Cuman Beda Rp 3 Jutaan, Pilih New Toyota Avanza Atau Mitsubishi Xpander?

17/01/2019

Jual beli

4 menit

Cuman Beda Rp 3 Jutaan, Pilih New Toyota Avanza Atau Mitsubishi Xpander?
Tepatnya dengan selisih harga Rp 3.350.000 saja, Anda mungkin akan bingung ketika ingin menentukan mobil LMPV pilihan Anda. mending pilih New Toyota Avanza atau Mitsubishi Xpander ya?

PT. Toyota Astra Motor seakan menabuh genderang perang di pasar mobil tahun 2019 ini. Lihat saja, baru bulan Januari 2019 saja, sudah dua produk andalan mereka yang dilempar ke pasar. Yang pertama All New Toyota Camry 2019, dan yang paling hot adalah New Toyota Avanza 2019. Nah, dengan uang hanya selisih Rp 3 jutaan saja, atau tepatnya Rp. 3,35 juta mending pilih mana? New Toyota Avanza 2019 atau Mitsubishi Xpander? Kami sengaja memilih varian menengah dan tidak memilih varian tertinggi dari masing-masing mobil, yaitu Veloz dan Ultimate, karena perbedaan harga yang terlalu jauh, yaitu mencapai Rp 16 jutaan.

Tampak New Toyota Avanza 1.5 G M/T vs Mitsubishi Xpander Exceed

Dengan harga berbeda sedikit mana yang terbaik? New Toyota Avanza atau Mitsubishi Xpander?

Dengan harga OTR Jakarta Rp 224.600.000 Anda dapat membawa pulang sebuah Mitsubishi Xpander tipe Exceed dengan transmisi manual. Sementara jika Anda menghemat uang sekitar Rp 3.350.000, Anda bisa memboyong sebuah New Toyota Avanza bermesin 1500 cc yang sama-sama menggunakan transmisi manual 5 percepatan. Lalu, apakah worthed mengeluarkan uang sebesar Rp 221.250.000 untuk produk andalan geng Sunter ini dibandingkan dengan LMPV yang sempat menyandang “terbaik dikelasnya” selama kurang lebih 2 tahun terakhir? Ada 4 parameter inti yang kami bandingkan secara apple to apple antara New Toyota Avanza 1.5 G M/T melawan Mitsubishi Xpander Exceed M/T ini.

>>> Ini pendapat kami mengenai New Toyota Avanza Veloz 2019 terbaru

1. Desain

Tampak Mitsubishi Xpander Exceed M/T berwarna putih

Mitsubishi Xpander Exceed M/T memiliki desain lebih menarik (foto kami menggunakan tipe Sport, bedanya hanya front guard Exceed berwarna hitam)

Tampak New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 berwarna abu abu hitam

Tampilan depan New Toyota Avanza terinspirasi dari Toyota Voxy dan Toyota Vellfire (foto kami menggunakan tipe G 1300 yang sama persis dengan 1500)

Hal pertama yang sangat menjadi pertimbangan bagi konsumen yang membeli mobil dikelas ini adalah dari sisi desain. Oke, kita mulai dari tampilan luarnya terlebih dahulu. Di sini New Toyota Avanza 1.5 G M/T tampil lebih baru, ya wajar saja, kan baru minggu ini diluncurkan. Meski, hanya ubahan kecil, namun value dari mobil ini menjadi bertambah baik. Lampu utama dengan bohlam LED merupakan yang pertama dan satu-satunya dikelasnya. Rival lainnya termasuk sang Mitsubishi Xpander Exceed M/T ini saja masih menggunakan bohlam lampu bertipe halogen biasa.

Tampak tampialn belakang Mitsubishi Xpander Exceed M/T

Meski sudah hampir 1,5 tahun beredar di jalanan Indonesia, tampilan belakang Xpander belum membosankan

Tampak tampilan belakang New Toyota Avanza 1.5 G M/T

Sayangnya tampilan belakang New Toyota Avanza 2019 minim ubahan dan masih identik dengan varian sebelum facelift

Dari sisi samping terlihat New Toyota Avanza 1.5 G M/T ini masih menggunakan basis yang sama dengan Avanza sebelum mengalami facelift. Terlihat dari jarak sumbu roda depan dan belakang (wheelbase) masih sama, pun demikian dengan panjang, tinggi, serta lebar total kendaraannya. Disisi lain, ini merupakan hal positif, karena rata-rata jalanan di Indonesia masih bisa dilalui oleh LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) andalan geng Sunter ini dengan sangat mudah, apalagi dengan mekanisme penggerak roda belakang yang membuat kerja as roda depan menjadi lebih ringan. Secara dimensi total Mitsubishi Xpander Exceed M/T lebih besar dari LMPV racikan Astra grup itu.

