Review Ford Fiesta WRC 2018

01/01/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,5
Di tangan yang tepat, mobil apapun bisa kencang, sama seperti Ford Fiesta WRC 2018 ini, di tangan seorang Sebastian Ogier, mobil ini mampu membawanya menjadi juara dunia World Rally Championship 2018. Penasaran teknologi apa saja yang tersemat dibalik Ford Fiesta WRC 2018 ini? Ikuti terus ulasan dari kami mengenai mobil ini.

PENGANTAR Ford Fiesta 2018

Gambar mobil Ford Fiesta WRC 2018 Sedang Beraksi Di Lintasan Reli

Di tangan Sebastian Ogier Ford Fiesta WRC 2018 mampu menjadi 'monster' di lintasan reli

Review Ford Fiesta WRC 2018 - Sejarah Ford di reli dunia sudah dimulai sejak tahun 1978, dimana saat itu dimotori oleh pereli Hannu Mikola yang menjuarai reli dengan mobil Ford Escort WRC, sejarah panjang tersebut membawa pabrikan dengan logo khas 'blue oval' ini menjadi salah satu pabrikan yang paling disegani di dunia reli. Pembahasan kita lompat ke tahun 1998 hingga 2000an awal, dimana saat itu tim Ford World Rally Team diperkuat oleh pereli legendaris Colin McRae. Saat itu bisa dibilang McRae sangat elegan dalam membawa Ford Focus WRC-nya, sayangnya karena pompa air mobil yang ilegal membuatnya harus menelan pil pahit kekalahan karena didiskualifikasi oleh panitia lomba. Bisa dibilang Ford mengalami musim-musim sulit pada tahun 1998 hingga 2005. Barulah pada tahun 2006 dan 2007 Ford meraih juara dunia manufuktur bersama pereli asal Finlandia Marcus Gronholm dan Markko Martin dengan Ford Focus RS WRC 2006.               

Gambar Empat Mobil Peserta Utama Kelas WRC 2018

Hebatnya meski Fiesta WRC 2018 teknologinya tidak secanggih rival lainnya, Ia mampu menjadi juara dunia WRC 2018

Era M-Sport sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2006, bersamaan dengan Ford World Rally Team meraih juara dunia konstruktor. Saat itu M-Sport bisa dikatakan hanyalah 'anak bawang' karena berstatus sebagai tim Privateer yang hampir tidak masuk radar juara. Namun, 10 tahun berlalu tim M-Sport menjadi tim reli yang sangat diperhitungkan oleh tim lain, bahkan tim pabrikan sekelas PSA (Peugeot Citroen, red), Mini, hingga Toyota. Era kejayaan M-Sport World Rally Team hadir tepatnya tahun 2017 lalu, lewat tangan dingin pereli bertalenta hebat Sebastian Ogier, mampu membuat tim ini sangat disegani. Begitu pula dengan Ford Fiesta WRC 2018 yang kami sedang ulas ini, lewat kehebatan Ogier, Ford Fiesta WRC 2018 yang kalau boleh jujur teknologinya agak kalah dibanding dengan mobil reli pabrikan yang dana risetnya bisa dibilang tidak terbatas. Ford Fiesta WRC 2018 ini mampu memenangi 4 seri dari 13 seri reli dunia tahun 2018.

Gambar menunjukkan Sebastian Ogier and Julien Ingrassia In Action With Ford Fiesta WRC 2018

Lewat tangan dingin Ogier, Ford Fiesta WRC 2018 mampu memenangi total 4 seri kemenangan dari 13 seri yang dilaksanakan tahun 2018

