Rekomendasi Merek Lampu LED Mobil Terbaik

28/12/2020

Jual beli

4 menit

Share this post:
Rekomendasi Merek Lampu LED Mobil Terbaik
Banyak produk lampu LED dijual di pasaran semuanya mengklaim sebagai yang terbaik. Anyway, berikut rekomendasi lampu LED mobil terbaik yang bisa Anda pertimbangkan.

Semakin banyak produk mobil baru yang mengaplikasikan teknologi LED (Light-Emitting Diode) dan meninggalkan lampu jenis bohlam. Bukan hanya untuk lampu utama (headlamp) bagian depan LED juga digunakan pada perlampuan yang lain hingga lampu-lampu kabin. Beragam merek lampu LED juga mulai banyak dijual di pasaran dengan harga yang beragam pula. Yang jadi pertanyaan, bagaimana memilih lampu LED mobil terbaik dan apa rekomendasinya?

Macam-macam lampu mobil

Menjadi syarat kelayakan kendaraan bermotor beroperasi di jalan raya, keberadaan lampu mobil wajib memenuhi ketentuan dan tidak boleh asal. Lampu mobil wajib memberikan pencahayaan yang baik yang mampu menunjang kenyamanan, dan meningkatkan keselamatan.

Dulu lampu mobil hanya dikenal satu jenis yaitu halogen yang disebut juga bohlam atau lampu pijar. Seiring perkembangan teknologi, lampu mobil juga berkembang. Setidaknya ada 3 jenis lampu mobil yang saat ini digunakan, yaitu Halogen, HID (High Intensity Discharge), dan LED (Light-Emitting Diode).

  • Halogen beroperasi menggunakan filamen dalam suhu tinggi sehingga menghasilkan cahaya terang. Lampu jenis ini juga yang banyak dipakai untuk lampu rumahan.
  • HID (High Intensity Discharge) tidak menggunakan filamen seperti halogen, tapi menggunakan gas xenon. Sesuai namanya, lampu HID memiliki intensitas sinar yang sangat terang. Namun HID menggunakan ballast untuk menyeimbangkan arus listrik agar bisa beroperasi dengan maksimal dan aman.
  • LED (Light Emitting Diodes) lebih 'bersahabat’ dibanding HID. Lampu ini tidak menggunakan ballast dalam pengoperasiannya, tapi tetap membutuhkan relay maupun conversion kit. Ada beragam lampu LED mobil terbaik yang kini makin nge-trend dan banyak digunakan pada mobil keluaran terbaru.

Foto mobil Mercedes Benz dengan lampu bersinar terang

Lampu mobil tak sekadar penerangan, tapi juga mempercantik penampilan

Kelebihan dan kekurangan lampu LED mobil

Beberapa kelebihan lampu LED mobil diantaranya lebih hemat daya listrik (watt) hingga 50 persen dibanding halogen atau bohlam standar, warna lebih terang sehingga meningkatkan visibilitas dan jarak pandang pengemudi, serta harga lebih hemat dibanding bohlam biasa yang original.

Kekurangannya cahaya lampu LED lebih sulit menembus kabut dan hujan, serta membutuhkan penggantian satu modul (set) jika terjadi kerusakan dan bukan hanya unit lampunya saja.

By the way, meski memiliki kekurangan, lampu LED mobil tetap memikat. Terbukti banyak pabrikan mulai menggunakannya pada model terbaru, para pemilik mobil lama juga banyak yang tertarik mengaplikasikannya dengan melakukan modifikasi.

Soal modifikasi lampu, hal tersebut tidak dilarang. Yang penting tidak menyalahi regulasi, yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 Tentang Kendaraan. Pada Pasal 24 ayat 1 disebutkan, bahwa lampu utama dekat dan lampu utama jauh selain Sepeda Motor harus memenuhi persyaratan:

  1. Berjumlah 2 (dua) buah atau kelipatannya;
  2. Dipasang pada bagian depan Kendaraan Bermotor;
  3. Dipasang pada ketinggian tidak melebihi 1.500 (seribu lima ratus) milimeter dari permukaan jalan dan tidak melebihi 400 (empat ratus) milimeter dari sisi bagian terluar Kendaraan; dan
  4. Dapat memancarkan cahaya paling sedikit 40 (empat puluh) meter ke arah depan untuk lampu utama dekat dan 100 (seratus) meter ke arah depan untuk lampu utama jauh.

