Mengenal Jenis Program Leasing Syariah Beserta Contohnya

30/10/2021

Jual beli

3 menit

Share this post:
Dengan semakin berjamurnya lembaga leasing berbasiskan syariah, mari kita simak apa saja program leasing syariah yang ditawarkan lengkap dengan contohnya.

Dengan kebutuhan masyarakat akan lembaga pembiayaan, kini semakin banyak bermunculan leasing syariah yang dikelola oleh bank syariah hingga berbagai lembaga pembiayaan di Indonesia. Nah bagi Anda yang berminat untuk menggunakan leasing syariah, berikut informasi lebih jauh mengenai apa arti, contoh, serta berbagai macam program seperti dihimpun tim Cintamobil.com

Apa itu leasing syariah?

Saat ini, di Indonesia ada dua tipe lembaga pembiayaan atau leasing. Yang pertama yaitu leasing konvensional dan yang kedua yaitu leasing syariah. Dan seperti namanya, leasing syariah merupakan lembaga pembiayaan yang dibuat dan bergerak sesuai dengan ketentuan-ketentuan syariat Islam.

leasing syariah yang dilakukan di Indonesia
Leasing syariah diberlakukan sesuai dengan syariat Islam

Pada lembaga pembiayaan konvensional, lessee atau nasabah akan mengajukan permohonan leasing kepada lessor atau perusahaan leasing. Lessor nantinya akan memberikan sewa pengadaan barang yang nantinya digunakan oleh lessee. Sedangkan lessee akan membayar sejumlah uang selama masa perjanjian tersebut.

Jika leasing konvensional menetapkan bunga yang mengikuti pembiayaan yang diangsur oleh lessee, maka leasing syariah membebaskan lessee dari bunga yang bisa bertambah besar setiap bulannya. Namun untuk itu, lembaga pembiayaan akan menetapkan akad jual beli yang nantinya akan dibayar oleh lessee, tentu saja bebas bunga.

>>> Perbedaan Leasing Syariah dan Konvensional dengan Akad Jual Beli

Program leasing syariah

Program leasing syariah berlandaskan hukum ‘ijarah’. Kata yang diambil dari Bahasa Arab ini berarti imbalan, atau upah sewa/jasa. Jadi, Ijarah merupakan pemindahan hak guna suatu barang melalui sewa, tanpa diikuti oleh pemindahan kepemilikan. Namun bedanya, ijarah pada leasing syariah fokus pada jasa yang diberikan oleh pihak leasing. Berikut beberapa program maupun prinsip leasing syariah yang digunakan di berbagai lembaga pembiayaan berbasis syariah di Indonesia.

1. Murabahah

Sistem pembiayaan ini menggunakan akad jual-beli antara leasing dan nasabah. Pihak leasing akan membeli barang yang diinginkan oleh nasabah, dan menjualnya kembali sesuai dengan harga beli ditambah dengan margin keuntungan yang sudah disepakati sebelumnya. Semua total biaya nantinya akan dicicil oleh nasabah dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

leasing mobil dimana pengguna membeli mobil
Murabahah merupakan prinsip leasing syariah yang paling sering digunakan

Contoh dari sistem murabahah adalah Anda menunjuk mobil yang diinginkan. Pihak leasing akan membeli mobil tersebut, misalnya dengan harga Rp 200 juta. Misalnya margin keuntungan yang ditetapkan adalah Rp 20 juta dengan tenor 60 bulan, maka Anda harus membayar angsuran dengan total Rp 220 juta, atau Rp 3,7 juta per bulannya.

2. Ijarah Muntahiyah Bittamlik

Disingkat dengan IMBT, ini merupakan sistem yang lebih kompleks dari Ijarah. Disebut juga dengan sewa milik, pihak leasing akan menyewakan barang dalam jangka waktu yang sudah disepakati. Setelah angsuran dilunasi, maka hak milik untuk kendaraan tersebut akan berpindah ke nasabah.

Contohnya tidak berbeda jauh dengan sistem Murabahah. Namun pada akad yang disebutkan adalah pihak leasing menyewakan mobil yang sudah mereka beli kepada nasabah, dengan pembayaran yang sudah ditentukan per bulannya. Setelah angsuran selesai, maka kepemilikan mobil akan diproses kembali sehingga Anda menjadi pemilik penuh dari mobil tersebut.

>>> Tips Memilih Leasing Syariah dan Penyedia Layanan yang Bisa Dipilih

3. Musyarakah Mutanaqisah

Dikenal juga dengan MMQ, ini merupakan salah satu program leasing syariah dengan pembiayaan melalui kerja sama antara pihak leasing dengan nasabah. Nantinya, nasabah akan mengganti porsi modal yang dikeluarkan bank ditambah dengan margin keuntungan yang sudah disepakati.

ilustrasi leasing mobil dengan mobil mainan berwarna merah
Program MMQ menggunakan pembiayaan melalui kerja sama

Contohnya pembelian mobil bekas seharga Rp 200 juta. Untuk pembiayaan MMQ, maka nasabah dan leasing akan membagi berapa biaya yang mereka keluarkan. Misalnya keduanya setuju untuk membagi porsi pembelian 80% dari pihak leasing dan 20% dari pihak nasabah. Nantinya, nasabah akan membayar angsuran senilai Rp 160 juta yang dikeluarkan oleh pihak leasing ditambah dengan margin keuntungan.

Ada banyak lembaga pembiayaan berbasis syariah yang diluncurkan oleh pihak bank maupun perusahaan. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan apa saja program leasing syariah yang Anda gunakan agar pembiayaan dan transaksi yang Anda lakukan mendapatkan berkah.

>>> Temukan pilihan mobil baru dan bekas lainnya hanya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top