Namun, bukan berarti sisi teknis dari Ford Fiesta WRC 2018 tidak layak untuk disimak, kami akan mengulas mobil ini hanya untuk Anda. Bahkan, kabar terbarunya untuk tahun 2019 ini, tim M-Sport World Rally Team tetap mengandalkan mobil Ford Fiesta WRC 2018 spek 2018. Karena dinilai masih layak untuk bertanding di kejuaraan reli tahun 2019. Yang mobil terbaru alias All New Fiesta malah untuk kelas dibawahnya yaitu kelas WRC 2 yang juga mengandalkan Ford Fiesta namun dengan mesin 3 silinder turbocharger EcoBoost dengan tenaga maksimum 200 hp serta torsi 290 Nm. Nah, bagaimana pendapat kami mengenai Ford Fiesta WRC 2018 mobil yang sudah mengantar Sebastian Ogier memenangi juara dunia reli hingga dua kali ini? Berikut ini kami sajikan lengkap hanya untuk Anda pembaca setia artikel di Cintamobil.com.

EKSTERIOR Ford Fiesta 2018

Review Ford Fiesta WRC 2018 : Tampilan Depan

Tampak Tampilan depan Ford Fiesta WRC 2018 dengan sticker red Bull

Ford Fiesta WRC 2018 ini tampilan depannya begitu agresif layaknya mobil reli zaman dulu

Tampilan depan mobil reli Ford Fiesta WRC 2018 ini begitu agresif, layaknya mobil reli jaman dulu yaitu grup B. Sebagai info saja, grub B adalah kelas dalam World Rally Championship yang diisi mobil-mobil bertenaga monster, seperti Audi Quattro, Lancia Delta S4, Lancia 037 Rally, dan sebagainya. Sayap besar di sisi sepatbor kanan dan kirinya bukan untuk gaya semata, melainkan untuk membantu aerodinamika dan meningkatkan daya tekan alias downforce Ford Fiesta WRC 2018 ke permukaan jalan. Maklum saja, mobil ini bersistem penggerak 4 roda, otomatis dibutuhkan traksi yang kuat agar menjaga mobil tetap pada jalurnya ketika Ford Fiesta WRC 2018 sedang bermanuver ekstrim. Lampu depannya sudah menggunakan LED dan diberi penerangan tambahan saat harus melaju di kondisi malam hari atau salju.

Review Ford Fiesta WRC 2018 : Tampilan Samping

Tampak tampilan samping Ford Fiesta WRC 2018 dengan sticker redbull dan Castrol di bagian sampingnya

Tampilan samping Ford Fiesta WRC 2018 ini mirip dengan versi 'masal' nya yang pernah kami review

Ketika dilihat dari samping, tampilan samping Ford Fiesta WRC 2018 ini masih tetap mirip dengan versi 'massal'-nya. Bedanya, sayap ekstra besar bertengger dibelakang mobil, serta pelek ekstra ringan bikinan OZ Racing dengan ukuran 18 inchi (khusus tarmac atau aspal) dibalut dengan karet bundar Michelin rally spec tidak akan Anda temukan di Fiesta standar. Bahan bodi mobil ini menggunakan campuran antara serat karbon dengan FRP (Fiber Rainforced Plastic) yang lebih ringan namun juga lebih kuat. Beberapa panel khusus seperti sayap di buritan, lalu spion beserta dudukannya menggunakan bahan karbon fiber yang ringan, kuat, dan mahal. Kaca jendelanya juga unik pengoprasiannya, karena tidak bisa dibuka melalui tuas macam power window mobil biasa, namun Anda harus menggeser-nya agar jendela Ford Fiesta WRC 2018 ini dapat terbuka, oh ya kaca mobil ini juga terbuat dari campuran bahan polycarbonat khusus.

Review Ford Fiesta WRC 2018 : Tampilan Belakang

Tampak tampilan belakang Ford Fiesta WRC 2018 dengan sticker Redbull

Sayap belakang ekstra besar mengingatkan kepada mobil reli kelas 'monster' yakni reli kelas grup B

Lanjut ke bagian buritan mobil ini, sayap ekstra besar yang terbuat dari karbon fiber mendominasi tampilan belakang mobil ini. Sayap ini digunakan lag-lagi bukan sebagai bahan gaya-gayaan semata, karena sama seperti penjelasan di tampilan depan mobil ini. Ford Fiesta WRC 2018 ini membutuhkan grip yang besar agar dapat melaju lebih terkendali, di berbagai permukaan trek. Sayap tersebut terdiri dari dua buah sirip besar, sirip yang pertama alias yang paling atas berfungsi untuk mengalirkan arah angin dari atap mobil guna membantu aerodinamika Ford Fiesta WRC 2018 ini, sedangkan sirip kedua dibentuk lebih mengkurva agar aliran angin yang berhembus dari bagian samping kanan dan kiri kendaraan dapat diarahkan untuk menekan kebawah guna mendapatkan efek downforce yang kuat sehingga grip ban Michelin dapat terbantu dengan baik jadi Ford Fiesta WRC 2018 ini dapat melaju lebih kencang di trek apapun.

>>> Baca juga:

INTERIOR Ford Fiesta 2018

Review Ford Fiesta WRC 2018 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout dasbor Ford Fiesta WRC 2018

Jika versi produksi masalnya ramai akan kelengkapan dan fitur maka tidak di Fiesta versi 'buas' ini

Sebelumnya kami pernah mengulas Ford Fiesta versi produksi masal, dimana disana banyak sekali fitur yang menjadi gimmick menarik bagi pengemudi maupun penumpang. Namun, hal tersebut tidak akan Anda temui pada Ford Fiesta WRC 2018 ini. Dasbornya klimis sekali alias tidak terlihat fitur apapun. Namun terlihat rollnar besar yang tentunya sistem pengelasannya sudah mengikuti standar FIA dan mampu menahan setidaknya 7 kali bobot mobil ketika Ford Fiesta WRC 2018 harus terguling karena kesalahan driver mengantisipasi atau hal lainnya. Lalu, terlihat sebuah LCD besar di depan setir driver, LCD tersebut berisi berbagai informasi yang dibutuhkan ketika balapan seperti posisi gigi, putaran mesin, dan juga kondisi pompa air dan pompa oli. Penggunaan warna hitam pada dasbor juga bukan tanpa alasan, karena warna hitam tidak memantulkan sinar matahari yang berakibat driver menjadi silau.

Review Ford Fiesta WRC 2018 : Isi Bagasi

Gambar menunjukkan isi bagasi Ford Fiesta WRC 2018

Mungkin Anda penasaran apa sebenarnya isi bagasi sebuah mobil yang berlaga di kejuaraan dunia reli

Mungkin banyk dari Anda yang penasaran apa saja isi bagasi dalam sebuah mobil yang berpartisipasi dalam kejuaraan reli dunia seperti Ford Fiesta WRC 2018 ini. Sebenarnya, tidak ada yang khusus, selain tabung pemadam kebakaran,  rompi darurat, kunci-kunci pas serta peralatan mekanikal lainnya yang dibutuhkan untuk mereparasi ringan kerusakaan di Ford Fiesta WRC 2018 ini. Namun di bagasi Ford Fiesta WRC 2018 ini juga terdapat sebuah ban cadangan dengan spesifkasi yang sama dengan yang sedang digunakan oleh mobil. Jadi, andai kata mobil sedang melaju di trek aspal dengan ban dan pelek ring 18 inchi, maka ban cadangan yang dibawa juga dengan ukuran yang sama. Sebaliknya, jika mobil sedang berlaga di trek gravel, maka ban cadangan yang dibawa adalah ban dan pelek dengan ukuran 15 inchi sesuai dengan regulasi kejuaraan World Rally Championship.

Review Ford Fiesta WRC 2018 : Kursi Dan Posisi Mengemudi

Kursi Dan Posisi Mengemudi Mobil Reli Ford Fiesta WRC 2018

Ada dua versi kursi di Ford Fiesta WRC 2018 yakni lansiran Sparco dan Recaro, masing-masing berstandar FIA

Kursi yang digunakan di mobil ini juga dirancang khusus untuk drivernya. Pengaturannya pun dibuat fixed. Serta sebenarnya ada dua versi kursi di Ford Fiesta WRC 2018 ini, yakni lansiran Sparco dan juga Recaro. Keduanya sama-sama berstandar FIA dan sudah terbukti mampu 'mengikat' dengan erat si driver dan juga co-driver ketika terjadi kecelakaan. Namun, pada kenyataanya kursi keluaran Sparco lengkap dengan seatbelt-nya yang paing sering digunakan oleh Sebastian Ogier dan Julian Ingrassia ketika berlomba. Kursi merek Recaro mahal dijadikan kursi resmi pada Ford Fiesta R2 2019 yang nantinya juga akan kami ulas secara lengkap dan mendalam, seperti biasanya kami mengulas mobil secara tepat, akurat dan juga mendalam.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

FITUR Ford Fiesta 2018

Review Ford Fiesta WRC 2018 : Pedal Box

Gambar Pedal box Brembo Ford Fiesta WRC 2018

Teknik heal and toe maupun left foot braking yang dilakukan oleh pereli akan semakin dipermudah dengan penggunaan pedal box lansiran Brembo ini

Pertama, jangan bayangkan kami akan mengulas fitur seperti kebanyakan mobil 'normal', kami akan lebih banyak mengulas berbagai fitur yang berguna di mobil ini. Karena secara peruntukannya mobil Ford Fiesta WRC 2018 ini digunakan untuk reli. Salah satu fitur yang jadi sorotan kami adalah pedal box lansiran Brembo. What? Brembo? Yes, Anda tidak salah baca, karena memang Ford Fiesta WRC 2018 ini menggunakan pedal box lansiran Brembo yang kondang didunia pengereman kendaraan itu. Bahan pedal box yang digunakan di Ford Fiesta WRC 2018 ini adalah aluminium dengan kualitas tinggi yang ringan namun juga kuat. Pedal box akan sangat membantu pereli dalam melakukan kontrol terhadap mobilnya, tak terkecuali dengan Ford Fiesta WRC 2018 ini, dengan pedal box berkualitas maka aksi left foot braking, heal and toe, akan dengan mudah dilakukan oleh Sebastian Ogier, dan Elyfn Evans dalam mengontrol Ford Fiesta WRC 2018.

Review Ford Fiesta WRC 2018 : Rem Spesial

Gambar menunjukkan Sistem rem Brembo 4 piston di Ford Fiesta WRC 2018

Rem lansiran Brembo dengan 4 piston dikeempat rodanya menjamin mobil dapat berhenti sempurna dengan jarak yang sangat pendek

Rem yang disematkan pada keempat roda Ford Fiesta WRC 2018 ini juga sangat spesial, karena menggunakan kaliper 4 piston dipadu dengan cakram alias pringan 300 mm untuk bagian depan dan juga belakang untuk trek gravel dan tanah, serta ukuran cakram 375 mm pada bagian depan, dan 355 mm untuk bagian belakang saat mobil ini berlaga di trek aspal. Semua jenis cakramnya juga mengadopsi merek yang sama yakni Brembo serta sudah berventilasi. Mungkin Anda penasaran, mengapa ukurannya berbeda untuk penggunaan di gravel dan aspal? Itu semua disebabkan karena karakter bermanuver dikedua jenis trek tersebut berbeda. Saat Ford Fiesta WRC 2018 melaju di trek gravel pereli banyak melakukan sideways dan hard turning menggunakan hand brake. Berbeda ketika melaju di trek aspal, yang membutuhkan banyak late braking dan sedikit sideways.

Review Ford Fiesta WRC 2018 : Suspensi

Tampak Suspensi Ford Fiesta WRC 2018 dengan bagian samping dipasang stiker bergambar redbull

Suspensi lansiran Reiger ini diracik khusus agar mobil lebih 'anteng' dalam melibas berbagai macam permukaan trek reli

Bisa dibilang suspensi adalah kuncian dari mobil reli. Karena tanpa suspensi yang prima maka mustahil mobil reli untuk melaju mulus dan bebas hambatan, tidak terkecuali dengan Ford Fiesta WRC 2018 ini. Suspensi racikan Reiger-nya dapat diatur dampernya sesuai dengan karakter si pereli. Suspensi merek Reiger juga terkenal karena tahan banting, dan sudah sangat terbukti disegala jenis kejuaraan reli. Baik itu reli safari, reli WRC, reli dakar, dan lainnya. Dengan racikan yang tepat, maka mobil reli seperti Ford Fiesta WRC 2018 ini dapat melaju lebih 'anteng' dalam melibas berbagai macam permukaan trek reli. Karena, tidak ada yang pernah mengetahui ataupun memprediksi apa yang akan terjadi dalam sebuah kejuaraan reli, yang melaju konsisten bisa DNF (Did Not Finish, red) alias gagal finish, yang sempat DNF dapat menjadi juara. Suspensi merupakan salah satu kuncian di mobil reli.

>>> Sabuk Pengaman Pemanas ini Cocok untuk Anda yang Butuh Kehangatan

OPERASI Ford Fiesta 2018

Review Ford Fiesta WRC 2018 : Performa Dan Setup Mobil

Gambar menunjukkan Performa mobil Ford Fiesta WRC 2018

Sebuah mobil reli harus siap dipacu pada segala medan

Mesin yang digunakan oleh Ford Fiesta WRC 2018 ini adalah sebuah mesin khusus yang dibangun oleh Ford bersama dengan tim M-Sport, yakni unit berkapasitas 1600 cc EcoBoost dengan mengusung direct injection, atau bahan bakar sistemnya disemprotkan langsung diatas kepala piston. Sehingga membuat pembakaran lebih instan dan berujung pada tenaga yang dihasilkan menjadi jauh lebih besar. Coba Anda bayangkan, mesin sekecil 1600 cc 4 silinder dengan konvigurasi inline, mampu menghasilkan tenaga hingga 380 Hp di putaran mesin 6000 rpm, serta tors 'raksasa' sebesar 450 Nm di putaran mesin 5500 rpm. Ini benar-benar gila! Torsi sebesar itu biasanya hanya akan Anda temui pada mesin diesel dengan kapasitas silinder 2500 cc, seperti mesin 4N15 kepunyaan Mitsubishi Pajero Sport, atau mesin R2.2 kepunyaan Kia Grand Sedona Diesel serta Hyundai All New Tucson. Bahkan, konon Ford Fiesta WRC 2018 dapat berakselerasi di lintasan gravel dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam tempo dibawah 4 detik. Membutuhkan driver mental baja dan pemberani dalam menggeber Ford Fiesta WRC 2018 ini.

Gambar menunjukkan bagian Ban Michelin yang digunakan Ford Fiesta WRC 2018

Ban keluaran Michelin dan pelek buatan OZ Racing digunakan oleh semua tim termasuk M-Sport yang mengandalkan Ford Fiesta WRC 2018

Transmisi juga termasuk hal yang vital dalam operasi Ford Fiesta WRC 2018 ini, transmisi sekuensial 6 percepatan mobil ini diracik langsung oleh divisi teknik M-Sport yang bekerja sama dengan Ricardo, suatu badan yang sangat berkompeten dalam meracik, mengetes, dan memproduksi transmisi mobil balap khusus seperti reli. Ban juga termasuk bagian yang sangat berpengaruh dalam jalannya perlombaan reli. Ban untuk musim 2018 dan 2019 ini ditunjuk Michelin sebagai supplier tunggal, Michelin memberikan seluruh ban sesuai dengan kebutuhan pereli dan juga tim balap tidak terkecuali yang digunakan oleh Ford Fiesta WRC 2018 ini.

Gambar menunjukkan mobil Ford Fiesta WRC 2018 In Action

Sebastian Ogier dan navigator Julien Ingrassia sedang melaju kencang menyelesaikan Spesial Stage reli

>>> Tips Unik Ford Ajarkan Keselamatan Mengemudi: Menukar Pengendara Truk dan Pesepeda

spesifikasi Ford Fiesta 2018

Berikut ini adalah spesifikasi Ford Fiesta WRC 2018.

Mesin Ford Fiesta WRC 2018

Seri mesin

EcoBoost, 4 Silinder segaris, Direct Injection

Bahan Bakar

Bensin

Tenaga Maksimum

380 Hp @ 6,000 rpm

Torsi Maksimum

450 Nm @ 5,500 rpm

Bore X Stroke

83 mm X 73,9 mm

Kubikasi

1600 cc

Transmisi Tipe

6 Percepatan Skuensial by M-Sport and Ricardo with hydraulic shift

Suspensi/Kaki-Kaki Ford Fiesta WRC 2018

Suspensi

MacPherson struts with Reiger adjustable dampers

Power Steering

Hidrolik with Rack And Pinion

Ukuran Pelek

18 Inci (Aspal) & 15 Inchi (Gravel)

kelebihan & kekurangan Ford Fiesta 2018

Tidak ada produk yang sempurna jadi untuk Ford Fiesta WRC 2018 juga punya beberapa kelebihan dan kelemahannya. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Ford Fiesta WRC 2018 menurut Cintamobil.com.

Kelebihan

Kekurangan

Terbukti juara

Tidak dijual bebas

Bentuk agresif dan sangar

Closed track use only

Mesin kencang

Teknologi tidak se-advanced rivalnya

daftar harga Ford Fiesta 2018

Ford Fiesta WRC 2018 tidak dijual bebas, namun perdiksi kami harganya bisa mencapai 1 juta dollar atau sekitar Rp 14,5 miliar rupiah per-unitnya.

>>> Klik sini untuk lihat harga dan promo mobil lainnya 

Video Ford Fiesta 2018

KESIMPULAN Ford Fiesta 2018

Gambar mobil reli Ford Fiesta WRC 2018 berwarna biru tua setelah modifikasi

Ford Fiesta WRC 2018 mengajarkan kita bahwa uang tidak bisa membeli sebuah skill mengemudi

So, is this car for you? Anda perlu melobi M-Sport untuk dapat memiliki mobil ini, namun Ford Fiesta WRC 2018 mengajarkan kita, bahwa uang tidak bisa membeli sebuah skill mengemudi. Buktinya meski di trek mobil ini kalah canggih dari rival lainnya seperti Toyota Yaris WRC, Hyundai i20 Coupe WRC, dan Citroen DS3 WRC, namun ditangan orang yang tepat mobil ini mampu menjadi juara dunia reli. Kalau Anda ingin belajar reli terlebih dahulu, sebaiknya beli saja Ford Fiesta R2 yang dibekali mesin 1000 cc EcoBoost 3 silinder dengan tenaga maksimum 200 Hp dan torsi 290 Nm.

>>> Klik sini untuk simak artikel review mobil lainnya

Arfian Alamsyah
 
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

REVIEW LAIN

  • Review Ford Fiesta EcoBoost 2014

    Meski Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Ford tak lagi beroperasi di Indonesia namun kami tak pernah lupa akan sosok Fiesta. ...

    Hatchback User rate: 4,0 Editor rate: 4,0
  • Review Ford Fiesta 2019

    Baru-baru ini Sebastian Ogier dan Julien Ingrassia minggu lalu membuat harum nama Ford. Karena diakhir kerjasamanya, Ogier ...

    Hatchback User rate: 4,0 Editor rate: 4,5
  • Spesifikasi Ford Fiesta 2014 Indonesia

    Ford Fiesta merupakan seri mobil yang dikeluarkan oleh Ford sejak tahun 70-an dan mulai dijual di seluruh dunia di generasi ...

    Hatchback User rate: 4,0 Editor rate: 4,0

Cari review mobil