>>> Serba-serbi Lampu LED Mobil, Perhatikan Kelebihan dan Kekurangannya

Foto Lampu mobil bersinar di malam hari

Lampu mobil harus memenuhi syarat dan ketentuan dari pemerintah

Rekomendasi lampu LED mobil

Ada banyak pabrikan lampu di dunia menghadirkan jenis lampu LED mobil yang bagus. Beberapa diantaranya sudah masuk dan dijual di Indonesia. Sementara yang lain tidak dipasarkan di Indonesia. Berikut rekomendasi lampu LED mobil terbaik 2020!

  • Fortuna LED H4 ETI

Fortuna LED H4 ETI sudah terkenal lampu sorot LED mobil terbaik dan banyak digunakan. Lampu ini hanya membutuhkan daya 30 watt dengan tegangan 12 volt. Beberapa kelebihan yang dimiliki diantaranya warna cahaya putih lebih terang, tidak membuat panas reflektor dan rumah lampu, tidak menyilaukan, tidak menguras daya aki, serta awet. Dari sisi pemasangan juga mudah karena bisa plug and play serta instalasinya juga mudah.

Fortuna LED H4 ETI dijual dengan harga terjangkau di kisaran Rp 1.250.000,00 hingga Rp 1.850.000,00.

Foto Fortuna LED untuk mobil

Fortuna LED H4 ETI salah satu merek lampu LED mobil terbaik

  • Autovision LX8 LED Headlight H4 6500K

Merek lampu LED mobil terbaik kedua yaitu buatan Autovision. Produk dalam negeri asal Bandung ini punya banyak jenis lampu LED mobil yang bagus-bagus. Salah satunya Autovision LED LX8.

Autovision LX8 LED Headlight H4 6500K hanya membutuhkan voltase dan daya 25V-25W saja. Memiliki teknologi yang dapat membuat panas secara maksimal, daya tahannya bisa mencapai 30.000 jam. Sedangkan daya terangnya mencapai 4.000 lumen dengan sorot warna putih 6.500 Kelvin.

Autovision LX8 LED Headlight H4 6500K dijual dengan harga terjangkau di kisaran Rp 1.150.000

Foto Autovision LX8 LED untuk lampu utama mobil

Lampu Autovision, produk dalam negeri

  • Autovision LED Carbon P1 9-30V 45W 5700K

Tak kalah bagus dengan LX8 yaitu Autovision LED Carbon P1 9-30V 45W 5700K. Lampu ini memiliki daya terang 4.500 lumen, warna cahaya 5.700 Kelvin dengan voltase dan daya DC 12V 45W. Daya tahannya mencapai 30.000 jam berkah teknologi pelepas panas Aluminium, tembaga, cairan pendingin, dan double ball fan.

Autovision LED Carbon P1 9-30V 45W 5700K juga dijual dengan harga kisaran Rp 1.150.000

>>> Awal Tahun 2020 Autovison Luncurkan Empat Produk Lampu LED Terbaru

Foto Autovision LED Carbon P1 untuk lampu mobil

Pilih lampu paling sesuai kebutuhan

  • Hypersonic LED H11

Hypersonic LED H11 salah satu lampu LED mobil yang cukup direkomendasikan. Harganya sangat terjangkau sekitar Rp 200 ribu - Rp 300 ribuan, namun pilihannya beragam. Voltase dayanya hanya 12V 55W namun memiliki pancaran cahaya setara 110W. Pilihan warnanya beragam seperti 2.500K untuk sorot warna kuning dan 4.800K untuk warna putih. Jika ingin mencari sorot warna kebiruan juga tersedia.

Foto menunjukkan lampu LED Hypersonic H11

Lampu LED Hypersonic harga terjangkau

  • Osram LED Headlight

Tidak diragukan jika Osram dikenal sebagai produsen lampu kelas dunia. Produknya banyak untuk beragam kebutuhan, termasuk otomotif. Untuk lampu LED mobil terbaik dari merek ini ada banyak pilihan. Misalnya OSRAM 66204CW H4. Dengan temperatur warna 6000K menghasilkan sinar Cool White. Distribusi sinar juga lebih baik untuk penyinaran lebih jauh dan aman. Lampu ini dilengkapi kipas pendingin, serta pemasangannya super gampang, Plug N Play.

OSRAM 66204CW H4 Cool White dijual dengan harga sekitar Rp 1.350.000.

Foto menunjukkan lampu mobil Osram LED

Banyak pilihan lampu LED merek Osram

  • Philips X-Treme Ultinon H4

Lampu merek Philips tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Untuk lampu utama mobil ada beragam pilihan. Misalnya LED Philips X-Treme Ultinon H4. Salah satu lampu LED H4 mobil terbaik ini memiliki LED LUXEON premium dengan 6000 Kelvin. Teknologi SafeBeam memproyeksikan cahaya yang 200 persen lebih terang tepat ke titik yang diperlukan. Lampu ini juga dibuat dengan desain AirFlux canggih agar tahan lama.

Ada lagi Philips X-Treme Ultinon LED gen2 menetapkan standar performa baru untuk LED retrofit. Dengan teknologi Lumileds Altilon SMD yang unik menghasilkan cahaya putih 250 persen lebih terang untuk berkendara yang lebih aman dan nyaman di malam hari.

Kedua lampu Philips X-Treme Ultinon LED diatas dijual dengan harga sekitar Rp 2,5 jutaan (paket lengkap). Dan sekali lagi meski cukup mahal soal kualitas tidak perlu diragukan. Untuk model lain dan harganya, Anda bisa melihat di situs resminya. Atau bisa dilihat toko online maupun toko ritel yang menjadi mitra Philips Indonesia.

>>> Pahami Kapan Waktu yang Tepat Menyalakan Lampu Mobil

Foto menunjukkan Philips X-Tremeultion LED untuk lampu mobil

Lampu LED merek Philips, salah satu yang paling terkenal di dunia

>>> Baca tips dan trik mobil lainnya di sini!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Pahami Kapan Waktu yang Tepat Menyalakan Lampu Mobil

20/08/2020

Pengemudian

5 menit

Terkadang kita beranggapan waktu yang tepat menyalakan lampu mobil adalah ketika berkendara malam hari. Padahal lampu mobil bukan cuma bertujuan untuk membantu penerangan lho!

Lihat juga

Ingin Pasang Stiker Lampu Mobil? Pahami Dulu Jenis-jenisnya

29/01/2020

Pengemudian

5 menit

Teknik aplikasi stiker lampu mobil perlu memperhatikan beberapa hal. Ini agar tidak salah tempel stiker yang akhirnya malah membuat pancaran lampu jadi buram.

Lihat juga

Lampu Mobil Redup, Mungkin Ini Penyebabnya

02/11/2019

Perawatan dan service

5 menit

Lampu mobil memiliki peran yang sangat krusial untuk keselamatan berkendara, maka harus selalu dilihat kondisinya. Jika lampu redup, kira-kira apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya?

Lihat juga

Seperti Apa Tren Modifikasi Lampu Mobil Di Solo?

23/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Saat ini, tren modifikasi lampu mobil terus berkembang secara signifikan mengikuti kemajuan teknologi. Bukan hanya kota besar seperti Jakarta, tren modifikasi lampu mobil juga sudah sampai di kota Solo, seperti apa jelasnya?

Lihat juga

Serba-serbi Lampu LED Mobil, Perhatikan Kelebihan dan Kekurangannya

08/04/2020

Pengemudian

8 menit

Lampu LED mobil mulai familiar digunakan sejak 2004. Namun saat ini, lampu tersebut lebih banyak dipakai oleh produsen mobil-mobil premium. Sebenarnya apa itu lampu LED dan apa saja yang perlu diperhatikan jika akan menggunakan lampu ini?

Lihat juga

Lagi Jadi Tren, Simak Kelebihan dan Kelemahan Lampu LED

28/07/2020

Perawatan dan service

3 menit

Lampu berteknologi Light Emitting Diode (LED) saat ini marak digunakan mobil modern. Memangnya, apa sih kelebihan dan kelemahan lampu yang diklaim lebih hemat energi itu?

Lihat juga
 
back to top