkir. Umumnya mobil dengan dimensi yang ringkas juga lebih hemat bahan bakar. Mengingat mesin tidak menopang beban yang cukup berat. Terakhir, mobil-mobil kecil juga relatif harganya lebih murah. Meskipun ada juga beberapa produsen mobil mewah yang mengeluarkan model dengan ukuran mungil.

Kali ini Cintamobil.com akan membahas mengenai mobil mini. Bukan MINI yang menjadi kesatuan dalam brand BMW Group, melainkan mobil dengan ukuran mini alias kecil. Yaitu dengan memberikan pilihan mobil mini murah di Indonesia yang terbaik yang bisa Anda miliki. Berikut 10 diantaranya yang kami urutkan berdasarkan abjad merk mobil tersebut.

1. Chevrolet Spark

Chevrolet Spark dijual

Sayangnya sudah tidak ada unit baru Spark di Indonesia saat ini

Sayang sekali memang General Motors (GM) Indonesia sudah tak lagi eksis di dalam negeri. Padahal pemegang merek Chevrolet ini memiliki model berukuran mini yang cukup menggoda, yaitu Spark. Memiliki desain yang tak kalah stylish, sejumlah fitur dari mobil ini juga layak dipertimbangkan sebagai mobil harian untuk menemani Anda beraktifitas. Saat ini Anda hanya bisa mendapatkan Chevrolet Spark dalam kondisi bekas yang harganya di kisaran Rp45 juta hingga Rp65 jutaan tergantung kondisi dan tahun produksi.

>>> Review Chevrolet Spark 2017: Mungil, Lincah dan Mengasyikkan

2. Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla dijual

Varian yang bisa dipilih sangat banyak

Dipasarkan mulai dari Rp102 jutaan, ada banyak sekali varian dari Daihatsu Ayla yang bisa Anda pilih. Mulai dari yang bermesin 1.000 cc, mesin 1.200 cc, yang transmisi manual atau yang otomatis, sampai yang fiturnya paling lengkap ada pada mobil mini murah dari Daihatsu ini. Durabilitas mesin serta efisiensi bahan bakar dan ketersediaan jaringan suku cadangnya sudah pasti telah terbukti jempolan.

3. Datsun GO

Datsun GO dijual

Layak dipertimbangkan untuk mobilitas harian

Sebagai merk legendaris, Datsun yang berada dalam naungan Nissan juga memiliki model berukuran mini, yaitu Datsun GO. Harganya sama dengan Daihatsu Ayla yaitu mulai dari Rp102 jutaan, tetapi Datsun GO memiliki beberapa nilai lebih. Diantaranya hanya tersedia dalam mesin 1.200 cc serta ada varian yang menggunakan transmisi otomatis model CVT. Sehingga pergeseran antar giginya lebih lembut dibanding transmisi otomatis biasa.

>>> Review Datsun GO CVT 2018: Lebih Baik Satu Tingkat Dari Sebelumnya

4. Honda Brio

Honda Brio RS dijual

Power tertinggi di kelasnya

Brio menjadi mobil mini murah dari Honda yang cukup banyak dicari. Baik dalam kondisi baru maupun bekas pakainya. PT Honda Prospect Motor (HPM) per Juni 2020 menawarkan Brio mulai dari harga Rp146 juta. Harganya masih cukup terjangkau diantara mobil mini murah di Indonesia lainnya. Walau begitu, Brio memiliki tenaga mesin paling tinggi di kelasnya dan juga kenikmatan berkendara.

5. Hyundai Grand i10

Hyundai Grand i10

Jangan lupakan i10 saat mencari mobil berukuran ringkas

Ketika mencari mobil dalam ukuran mungil maka jangan lupakan Hyundai i10. Pabrikan Korea Selatan ini juga menyuguhkan Grand i10 dengan beberapa kelebihan dibanding kompetitornya. Antara lain kelincahan dan kenikmatan saat dikendarai. Sayangnya harga untuk Grand i10 dalam kondisi baru paling tinggi diantara mobil mini murah di Indonesia, yaitu mulai dari Rp184 juta. Jika mau yang harganya terjangkau bisa pilih Hyundai i10 dalam kondisi bekas.

6. KIA Picanto

KIA Picanto dijual

Sempat booming sebelum era Agya-Ayla

Sebelum era duet Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, KIA sudah lebih dulu masuk dalam segmen mobil mini murah melalui Picanto. Dan mobil ini pun mendapat sambutan yang luar biasa baik. Saat pertama kali hadir, Picanto di Indonesia ditawarkan dengan harga Rp100 jutaan sehingga menjadikannya amat laris dipasaran. Kini harga KIA Picanto bekas ada direntang Rp53 juta - Rp95 juta.

7. Mitsubishi Mirage

Mitsubishi Mirage dijual

Mitsubishi juga punya mobil mini

Opsi lain disaat Anda sedang mencari mobil mini murah untuk pemakaian harian, maka bisa pertimbangkan Mitsubishi Mirage. City car yang punya tiga varian berbeda ini dijual mulai harga Rp115 juta. Sementara mesinnya berkapasitas 1.200 cc DOHC 3 silinder MIVEC.

8. Suzuki Ignis

Suzuki Ignis dijual

Desainnya stylish untuk perkotaan

Si mungil yang baru saja kedatangan model baru ininya juga amat layak Anda pertimbangkan. Dengan banderol mulai dari Rp171 juta, Suzuki Ignis tidak termasuk dalam kategori Low Cost Green Car (LCGC). Meski begitu, mobil yang ditopang mesin 1.200 cc tersebut amat layak jadi kendaraan harian Anda.

9. Suzuki Karimun Wagon R

Suzuki Karimun Wagon R dijual

Model LCGC dari Suzuki

Berbeda dengan Ignis, Karimun Wagon R merupakan mobil LCGC dari Suzuki. Karenanya bagian depan mobil ini bukan palai logo "S" khas Suzuki. Dan karena masuk dalam program mobil murah ramah lingkuan inilah harga Suzuki Karimun Wagon R juga cukup terjangkau, yakni mulai Rp118 jutaan.

10. Toyota Agya

Toyota Agya dijual

Mungkin ini mobil mungil paling laris di Indonesia

Mungkin diantara mobil mini murah di Indonesia lainnya, Toyota Agya adalah yang paling laris. Untuk model barunya, Toyota mematok harga Agya mulai dari Rp143,8 juta. Sementara jika Anda ingin yang harganya lebih terjangkau, maka bisa pilih unit bekasnya. Soal fitur, hampir tak ada perbedaan signifikan antara Agya dengan kembarannya Daihatsu Ayla.

>>> Tips dan trik menarik lainnya tentang membeli mobil baru dan mobil bekas ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top