Komparasi Toyota Avanza 1.3E A/T Atau Daihatsu Xenia 1.3R A/T, Harga Beda Tipis Pilih Mana?

21/01/2019
Mempunyai basis sama, tetapi beda sedikit tampilan dan juga beda fitur. Harganya pun beda tipis hanya selisih Rp 3,750 juta saja. Lantas mana yang Anda pilih, Toyota Avanza 1.3E A/T atau Daihatsu Xenia 1.3R A/T?

Kehadiran Toyota Avanza 2019 terbaru juga diikuti saudara kembarnya, Daihatsu Xenia 2019. Kedua produk ini memang mempunyai basis yang sama, tetapi bila dipelajari lebih dalam keduanya mempunyai perbedaan. Secara kasatmata perbedaannya hanya pada tampilan saja. Tapi ternyata bila diperhatikan lebih dalam, ada cukup banyak perbedaan antara keduanya.

Daihatsu Xenia 1.3R mempunyai tampilan yang sedikit berbeda

Daihatsu Xenia tipe 1.3R mempunya tampilan yang tidak jauh berbeda dengan saudara kembarnya

Kali ini kami tidak mengomparasi seluruh variannya. Ada dua varian yang akan kami komparasi yakni Toyota Avanza 1.3E A/T dan Daihatsu Xenia 1.3R A/T. Keduanya mempunyai harga yang berbeda tipis. Toyota Avanza 1.3E A/T dibanderol Rp 202,3 juta, sedangkan Daihatsu Xenia 1.3R A/T harganya sedikit lebih murah yakni Rp 198,55 juta. Selisih hanya Rp 3,75 juta, mana yang akan Anda pilih antara Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia?

>>> Mungkin Anda tertarik: Cuman Beda Rp 3 Jutaan, Pilih New Toyota Avanza Atau Mitsubishi Xpander?

Desain

Secara mendasar baik Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia mempunyai desain yang sama baik di eksterior maupun interior. Seperti lampu utama yang dibuat terpisah, pemakaian lampu LED, dan bumper yang ada lekukan tegas sehingga tampak melebar dan gagah. Tapi ada perbedaan detail seperti bilah grill bila pada Toyota Avanza ada 3 bilang melebar, Daihatsu Xenia hanya 2 bilah. Ini karena Daihatsu membuat aksen krom pada bilah bagian atas sehingga tampak menyatu dengan gril krom atasnya. Selain itu pada bumper, Daihatsu Xenia lebih didominasi warna hitam yang membuatnya terlihat seperti crossover.

Desain depan Toyota Avanza tipe 1.3E

Toyota Avanza tipe 1.3E belum dilengkapi lampu kabut

Tepat diujung kanan dan kiri bumper Daihatsu Xenia 2019 terdapat garis hitam pada fog lamp bezel yang dibuat seolah menyatu hingga bumper belakang. Bagaimana dengan Toyota Avanza? Warna selaras bodi lebih dipilih Toyota dengan fokus pada lekukan tegas pada kanan dan kirinya sehingga terlihat gagah. Toyota Avanza cenderung lebih minimails dalam hal desain eksterior. Seperti halnya celah ventilasi pada bumper belakang. Bila Anda suka tampilan ala crossover, Daihatsu Xenia menjadi pilihan menarik. Tetapi bila Anda ingin tampil lebih maskulin maka Toyota Avanza menjadi pilihan yang ideal.

Ingin tahu detil Toyota New Veloz dan Toyota New Avanza, langsung klik video berikutnya:

>>> Ini pendapat kami mengenai New Toyota Avanza Veloz 2019 terbaru

Fitur

Berbicara soal fitur, mungkin ini yang menjadi pembeda cukup jelas antara Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Penggunaan LED sebagai lampu utama memang membuat pencahayaan lebih terang ketika berkendara di malam hari. Namun saat hujan deras turun, lampu LED justru tidak optimal untuk visibilitas dibandingkan lampu halogen. Disaat ini lampu kabut menjadi penting dimiliki untuk mobil berlampu LED. Daihatsu Xenia 1.3R A/T sudah dilengkapi lampu kabut yang akan membantu pengemudi saat berkendara ditengah hujan deras. Sayangnya, Toyota Avanza 1.3E A/T belum dilengkapi lampu kabut. Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk naik ke tips G.

Untuk fitur hiburan, Daihatsu Xenia sudah menggunakan layar sentuh semua tipe

Daihatsu Xenia tipe 1.3R sudah menggunakan head unit layar sentuh, sedangkan Toyota Avanza belum

Tetapi meski ada lampu kabut, Daihatsu Xenia belum menyematkan fitur ABS (anti-lock braking system). Padahal fitur ini seharusnya sudah menjadi standar untuk keselematan penumpang pada mobil modern. Toyota Avanza sudah menyematkan fitur ABS ini yang membuat pengereman lebih baik saat dalam kondisi darurat atau jalanan licin. Bila Anda sebelumnya terbiasa menggunakan mobil dengan fitur pengereman ini, maka harus ekstra berhati-hati saat membawa mobil Daihatsu Xenia.

Fitur hiburan juga tidak kalah penting untuk sebuah mobil keluarga. Daihatsu Xenia punya keunggulan dalam hal ini karena sudah memakai headunit layar sentuh bahkan sejak tipe terendahnya. Sedangkan Toyota Avanza 1.3E A/T masih menggunakan head unit 2DIN belum layar sentuh. Selain itu Daihatsu Xenia 1.3R A/T sudah memakai kamera parkir sehingga memudahkan pengemudi ketika parkir mundur. Sementara Toyota Avanza 1.3E A/T hanya sensor parkir saja.

Tidak ada perbedaan mesin antara Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 1.3

Baik Daihatsu Xenia maupun Toyota Avanza tidak melakukan ubahan pada mesin 1.3 mereka

Mesin

Masuk ke sektor performa, keduanya sama-sama mengandalkan mesin berkapasitas 1.329 cc yang sudah dibekali teknologi Dual VVT-i. Tidak ada perbedaan sama sekali keduanya. Tenaga maksimumnya sama-sama 96,5 Ps pada 6.000 Rpm dengan torsi maksimum 12,3 Kgm di 4.200 Rpm. Tenaga tersebut sudah cukup bila Anda tidak terlalu banyak membawa muatan. Tetapi bila sering membawa muatan banyak maka idealnya memilih Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia bermesin 1.500 cc.

Daihatsu Grand New Xenia 2019 hadir dengan berbagai perbedaan dari Avanza dan tentunya masih dengan harga yang tidak berubah:

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Mahmudi Restyanto

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain