Review Ford Fiesta EcoBoost 2014

10/01/2019
editor rate: 4,0 user rate: 4,0
Meski Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Ford tak lagi beroperasi di Indonesia namun kami tak pernah lupa akan sosok Fiesta. Sebuah mobil Hatchback sporty dengan lekuk desain khas Amerika. Tentu saja, Indonesia yang didominasi mobil asal Jepang menjadikan Ford Fiesta terlihat paling unik dan berkarakter. Selain itu, banyak sekali kelebihan dari mobil ini. Simak jawabannya dalam review Ford Fiesta EcoBoost 2014.

PENGANTAR Ford Fiesta 2014

Review Ford Fiesta EcoBoost 2014 - Sudah dari tahun 1976, Fiesta hadir mewarnai dunia otomotif internasional. Hingga tahun 2019 ini, Fiesta sudah memiliki total 7 generasi. Sayangnya, Indonesia hanya bisa menikmati hingga generasi keenamnya saja dan tak sempat merasakan generasi ketujuh perihal hengkangnya Ford dari Indonesia.

Namun kami tak ingin membahas hal tersebut, tapi kami lebih ingin melihat produk  berkualitas dari Ford yang nyatanya kurang ditangkap positif oleh masyarakat. Penampilan perdananya di Tanah Air, digelar bertepatan pada acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010. Tersedia tiga varian bagi Ford Fiesta Hatchback meliputi 1.4 Liter Style, 1.4 Liter Trend dan 1.6 Liter Sport. Adapun harganya dibanderol terjangkau kala itu mulai Rp. 167 jutaan hingga Rp. 215 jutaan.

Ford Fiesta Indonesia pertama kali hadir dengan beberapa pilihan bodi trim

Versi sebelumnya dari Ford Fiesta yang sekaligus menjadi kehadiran pertamanya di Indonesia

Di tahun 2014, Ford resmi meluncurkan New Fiesta dengan mesin baru yakni 1.0 Liter EcoBoost. Konsumen sepertinya banyak menangkap mobil ini mendapat penurunan performa daripada versi sebelumnya. Namun jangan salah, meski hanya menerapkan konfigurasi tiga silinder berkapasitas 1.000 cc, mesinnya terbilang mutakhir yang menggabungkan teknologi Direct Injection dan Turbocharger. Alhasil, tenaga yang dihasilkan setara dengan mesin 1.600 cc. Inilah titik spesial dari mobil ini. Kira-kira hal apa yang menarik lainnya? Simak jawabannya dalam review Ford Fiesta EcoBoost 2014.

Ford Fiesta EcoBoost 2014 Indonesia diluncurkan dengan menggunakan mesin berteknologi mutakhir

Sosok Ford Fiesta EcoBoost 2014 yang dikenal akan performa mesinnya

EKSTERIOR Ford Fiesta 2014

Membaca dari segi desain eksterior Ford Fiesta EcoBoost 2014, tampilannya memang cukup unik dibanding mobil Jepang yang mendominasi Indonesia. Karakter Fiesta terbilang lebih kental akan nuansa agresif yang sesuai untuk anak muda masa kini.

Review Ford Fiesta EcoBoost 2014: Eksterior Depan

Siluet Grille depan cukup mengingatkan kami dengan wajah mobil Aston Martin. Tampilannya yang cukup memanjakan mata juga ditunjang dengan aksen krom sebagai penguat esensi mewah.

Eksterior depan Ford Fiesta EcoBoost 2014 menghadirkan lampu Multi-Reflector dan lampu kabut

Wajah depan Ford Fiesta Ecoboost terlihat lebih stylish dan segar daripada versi sebelumnya

Adapun lampu utama didukung konfigurasi Multi-Reflector dengan bentuk menyipit sehingga menciptakan suatu tatanan agresif yang dirasa cocok untuk selera anak muda masa kini. Tak lupa, lampu kabut juga disematkan di kedua ujung bempernya yang mampu menunjang kualitas pencahayaan di bagian depan.

Review Ford Fiesta EcoBoost 2014: Eksterior Samping

Dengan dimensi panjang 3.982 mm dan tinggi 1.489 mm, Ford Fiesta tampak sangat anggun dan proporsional sebagai Hatchback. Hal menarik yang kami temui juga terletak pada kaca spion-nya.

Eksterior samping Ford Fiesta EcoBoost 2014 memiliki ukuran panjang 3.982 mm

Bisa Anda amati bahwa bodi sampingnya terlihat cukup atletis dengan ukuran yang proporsional sebagai mobil Hatchback

Bisa Anda amati pada gambar di bawah, terlihat spion Fiesta hadirkan dua lampu yakni lampu sein dan Puddle Lamp yang memberi penerangan ketika pengendara hendak memasuki kabinnya. Fitur satu ini terbilang praktis supaya kaki pengendara tidak terantuk atau menginjak genangan air.

Kaca Spion Ford Fiesta EcoBoost 2014 hadirkan lampu Puddle dan lampu sein

Puddle Lamp sudah dihadirkan pada kaca spion Ford Fiesta, apakah hal ini cukup menarik buat Anda?

Review Ford Fiesta EcoBoost 2014: Eksterior Belakang

Sebagai mobil Hatchback bergaya anak muda, tentu fitur Rear Spoiler tak lupa menghiasi sisi atapnya. Hal tersebut juga ditunjang oleh aksen Rear Skirt yang memberi kesan lebih agresif dibanding pesaing lainnya. Secara keseluruhan, kami sangat menyukai segala sentuhan yang diberikan oleh pabrikan Amerika ini.

Eksterior belakang Ford Fiesta EcoBoost 2014 tampil stylish dan sporty dengan Rear Spoiler

Dari belakang, sosoknya terlihat sporty dengan fitur Rear Spoiler

>>> Baca juga:

INTERIOR Ford Fiesta 2014

Mobil-mobil ciptaan Ford memang selalu dikenal akan fitur dan teknologi pada kabinnya yang lengkap. Segala hal pada interior Ford Fiesta EcoBoost 2014 dirancang minimalis dan terkesan berkualitas. Sebagai produk yang dipasarkan secara global, Ford seakan serius merancang Fiesta sebagai Line-Up di garis terdepan.

Review Ford Fiesta EcoBoost 2014: Dashboard

Kami cukup takjub merasakan setiap inci dashboard-nya. Semua tertata rapi dibalut bahan berkualitas khas mobil-mobil Amerika. Hal ini mungkin terkesan minor bagi sebagian pengguna, namun jangan salah, rancangan detail seperti ini sangat menunjang nuansa atmosfer yang lebih Premium dan mampu meningkatkan kepercayaan diri pengendara.

Dashboard Ford Fiesta EcoBoost 2014 sudah dilengkapi dengan panel Head Unit mumpuni dengan fitur-fitur menarik

Dashboard-nya sendiri dirancang cukup Premium mengingatkan kami akan mobil-mobil khas Amerika

Fitur-fiturnya tertata cukup lengkap. Dari lini tengah misalnya, Anda akan menemukan panel Multimedia SYNC serta fitur penyejuk Air Conditioning (AC). Semua tombolnya bisa dibaca dengan jelas dan sangat mudah dioperasikan, bahkan untuk Anda yang baru pertama kali merasakan mobil Ford.

Review Ford Fiesta EcoBoost 2014: Setir

Kemudi setir juga terbilang cukup mewah dengan balutan bahan kulit berkualitas. Dari sisi ini, kami memahami bahwa Ford tak ingin menghilangkan nuansa Premium pada kabinnya. Tentu saja, hal ini menjadi pembeda paling menonjol daripada kompetitornya seperti Volkswagen 1.2 TSi. Menariknya lagi, setir Fiesta sudah didukung fitur Electronic Power Assisted Steering (EPAS) dan Tilt Steering untuk menyesuaikan posisi sesuai postur tubuh pengendara.

Setir Ford Fiesta EcoBoost 2014 dibalut mewah dengan bahan kulit berkualitas

Kemudi setirnya juga sudah dibekali fitur-fitur menarik seperti EPAS dan Tilt Steering

Di balik kemudi setirnya juga sudah menghadirkan panel Multi Information Display (MID) berukuran 3,5 inci. Bukan sekedar hebat dari segi desain yang sporty, panel tersebut juga mampu menyuguhkan informasi penting seputar kendaraan seperti halnya waktu, suhu, tingkat konsumsi bahan bakar hingga kecepatan.

Review Ford Fiesta EcoBoost 2014: Kursi

Merambah ke aspek kursi, Ford Fiesta menyediakan lima kursi yang sudah dibalut kulit berkualitas. Motif dan rancangan kursinya terbilang nyaman untuk diajak berjalan jauh sekalipun. Adapun kursi pengendara sudah dibekali Height Adjuster dan beberapa mode pengaturan posisi, supaya pengendara dapat merasakan posisi duduk yang pas.

Kursi Ford Fiesta EcoBoost 2014 terbilang cukup mampu untuk menampung lima orang sekaligus

Cukup disayangkan, kursi belakangnya tidak dilengkapi fitur wadah

Namun sayangnya, Ford Fiesta kurang akomodatif khusus di bangku belakang. Tak ditemui fitur wadah di kedua pintu sampingnya sehingga penumpang harus menaruh barang bawaan di tas masing-masing.

Review Ford Fiesta EcoBoost 2014: Kapasitas Bagasi

Dari segi akomodasi, ruang bagasi Ford Fiesta terbilang kurang lega dibanding kompetitornya. Hal ini menjadi kekurangan kedua yang seakan menceritakan bahwa Fiesta lebih menonjolkan esensi Premium daripada aspek akomodatif. Meski terbilang kalah dari pesaingnya, bagasi Fiesta masih cukup untuk menampung tiga tas berukuran besar. Belum lagi, balutan pada bagasinya dirancang dengan bahan yang berkualitas.

Ruang bagasi Ford Fiesta EcoBoost 2014 yang kurang lega menjadi salah satu kekurangannya

Bisa dilihat bahwa kapasitas bagasi Fiesta terbilang kurang akomodatif dibanding beberapa pesaing sekelasnya

>>> Artikel terkait:

FITUR Ford Fiesta 2014

Sebagai mobil Hatchback, fitur Ford Fiesta EcoBoost 2014 tak kalah dengan kompetitor di atasnya sebut saja Toyota Yaris maupun Honda Jazz. Segala fitur keselamatan sengaja dirancang supaya berjalan seiring dengan performa mesinnya yang mumpuni.

Review Ford Fiesta EcoBoost 2014: Fitur Keselamatan

Dari segi fitur keselamatan aktif saja, Fiesta sudah dibekali teknologi pengereman lengkap mulai dari Anti-lock Braking System (ABS) dan Emergency Brake Assist (EBA). Kedua pengereman ini terbilang mumpuni untuk menunjang performa manuver yang lihai, meliuk-liuk di tengah perkotaan. Menariknya lagi, Fiesta sudah dilengkapi teknologi kestabilan, Electronic Stability Program (ESP), yang memberikan traksi lebih stabil di jalanan licin. Mengingat bodinya yang kecil, tentu fitur tersebut menjadi salah satu komponen penting.

Fitur keselamatan Ford Fiesta EcoBoost 2014 tampil cukup lengkap di berbagai aspeknya

Tak perlu khawatir berkendara di area licin maupun tanjakan karena Fiesta dilengkapi teknologi HSA dan ESP

Hal yang cukup jarang dimiliki oleh pesaingnya adalah fitur Hill Start Assist (HSA). Sudah bukan zamannya mobil Hatchback susah melaju di area pegunungan. Dengan adanya fitur tersebut, Anda tak perlu khawatir merosot atau melaju mundur di area tanjakan. Adapun perlengkapan lain yang menarik adalah Dual Front Airbags, Push Start Button, Keyless Entry dan Immobilizer.

Review Ford Fiesta EcoBoost 2014: Fitur Hiburan

Panel Multimedia Ford Fiesta sudah terbilang sangat mampu menghibur Anda dan penumpang selama perjalanan. Anda sudah bisa mengoperasikan musik favorit dari Handphone via USB, iPod dan AUX. Menariknya lagi, Anda bisa mengatur alur musik secara praktis lewat tombol pengaturan audio yang disematkan pada kemudi setirnya.

Fitur hiburan Ford Fiesta EcoBoost 2014 hadirkan panel Head Unit mumpuni yang sudah mendukung banyak format modern

Panel Head Unit-nya terbilang cukup menghibur dan sudah bisa dioperasikan dengan mudah

>>> Klik di sini untuk mengetahui harga Ford Fiesta EcoBoost keluaran tahun 2014 yang dibanderol sangat terjangkau

OPERASI Ford Fiesta 2014

Meski operasi mesin Ford Fiesta EcoBoost 2014 masih menerapkan 3 silinder berkapasitas 998 cc, mesinnya mampu menghasilkan daya mumpuni yang bahkan setara dengan mesin 1.600 cc. Jawabannya terletak pada teknologi EcoBoost yang menggabungkan konfigurasi Turbocharged dan Direct Injection.

Racikan tersebut nyatanya memberikan lonjakan daya hingga 125 PS setara 6.000 Rpm. Adapun tersedia dua pilihan transmisi meliputi 6 tingkat otomatis dan 5 percepatan manual. Keduanya, sama-sama menghasilkan torsi puncak mesin sebesar 170 Nm di kisaran 1.400 hingga 4.500 Rpm.

Operasi mesin Ford Fiesta EcoBoost 2014 mampu mengeluarkan daya hingga 125 PS dengan torsi puncak 170 Nm

Titik paling spesial dari mobil adalah mesinnya yang berkapasitas 1.0 Liter namun bisa setara dengan performa mesin 1.600 cc

Impresi berkendara terasa sangat responsif. Menginjak pedal gas sedikit saja, tarikan pertama langsung menggigit dan seakan siap diajak kebut-kebutan. Hal ini kami rasakan berbeda ketimbang mengendarai Volkswagen TSi yang cenderung mulus. Di sisi lain, performa manuver juga terasa berimbang berkat pengereman ABS serta radius putar yang tercatat 5,05 m. Istimewa dan benar-benar istimewa ketika merasakan sensasi berkendara dari mesin paling canggih milik Ford.

>>> Lihat juga ulasan dari mobil menarik Ford lainnya dengan klik tautan ini

spesifikasi Ford Fiesta 2014

Lantas bagaimana spesifikasi Ford Fiesta EcoBoost 2014? Berikut informasi selengkapnya.

SPESIFIKASI FORD FIESTA ECOBOOST 2014

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.982 mm x 1.978 mm x 1.489 mm

Jarak Poros Roda

2.489 mm

Jarak Pijak Depan

1.477 mm

Jarak Pijak Belakang

1.466 mm

Radius Putar Minimum

5,05 m

Jarak Pijak Terendah

155 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.0 Liter 3 Silinder Segaris DOHC Duratec EcoBoost

Kapasitas Silinder

998 cc

Daya Maksimum

125 PS / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

170 Nm / 1.400 - 4.500 Rpm

Sistem Transmisi

4 Tingkat Percepatan Manual / 5 Percepatan Otomatis

HANDLING

Suspensi Depan

Strut Type dengan Coil Spring

Suspensi Belakang

Multi-Link dengan Coil Spring

Rem Depan

Discs

Rem Belakang

Drums

Ukuran Ban

195/50 R16

Sistem Kemudi

Rack & Pinion dengan EPAS

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Electric Injection

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

42,8 Liter

kelebihan & kekurangan Ford Fiesta 2014

Dari ulasan di atas, ada beberapa hal yang sudah kami sebutkan khususnya tentang kelebihan dan kekurangan Ford Fiesta EcoBoost 2014.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Performa mesin benar-benar mengesankan untuk dikendarai

Bangku belakang belum dilengkapi fitur wadah

Desain eksterior terbilang unik mengingat Indonesia dipenuhi mobil-mobil besutan Jepang

Ruang bagasi kurang akomodatif jika dibanding pesaing sekelasnya

Fitur-fitur interior sudah dirancang cukup menghibur untuk menemani perjalanan Anda

ATPM Ford sudah tak lagi berbisnis di Indonesia sehingga Anda hanya bisa mendapatkan mobil ini dalam mode bekas

daftar harga Ford Fiesta 2014

Mengingat model satu ini tak lagi dijual dalam kondisi baru, maka Cintamobil.com akan melampirkan daftar harga Ford Fiesta EcoBoost 2014 dalam kategori bekas saja.

TIPE MOBIL

HARGA FORD FIESTA ECOBOOST BEKAS

Ford Fiesta EcoBoost 1.0 Liter

IDR. 100.000.000 – IDR. 155.000.000

*Catatan:

  • Harga bervariasi sesuai dengan pertimbangan penjual, kualitas produk, jarak tempuh, tahun pembelian dan lainnya

>>> Mari klik sini untuk update harga dan promo mobil Ford lainnya

Video Ford Fiesta 2014

KESIMPULAN Ford Fiesta 2014

Hengkangnya Ford di Tanah Air terbilang mengejutkan. Padahal, Ford Fiesta yang menggunakan mesin terbaru sempat menjadi menjadi ancaman bagi pesaing sekelasnya. Bayangkan saja, mesin 1.0 Liter 3 silinder EcoBoost bisa memberikan lonjakan daya setara mesin 1.600 cc. Tak dipungkiri, kami menangkap bahwa Fiesta lebih menonjolkan performa mesin unggul serta desain bergaya Premium. Namun apa boleh dikata, beberapa kekurangan minor terutama dalam hal akomodasi, menjadi pertimbangan khusus bagi konsumen pecinta Hatchback.

Bagaimana pendapat Anda tentang Ford Fiesta EcoBoost 2014 Indonesia? Apakah ada hal menarik yang menjadi perhatian khusus Anda untuk memilih mobil Hatchback satu ini?

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak informasi terlengkap tentang mobil-mobil lainnya

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil