Review Chevrolet Spark 2017: Mungil, Lincah Dan Mengasyikkan

29/12/2018
editor rate: 4,0 user rate: 4,0
Sebagai City Car Amerika yang juga berdarah Korea Selatan, Chevrolet Spark banyak diterima positif oleh masyarakat internasional. Selain karena bodinya yang Compact, Spark juga memiliki desain stylish daripada City Car lain besutan Jepang. Kehadirannya bisa dibilang laris manis dan sukses membuktikan bahwa Korea Selatan tak main-main dalam menciptakan produknya. Simak kelebihannya dalam review Chevrolet Spark 2017.

PENGANTAR Chevrolet Spark 2017

Review Chevrolet Spark 2017 - Di Korea Selatan, Spark lebih dikenal dengan sebutan Daewoo Matiz. Kedatangannya sejak tahun 1998, menggantikan Daewoo Tico yang sudah kalah digerus zaman. Kala itu, Daewoo masih berdiri independen yang kemudian diambil alih secara resmi oleh General Motors (GM) pada tahun 2002 dikarenakan masalah krisis finansial.

Hingga kini, Chevrolet Spark sudah memiliki total empat generasi dan terbilang laris manis di banyak negara. Bayangkan saja, kehadiran awalnya dengan kode bodi M100 ditiru oleh Cherry, pabrik otomotif asal China, diaplikasikan pada modelnya yang bernama QQ.

Chevrolet Spark dan Cherry QQ mengusung konsep bodi serupa yang membuktikan bahwa China mencoba meniru desain ikonik dari Spark

Generasi Pertama Daewoo Matis atau Chevrolet Spark (kiri) sempat ditiru oleh Cherry QQ asal China

Namun di kesempatan kali ini, Cintamobil.com tidak ingin fokus membahasnya namun lebih menekankan bahwa Spark memang bukan produk sembarangan. Di Indonesia sendiri, generasi keempat Spark dirilis pada tanggal 23 Februari 2017. Dari pendapat kami, pembaharuannya sangat mengesankan. Apa saja kelebihannya? Mari kita cari tahu bersama dalam review Chevrolet Spark 2017.

Chevrolet Spark 2017 memiliki desain yang ikonik dengan bodi mungil dan menggemaskan

Sosok Chevrolet Spark 2017 yang hendak dibahas kali ini

EKSTERIOR Chevrolet Spark 2017

Generasi terbarunya ini memiliki ubahan yang sangat menarik baik dari segi desain maupun fitur. Ya, dari segi dimensi saja, eksterior Chevrolet Spark 2017 yang mungil dan ikonik masih tetap dipertahankan. Selain memberi keunggulan dalam hal meliuk-liuk di area kemacetan, desain tersebut juga menjadi penarik tersendiri baik kawula muda.

Review Chevrolet Spark 2017: Eksterior Depan

Dari sisi depan saja kita semua bisa mengenali bahwa sosoknya adalah Chevrolet Spark. Mengusung Grille berukuran minimalis serta aksen krom sebagai penegas unsur kemewahannya. DIbanding generasi sebelumnya, Grille-nya kini tampak lebih besar serta sudah disiapkan lampu Projector, Fog Lamps dan LED Daytime Running Light (DRL). Dari sisi ini, kami menilai bahwa Chevrolet tampak tak mau ketinggalan tren dengan pesaing lainnya. Jujur saja, pembaruan dari segi ini memang menjadi hal yang cukup tepat.

Eksterior depan Chevrolet Spark 2017 dilengkapi lampu LED DRL, lampu kabut dan lampu Projector

Eksterior depan Chevrolet Spark 2017 sudah dibekali fungsi pencahayaan yang lengkap

Review Chevrolet Spark 2017: Eksterior Samping

Hal unik juga kami temui pada bodi sampingnya. Ketika hendak membuka pintunya, kami takjub melihat Door Handle-nya yang menyatu dengan Pillar C. Hal ini mengingatkan kami akan Honda HR-V ataupun Nissan Juke yang menggunakan konsep serupa. Benar saja, perubahan pada generasi keempatnya ini terkesan sangat modern mengikuti tren masa kini.

Eksterior samping Chevrolet Spark 2017 dilengkapi dengan pelek berdesain lima palang

Eksterior samping Chevrolet Spark 2017 menggunakan Door Handle apik mirip Honda HR-V

Adapun dari segi desain, tampilannya juga dibumbui esensi sporty. Hal tersebut bisa diamati dari bodi sampingnya yang menonjolkan beberapa sentuhan garis tegas dari arah depan hingga ke bagian belakang. Di sisi lain, pelek-nya menggunakan desain lima palang berwarna Silver, melengkapi esensi stylish dari keseluruhan bodinya.

Review Chevrolet Spark 2017: Eksterior Belakang

Tak puas dengan perubahan samping, kami langsung mengamati bodi belakangnya. Kali ini, lampunya tampak manis dengan ukuran besar yang terasa siap membantu proses parkir Anda. Menariknya lagi, fitur Spoiler pada sisi atap juga dibekali lampu Stop. Tentu saja, perubahan ini sukses memberikan kesan manis bagi pengamatnya. Fitur yang cukup lengkap untuk sebuah City Car.

Eksterior belakang Chevrolet Spark 2017 dibekali lampu belakang yang ikonik

Eksterior belakang Chevrolet Spark 2017 dihias apik dengan fitur Rear Spoiler

>>> Baca juga:

Sudah punya mobil untuk jalan-jalan pada tahun baru 2019? Jika belum kami rekomendasi belilah Chevrolet Spark 2017 aja

Anda sedang cari mobil Chevrolet Spark LTZ 2017? Klik sini untuk lihat beberapa mobil dijual dengan harga terbaik di seluruh Indonesia

Masih cari mobil Chevrolet Spark 2017 manual dan belum bertemu mobil yang sesuai dengan keingingannya? Klik sini untuk dapat beberapa rekomendasi terbaik

INTERIOR Chevrolet Spark 2017

Setelah mengamati pembaruan dari sisi eksterior, kami cukup penasaran akan suasana interior Chevrolet Spark 2017. Apakah fitur-fiturnya mengasyikkan untuk dibawa berkeliling kota?

Review Chevrolet Spark 2017: Dashboard

Ketika memasuki kabinnya, sajian dashboard berlatar warna Black Gloss serta beberapa aksen SIlver memberi kesan sporty khas anak muda masa kini. Panel Head Unit juga tak luput dari aura modern dengan bentuk lonjong menggemaskan. Dari panel tersebut tersemat apik layar Multimedia Touchscreen berukuran 7 inci yang siap menghibur Anda selama perjalanan. Adapun di bagian bawahnya juga ditemui tiga tuas Knob Air Conditioning (AC) yang bisa diatur kesejukannya sesuai keinginan.

Dashboard Chevrolet Spark 2017 dihias dengan desain minimalis

Dashboard Chevrolet Spark 2017 didesain cukup ergonomis dan sudah dilengkapi fitur lengkap

Review Chevrolet Spark 2017: Setir

Dari lini setir sendiri, visualisasi Chevrolet memang berbeda daripada pesaing lainnya. Menggunakan model tiga palang mirip huruf T dengan sudut bawah yang menajam. Selain menonjolkan kesan mewah dari aksen SIlver-nya, kemudi setirnya juga menyediakan tombol pengaturan audio tepat di sisi kanan. Tentu dalam menyasar segmen anak muda, fitur ini diharuskan untuk ada supaya pengoperasian musik menjadi lebih praktis.

Setir Chevrolet Spark 2017 sudah didukung dengan tombol pengaturan audio

Di balik kemudi setir Chevrolet Spark 2017 juga didapati adanya panel informasi yang menyuguhkan kondisi terkini seputar kendaraan

Review Chevrolet Spark 2017: Kursi

Merambah ke sisi kursinya, mobil Hatchback satu ini sebenarnya cukup muat untuk lima orang dengan formasi tiga orang pada bangku belakang dan dua orang pada bangku deret depan. Namun perlu menjadi catatan, ruang kaki di bangku belakangnya terasa kurang akomodatif. Hal ini sudah kami sadari ketika mengamati dimensi Wheelbase yang berada di angka 2.385 mm. Meski kaki penumpang tidak bisa leluasa selonjoran namun kami cukup mengapresiasi dengan adanya fitur Head Rest alias sandaran kepala yang bisa Anda atur ketinggiannya.

‚ÄčKursi Chevrolet Spark 2017 mampu menampung lima orang sekaligus yang cocok untuk kebutuhan anak muda masa kini

Kursi Chevrolet Spark 2017 terbilang sangat lega berkat Wheelbase di angka 2.385 mm

Kekurangan lain yang kami amati adalah absennya Glove Box atau ruang penyimpanan pada pintunya. Tentu saja hal ini menjadi kekurangan yang perlu dipertimbangkan mengingat kebutuhan anak muda yang sarat akan aktivitas tinggi. Jika dibandingkan model Hatchback lain, umumnya Glove Box sebagai tempat penyimpanan air atau benda lainnya selalu dihadirkan. Namun entah mengapa, Chevrolet meniadakan fitur satu ini pada mobil CIty Car kesayangannya.

Review Chevrolet Spark 2017: Kapasitas Bagasi

Sejatinya kami cukup mengapresiasi ruang bagasi yang ditawarkan oleh Spark. Terkesan akomodatif untuk perlengkapan perkuliahan hingga perkantoran. Namun sayangnya, kami menemukan bahwa pintu bagasinya mengeluarkan suara berdecit ketika dibuka. Sekilas terasa aneh dan janggal namun masih bisa ditolerir, mengingat fitur-fiturnya berjalan normal.

Kapasitas bagasi Chevrolet Spark 2017 mengeluarkan suara berdecit ketika dibuka

Kapasitas bagasi Chevrolet Spark 2017 cukup akomodatif yang mampu memenuhi kebutuhan anak muda masa kini

>>> Artikel terkait:

FITUR Chevrolet Spark 2017

Kurang lengkap rasanya apabila kita terhenti pada sektor interior dan eksterior saja. Sebelum memutuskan pilihan secara penuh, ada baiknya juga kita mengamati fitur Chevrolet Spark 2017.

Review Chevrolet Spark 2017: Fitur Keselamatan

Setelah mengutak-atik segala hal tentangnya, kami cukup terkesima dengan apa yang dihadirkan Chevrolet pada mobil mungilnya ini. Dari sisi keselamatan misalnya, Spark dipersenjatai dengan teknologi pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Hill Start Assist (HSA) dan Electronic Stability Control (ESC). Dari sisi inilah kami mengerti apa yang ditawarkan pada Chevrolet daripada pesaing lainnya yakni kenyamanan berkendara.

Fitur keselamatan Chevrolet Spark 2017 dilengkapi dengan Dual SRS Airbags untuk meminimalisir cedera ketika terjadi kecelakaan

Fitur keselamatan Chevrolet Spark 2017 tampil sangat lengkap seperti Dual SRS Airbags, teknologi kestabilan dan pengereman

Bayangkan saja, untuk sekelas mobil Hatchback, Spark sudah dibekali teknologi HSA yang mampu memudahkan Anda ketika melaju di area tanjakan seperti pegunungan. Di sisi lain juga hadir ESC yang siap memberi performa kestabilan di area licin. Tentu saja, bodinya yang mungil harus diimbangi dengan tingkatan kestabilan yang mumpuni supaya tidak limbung. Sedangkan dari keselamatan standar, Spark sudah menghadirkan Dual SRS Airbags yang disematkan pada bangku depan. Sebuah rangkaian sempurna untuk sebuah Hatchback mungil.

Review Chevrolet Spark 2017: Fitur Hiburan

Bagi kami, sebuah mobil yang siap berjalan jauh harus memiliki panel Head Unit yang mampu mengoperasikan audio maupun video. Nyatanya, Spark menjawab hal ini dengan menghadirkan format modern sekelas Android AUto, Apple CarPlay dan Mirroring. Anda hanya perlu menyambungkan Handphone ke panel Head Unit menggunakan USB dan layar utama akan siap mengoperasikan Youtube atau video kesayangan Anda. Untuk sebuah Hatchback yang ditargetkan untuk anak muda, hal ini cukup menggiurkan mengingat kemudi setirnya juga dibekali tombol pengaturan audio.

Fitur hiburan Chevrolet Spark 2017 sudah dilengkapi dengan sistem audio mumpuni yang mendukung banyak format modern

Fitur hiburan Chevrolet Spark 2017 mengandalkan panel Head Unit berukuran 7 inci

>>> Tak berhenti di sini saja, Chevrolet nyatanya juga memiliki model lain yang dijamin menggugah selera Anda pecinta mobil Amerika

OPERASI Chevrolet Spark 2017

Selain kelebihan di atas, kami amat sangat menyukai operasi mesin Chevrolet Spark 2017. Dibanding beberapa Hatchback sekelasnya, mesin Spark tergolong berada di atas rata-rata dengan 1.399 cc DOHC. Memanfaatkan bahan bakar bensin, mesinnya mampu memberi lonjakan daya sebesar 98 HP setara 6.200 Rpm dan torsi puncak 124 Nm di angka 4.400 Rpm. Racikan tersebut nyatanya berhasil memberi laju yang dinamis namun juga mulus di berbagai medan perkotaan.

Operasi mesin Chevrolet Spark 2017 mampu memberikan daya maksimum hingga 98 HP

Operasi mesin Chevrolet Spark 2017 menggunakan 1.399 cc yang lebih besar daripada pesaing di kelasnya

Bahkan ketika diajak berjalan-jalan di area kemacetan, Spark terbilang sangat kooperatif. Jawabannya terletak dari transmisi Continuous Variable Transmission (CVT) yang dipadukan dengan Auxiliary Gearbox. Hal tersebut membuat perpindahan gigi menjadi lebih mulus daripada model transmisi otomatis konvensional. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa Chevrolet Spark dirancang untuk memberi esensi berkendara nyaman apalagi jika dibawa santai mengarungi area perkotaan.

>>> Bandingkan juga dengan model Hatchback yang tak kalah menarik lainnya

spesifikasi Chevrolet Spark 2017

Supaya Anda semakin mengenal sosoknya secara detail, Cintamobil.com hendak melampirkan spesifikasi Chevrolet Spark 2017.

SPESIFIKASI CHEVROLET SPARK 2017

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.636 mm x 1.595 mm x 1.476 mm

Jarak Poros Roda

2.385 mm

Jarak Pijak Depan

1.410 mm

Jarak Pijak Belakang

1.418 mm

Jarak Pijak Terendah

159 mm

Berat Kosong

2.023 Kg

MESIN

Tipe Mesin

1.4 Liter 4 Silinder Segaris 16 Katup VVT

Kapasitas Silinder

1.399 cc

Daya Maksimum

98 PS / 6.200 Rpm

Torsi Maksimum

124 Nm / 4.400 Rpm

Sistem Transmisi

CVT

HANDLING

Suspensi Depan

McPherson Strut dengan Coil Springs

Suspensi Belakang

Compound Crank dengan Coil Springs

Rem Depan

Discs

Rem Belakang

Drums

Ukuran Ban

14 inci

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Multi Point Injection (MPI)

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

32 Liter

kelebihan & kekurangan Chevrolet Spark 2017

Dari beberapa penjelasan kami sebelumnya, terdapat cukup banyak kelebihan dan kekurangan Chevrolet Spark 2017. Merangkum hal tersebut, berikut daftar lengkapnya.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Performa mesin memiliki kapasitas di atas rata-rata dibanding pesaing lainnya

Bangku ketiga kurang akomodatif khususnya di ruang kaki

Fitur keselamatan ditonjolkan untuk mengedepankan sensasi berkendara yang nyaman

Tidak tersedia Glove Box atau wadah untuk menyimpan barang di pintunya

Eksterior tampak sangat stylish dan sudah dilengkapi dengan fitur pendukung yang cukup lengkap

Pintu bagasi kerap berdecit ketika dibuka

daftar harga Chevrolet Spark 2017

HIngga tulisan ini dibuat, Spark masih dijual dalam kategori baru bahkan sudah tersedia Facelift-nya di tahun 2018. Berikut daftar harga Chevrolet Spark 2017 selengkapnya.

TIPE MOBIL

HARGA CHEVROLET SPARK BARU

Chevrolet Spark 1.4 Premier A/T

IDR. 198.000.000

Video Chevrolet Spark 2017

 

KESIMPULAN Chevrolet Spark 2017

Chevrolet Spark adalah salah satu model yang masih terus dipertahankan hingga kini. Memang kami akui, desain eksterior-nya yang stylish dan mungil terlihat sangat mampu untuk menggoda selera anak muda masa kini. Meski memiliki beberapa kekurangan seperti ruang kaki penumpang yang kurang akomodatif, Chevrolet Spark berhasil memenuhi kebutuhan target pasarnya. Performa mesin di atas rata-rata dipadu transmisi CVT serta fitur keselamatan lengkap menjadikannya sangat mengasyikkan untuk dikendarai di area perkotaan. Menariknya lagi, fitur HSA dan ESC menjadikannya sangat mampu untuk melaju di area tanjakan serta medan licin. Seakan bisa membaca pasar dengan tepat, setidaknya itulah yang ditawarkan Chevrolet untuk mobil City Car mungilnya.

Lantas apa pendapat Anda? Adakah diantara Anda yang sudah mengendarainya? Jika iya, Anda bisa menyampaikan pengalaman kencan Anda dengan Chevrolet Spark 2017 Indonesia di kolom komentar di bawah ini.

>>> Mari klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil