Pahami Kelebihan dan Kekurangan Ford Fiesta Sebelum Membelinya

12/06/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Pahami Kelebihan dan Kekurangan Ford Fiesta Sebelum Membelinya
Beberapa kelebihan dan kekurangan Ford Fiesta berikut ini wajib Anda ketahui jika berniat membeli hatchback pintar tersebut. Apalagi kini harga bekasnya amat terjangkau.

Ford Fiesta merupakan hatchback memesona yang kini kehilangan pamornya. Hal tersebut seiring berakhirnya kiprah PT Ford Motor Indonesia (FMI) di Tanah Air. Sehingga banyak konsumennya yang "kabur" karena khawatir akan keberlangsungan layanan purna jual pasca FMI minggat dari Indonesia.

Sangat disayangkan memang, mengingat Fiesta memiliki sejumlah kelebihan dibanding hatchback lainnya. Akibatnya, saat tak ada lagi produk terbarunya, peminat Ford Fiesta bekas masih tetap ada.

Anda tertarik menjadi satu diantara beberapa calon pembeli Fiesta seken? Sebaiknya pahami dahulu kelebihan dan kekurangan Ford Fiesta dari Cintamobil.com berikut ini. Sehingga nantinya Anda mengerti apa yang harus mendapat perhatian dari bagian mobil tersebut. Mengingat usia mobil ini sudah ada yang lebih dari 5 tahun.

Berikut kelebihan dan kekurangan Ford Fiesta yang wajib Anda perhatikan.

1. Kelebihan Ford Fiesta

Ford Fiesta bekas dijual

Desain stylishnya masih cukup memikat hingga saat ini

Seperti yang sudah disebutkan pada awal tulisan tadi, Fiesta merupakan hatchback pintar dari Ford. Jika dilihat jauh ke belakang, sebenarnya Fiesta sudah dihadirkan Ford sejak 1976. Namun baru pada Fiesta generasi ketujuh yang muncul di era 2009, FMI memboyong model ini ke Tanah Air.

Awalnya Fiesta hanya datang dalam tipe body hatchback dengan pilihan varian 1.4 Style, 1.4 Trend, dan 1.6 Sport. Mengingat peminatnya semakin berkembang, FMI pun menyediakan model sedan dari Fiesta dengan varian 1.4 Trend dan 1.6 Sport.

Berselang beberapa tahun berikutnya, Ford menambah varian Fiesta yang menggunakan mesin 1.0-liter 3 silinder dengan tambahan turbo. Varian ini dinamakan Ford Fiesta Ecoboost. Dimasanya, mungkin Fista satu-satunya hatchback kelas medium yang memakai mesin 3 silinder 1.000 cc turbo. Tapi awan kelam langsung menggelayuti FMI tak berselang lama Fiesta Ecoboost dirilis. Akhirnya, model inilah menjadi varian terakhir dari Fiesta yang ada di Indonesia.

Ford Fiesta Ecoboost dijual

Varian Ecoboost menggunakan mesin 3 silinder turbo

Meski begitu, Fiesta terkenal memiliki kenikmatan berkendara yang cukup baik. Pengendaliannya terbilang presisi walau bukan yang terbaik di kelasnya. Selain itu, mobil ini juga punya kekedapan kabin yang patut diacungi jempol. Apalagi ditambahn posisi duduk yang nyaman serta desain jok yang juga pas dengan lekuk tubuh pengemudinya.

Kelebihan lain dari Ford Fiesta adalah desainnya yang terlihat begitu stylish. Diera popularitasnya, mobil ini banyak dipilih wanita muda demi menunjang kegiatan karir atau studinya. Beberapa pengusaha muda juga terlihat menyukai desain Fiesta kala itu.

Dan selain yang telah disebutkan tadi, satu kelebihan yang tidak dimiliki hatchback lain namun ada pada Fiesta adalah fitur voice command. Sebuah fitur perintah suara yang dapat mengaktifkan fungsi sistem audio, mengganti channel radio atau track lagu pada CD, hingga perintah untuk menghubungi seseorang melalui jaringan Bluetooth yang terkoneksi dengan ponsel pengemudi.

>>> Spesifikasi Lengkap Ford Fiesta 2014 Indonesia

2. Kekurangan Ford Fiesta

Ford Fiesta interior

Perhatikan modul transmisi yang cenderung mudah rusak

Bicara tentang kelebihan dan kekurangan Ford Fiesta, maka Anda wajib memahami problematika yang biasanya muncul pada mobil ini. Yang paling krusial adalah pada sistem transmisi. Mengingat Fiesta menggunakan transmisi pintar dual clutch, maka jika bagian ini kurang mendapat perawatan akan berakibat kerusakan parah.

Yang paling sering dikeluhkan adalah modul transmisi atau Transmission Control Module (TCM) yang sudah rusak. Penyebabnya cukup banyak, bisa karena usia pakai kendaraan tersebut atau karakteristik pengemilik sebelumnya. Karena transmisi model dual clutch beda karakter dibanding transmisi otomatis biasa maupun CVT. Kebiasaan tetap memposisikan tuas transmisi pada "D" saat macet, ditenggarai jadi penyebab modul transmisi ini cepat rusak.

Selain itu letak modul transmisi ini juga dinilai terlalu rendah, sehingga rawan terkena air manakala mobil melintas jalanan dengan air yang menggenang. Hal lainnya yang bisa merusak komponen ini adalah hawa terlalu panas dari ruang mesin yang lama kelamaan mempengaruhi kinerja komponen tersebut. Jika sudah rusak, perpindahan gigi tidak akan semulus sebelumnya.

Kemudian hal perlu diperhatikan lainnya sebelum membeli Ford Fiesta bekas adalah memastikan seluruh fitur pada mobil ini masih berfungsi dengan baik. Misalnya saja fitur voice command yang menjadi andalannya. Pastikan fitur masih bekerja untuk mendeteksi perintah suara. Lalu sistem elektrik lainnya seperti lampu-lampu, pengaturan kaca jendela, spion, dan sebagainya juga wajib dipastikan berfungsi dengan baik.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas paling lengkap ada disini

3. Harga Ford Fiesta Bekas

Ford Fiesta bekas dijual

Harga Ford Fiesta bekas kini amat terjangkau

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan Ford Fiesta, jika Anda tertarik dengan hatchback berbendera Amerika ini maka perlu mengintip berapa harga mobil bekasnya. Populasi Fiesta di Indonesia ada pada periode 2010 hingga 2016, dan pasaran harga bekasnya sudah amat terjangkau.

Berikut harga mobil bekas Ford Fiesta berdasarkan listing jual beli mobil di Cintamobil.com:

Model Harga
Ford Fiesta 2010 Rp 85.000.000
Ford Fiesta 2011 Rp 74.500.000 - Rp 95.000.000
Ford Fiesta 2012 Rp 78.000.000 - Rp 115.000.000
Ford Fiesta 2013 Rp 86.000.000 - Rp 125.000.000
Ford Fiesta 2014 Rp 100.000.000 - Rp 127.000.000
Ford Fiesta 2015 Rp 130.000.000
Ford Fiesta 2016 Rp 135.000.000

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar mobil baru dan mobil bekas klik disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top