>>> Mobil terlaris di Indonesia ini sudah kami ulas secara lengkap, mendalam, dan detail

Tampak Brosur New Toyota Avanza

New Toyota Avanza sudah mengadopsi headlamp dengan bohlam LED yang merupakan pertama dikelasnya

Sisi konvensional dari New Toyota Avanza juga masih sangat kentara disini, terlihat kalau memang New Avanza 1.5 G M/T ini hanya mengandalkan ubahan tampilan depan dan belakang. Berbeda sekali dengan Mitsubishi Xpander Exceed M/T yang seolah tampil dari ‘dunia lain’ karena desainnya begitu nyentrik dengan siluet tegas huruf X di bagian depan. Well, ini memang hanya masalah selera, namun bagi kami masing-masing dari produk andalan Jepang ini memiliki nilai positif tersendiri. Untuk desain kami lebih menyukai Mitsubishi Xpander Exceed M/T, sedangkan untuk fungsi poin lebih harus kami jatuhkan ke New Toyota Avanza karena headlampnya sudah LED.

2. Fitur Dan Akomodasi

Tampak Layout interior New Toyota Avanza 1.5 G M/T

Kontrol AC pada New Toyota Avanza 1.5 G M/T sudah digital dan head unitnya mengadopsi layar sentuh dengan banyak fungsi

Bicara soal fitur, nampaknya LMPV dari Mitsubishi ini harus bertekuk lutut dengan jagoan asal Sunter ini. Karena dalam kondisi standar, hanya New Toyota Avanza 1.5 G M/T yang dilengkapi dengan head unit touch screen dengan banyak fitur serta kontrol AC sudah digital. Meski secara fungsi, kontrol AC digital pada New Toyota Avanza 1.5 G M/T tidak selengkap milik Mitsubishi Xpander Exceed M/T, karena ada pengaturan arah semburan AC ke kaki, maupun ke badan. Untuk pengaturan posisi mengemudi Mitsubishi Xpander Exceed M/T memiliki fitur tilt steering dan maju mundur atawa teleskopik yang membuat posisi mengemudi LMPV andalan pabrikan berlogo tiga berlian ini mengungguli New Toyota Avanza 1.5 G M/T yang hanya bisa naik dan turun saja alias tilt steering. Pun demikian dengan rasa joknya, jok Mitsubishi Xpander Exceed M/T sedikit lebih empuk bila dibandingkan dengan New Toyota Avanza 1.5 G M/T.

>>> Tips dan trik untuk jual beli mobil anda bisa dilihat disini

Layout tempat duduk Mitsubishi Xpander Exceed M/T

Akomodasi terbaik dalam komparasi ini, akan Anda dapatkan di Mitsubishi Xpander Exceed M/T

Namun, untuk masalah akomodasi, New Toyota Avanza 1.5 G M/T harus mengakui keunggulan dari Mitsubishi Xpander Exceed M/T yang menyajikan ruang kaki dan kepala yang lega pada kursi baris kedua dan ketiga. Sayangnya meski Mitsubishi Xpander Exceed M/T secara akomodasi lebih unggul, sandaran kepala alias headrest tidak tersedia untuk penumpang yang duduk ditengah pada kursi baris kedua, serta seatbelt yang tersedia hanya ada 2 titik. Sementara New Toyota Avanza sudah menyediakan sabuk pengaman 3 titik untuk semua penumpang dan juga headrest yang proper.

>>> Ini dia kembaran Toyota Avanza yang mendapat suntikan tenaga baru

3. Performa

Tampak Xpander in action

Meski tenaga Mitsubishi Xpander lebih kecil 1 Hp dari Avanza, namun performanya lebih baik

Di sektor dapur pacu, Mitsubishi Xpander Exceed M/T berhasil memaksa lawannya untuk mengakui keunggulan mesin berkode 4A91 miliknya. Dari sisi tenaga dan torsi yang dihasilkan, mesin 2NR-VE memang bertenaga 1 Hp lebih besar bila dibandingkan dengan mesin miik Xpander. Namun untuk torsi yang dihasilkan, 141 Nm di mesin 4A91 di balik kap mesin Mitsubishi Xpander Exceed M/T hanya butuh putaran mesin 4000 rpm. Sementara untuk mencapai torsi maksimum 13,9 kg-m atau sekitar 136,4 Nm di engine crank New Toyota Avanza G 1.5 M/T, butuh putaran mesin 4200 rpm. Ini membuat, stop and go terasa lebih effortless di Mitsubishi Xpander Exceed M/T.

>>> Mau beli Toyota Avanza generasi kedua dalam keadaan bekas? Lihat dulu tips dari kami disini

Tampak Mesin 4A91 Mitsubishi Xpander

Torsi dari mesin berkode 4A91 yang digunakan Mitsubishi Xpander lebih besar dari mesin 2NR-VE milik Avanza

Apalagi didukung dengan mekanisme penggerak roda depan membuat loss tenaga pada Mitsubishi Xpander Exceed M/T menjadi lebih minim bila dibandingkan dengan New Toyota Avanza 1.5 G M/T yang pakai penggerak roda belakang. Namun sayangnya untuk ketangguhan, Mitsubishi Xpander Exceed M/T belum teruji layaknya New Toyota Avanza 1.5 G M/T. Jelas saja, Avanza sudah hadir di pasar mobil Indonesia sejak 15 tahun yang lalu, dan sudah jelas terbukti minim keluhan, tangguh, dan hampir enggak rusak-rusak.

>>> Baca juga: Harga Toyota Avanza Januari 2019, Tampilkan Wajah Baru Tanpa Naik Harga

Tampak tuas transmisi manual 5 percepatan di New Toyota Avanza 1.5 G M/T

Transmisi manual 5 percepatan milik New Toyota Avanza 1.5 G M/T memiliki rasio gigi yang kasar

Apalagi dengan mekanisme penggerak belakang, New Toyota Avanza 1.5 G M/T akan jauh lebih awet kaki-kaki depannya, bila dibandingkan dengan Mitsubishi Xpander Exceed M/T. Hal ini bisa terjadi karena kerja kaki-kaki depan murni hanya menahan beban mesin, dan meredam guncangan dari jalan, tidak terbeban saat mobil harus berakselerasi, dan berdeselerasi. Namun, untuk redaman suspensi, lagi-lagi New Toyota Avanza 1.5 G M/T harus belajar banyak dari Mitsubishi Xpander Exceed M/T, karena karakter suspensi Xpander lebih nyaman dan dewasa.

>>> Mitsubishi Xpander harus tarik nafas melawan duo Astra yang baru saja dirilis, ini faktanya

Tampak Mesin 2NR-VE New Toyota Avanza serupa Daihatsu Xenia

Layout penggerak roda belakang di New Toyota Avanza 1.5 G M/T membuat kaki-kaki mobil ini sangat tangguh

4. Kesimpulan

Tampak New Toyota Avanza 1.5 G M/T warna grey metallic

Berkat fitur safety, harga jual dan segala kelengkapan barunya, New Toyota Avanza 1.5 G M/T berhasil memenangkan komparasi ini

So, yang mana yang harus dipilih? Sebenarnya hal ini kembali lagi pada Anda yang memiliki uang untuk membeli mobil. Namun, jika kami ada di posisi Anda, kami akan berlaku rasional dengan membeli New Toyota Avanza 1.5 G M/T. Mengapa? Bukan hanya karena harganya lebih murah, tapi Anda harus ingat pasar LMPV adalah pasar mobil yang rasional bukan emosional. Dengan jaringan purna jual Toyota yang sudah tersebar sangat luas, Anda enggak perlu khawatir untuk membawa New Toyota Avanza 1.5 G M/T ini kemanapun. Apalagi dimensinya kompak dan fitur keamanannya lebih lengkap dari Xpander. Namun, jika Anda menginginkan mobil yang tampilannya nyentrik maka belilah Mitsubishi Xpander Exceed M/T.

Inilah mobil yang paling ditunggu-tunggu, Toyota New Avanza 2019. Mobil ini mendapat berbagai ubahan pada eksterior sekaligus dengan tambahan fitur-fitur baru tanpa adanya perubahan harga. 

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top