Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ceria, Mobil Terkecil Pada Masanya

11/05/2020

Jual beli

3 menit

Share this post:
Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ceria, Mobil Terkecil Pada Masanya
Butuh mobil kompak tetapi dengan harga yang sangat terjangkau? Daihatsu Ceria yang pernah menjadi mobil terkecil di Indonesia ini bisa menjadi pilihan Anda.

Daihatsu Ceria menjadi salah satu bagian dari sejarah otomotif Tanah Air. Dikenal juga dengan nama Perodua Kancil, mobil terkecil yang pernah ada di Indonesia ini diperkenalkan di Gaikindo Auto Expo pada Juli 2001. Dipasarkan selama 8 tahun, populasinya cukup banyak di pasar mobil bekas Tanah Air. Tapi, apakah mobil ini cukup menarik untuk dimiliki saat ini?

Spesifikasi Daihatsu Ceria

Jika Anda merasa Suzuki Karimun Wagon merupakan mobil produksi massal terkecil yang ada di Indonesia, maka anggapan Anda perlu diperbaiki. Pasalnya ada mobil mini Daihatsu bertemakan kei car hanya memiliki panjang 3.365 mm, lebih pendek 45 mm dibandingkan Suzuki Karimun. Dengan lebar 1.405 mm, praktis membuat Ceria mendapatkan title mobil terkecil di Indonesia.

mobil bekas Daihatsu Ceria 2003 berwarna biru
Mobil terkecil Daihatsu Ceria yang diperkenalkan tahun 2003

Setelah diperkenalkan pada tahun 2001, edisi facelift mulai dipasarkan pada tahun 2003. Dari tampilan yang lebih boxy, penyegarannya membuat Ceria menjadi lebih melengkung. Terilhat dari lampu depan dan foglamp yang dibuat membulat ditambah kap mesin yang lebih melengkung. Desainnya juga terasa lebih modern.

Sedangkan di dalam, titel mobil terkecil yang kompak memang membuat mobil ini terasa sempit. Tetapi Anda bisa membawa hingga lima orang penumpang di dalam mobil. Tipe standar Ceria dilengkapi dengan perpaduan interior kulit dan kayu. Setidaknya masih nyaman ketika dibawa berkendara jarak dekat. Sistem suspensinya pun cukup baik di jalanan perkotaan.

Fiturnya terkesan sederhana. Dashboard memiliki warna yang monoton, tetapi untuk tipe tertinggi sudah mendapatkan fitur AC, Central Lock, Power Window, dan pemutar musik dari radio tape. Dan meskipun setirnya tidak mendapatkan Power Steering, kemudinya terasa enteng karena ban berukuran 12 inci yang membuat gerak manuver terasa responsif.

>>> Tips Merawat Mobil Saat Kerja di Rumah Dari Daihatsu

kabin mobil terkecil Daihatsu Ceria berwarna hitam
Jadi mobil terkecil, kabin Ceria bisa menampung empat sampai lima orang

Dengan dimensinya yang kompak, Ceria hanya menggunakan mesin ED-10 3-silinder segaris 6 katup berteknologi SOHC dengan kapasitas silinder 850 cc. Keluarannya hanya menghasilkan 36 daya kuda pada putaran 5.500 rpm dan torsi maksimum 63 Nm pada 3.200 rpm dengan pilihan transmisi 5-percepatan manual.

>>> Review Daihatsu Ceria 2003: ‘Mbahnya LCGC’ Dijual Hanya Rp. 30 Jutaan Saja

Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Ceria

Sejak diberhentikan pada tahun 2009, titel mobil terkecil ini akhirnya digantikan oleh saudara kembara Agya dan Ayla. Tetapi populasi mobil terkecil ini cukup banyak dan masih bisa ditemukan di pasar mobil bekas. Harganya yang terjangkau merupakan daya darik Daihatsu Ceria. Ceria cukup nyaman sebagai mobil perkotaan dengan tampilan yang mungil.

mesin Daihatsu Ceria berwarna perak
Ceria memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup baik

>>> Cek harga mobil baru dengan diskon dan penawaran menarik samil tetap #dirumahaja

Keunggulan lainnya dari Ceria tentu saja karena dinemsinya yang kompak. Ceria cocok untuk mobil perkotaan yang harus menghampiri kemacetan-kemacetan di jalanan kota. Ceria juga cukup baik ketika harus mencari area parkir yang lebih sempit. Memang bagian dalamnya cukup sempit. Tetapi untuk empat orang, Anda bisa berkendara dengan nyaman tanpa kehujanan.

Karena menggunakan mesin dengan kapasitas silinder 850 cc, konsumsi bahan bakar Ceria memang lebih baik dibandingkan mobil LCGC lainnya. Meskipun mobil tua, konsumsi bahan bakarnya diklaim 1:11 untuk pengendaraan dalam kota yang sangat macet serta 1:27 ketika dibawa melaju di jalanan luar kota yang lebih lancar.

Tapi dibandingkan dengan model Low Cost Green Car (LCGC) yang diperkenalkan pada masa modern ini, sistem keselamatan Daihatsu Ceria bisa dibilang terasa kurang. Hanya ada sistem suspensi MacPherson Strut Independent di depan serta Semi-Trailing Independent di belakang untuk menyangga kenyamanan Anda selama berkendara.

>>> Lebih Baik Dari Motor Roda 3, Ini Alasan Memilih Daihatsu Hi-Max Bekas

dashboard Daihatsu Ceria berwarna beige
Kualitas interior Ceria bisa dibilang tidak terlalu baik

Dengan harganya yang sangat terjangkau, bahan dan kualitas interior memang tidak bisa disandingkan dengan mobil lain yang lebih baru. Selain itu, pencarian sparepart diklaim cukup susah bagi penggunaanya. Walaupun Anda masih bisa mendapatkan sparepart dengan cara indent dan harus menunggu lebih lama.

>>> Dapatkan berbagai mobil Daihatsu baru dan bekas hanya di sini

Harga Daihatsu Ceria bekas

Bahkan sebelum diperkenalkannya segmen LCGC, Ceria hadir dengan harga yang cukup terjangkau. Mengingat mobil ini diimpor langsung dari Malaysia dan memiliki sparepart yang mudah ditemukan di Indonesia pada masa itu. Dan saat ini, harga Daihatsu Ceria bekas cukup terjangkau di pasar mobil bekas Tanah Air.

 

mobil bekas Daihatsu Ceria 2001 berwarna biru
Daihatsu Ceria generasi pertama yang dibawa ke Indonesia

Anda bisa mendapatkan Daihatsu Ceria dengan harga yang sangat murah. Jika Anda mendapatkan Ceria dengan kondisi baik, harganya hanya dibanderol dalam kisaran Rp30 jutaan saja. Contohnya saja Daihatsu Ceria KX bertransmisi manual 2001 ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp36 jutaan. Harganya bisa lebih besar jika kondisinya sangat terawat.

Dengan harga yang sanat terjangkau dan konsumsi bahan bakar yang irit, Daihatsu Ceria bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan kendaraan kompak untuk perjalanan perkotaan. Dibandingkan membeli sepeda motor, Anda bisa mendapatkan Ceria yang tentu saja memberikan kepraktisan yang lebih baik.

>>> Tips dan trik menarik lainnya bisa Anda temukan di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Honda ZR-V Siap Hadang Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

07/05/2020

Mobil baru

3 menit

Pasar persaingan SUV kompak berdimensi mungil akan makin seru, karena SUV baru Honda bernama Honda ZR-V siap menghadang Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

Lihat juga

Tips Merawat Mobil Saat Kerja di Rumah Dari Daihatsu

01/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Tidak menggunakan mobil bukan berarti tidak merawatnya. Bagi Anda yang bekerja di rumah, berikut tips merawat mobil dari Daihatsu untuk menjaga mobil dalam kondisi prima.

Lihat juga

Resmi! Daihatsu Rocky Versi Malaysia Gunakan Mesin Turbo

22/01/2020

Mobil baru

3 menit

Daihatsu Rocky versi Malaysia dilaporkan akan gunakan mesin 1.000 cc turbo. Mesin yang kecil ini dipilih untuk mendapatkan skema hitungan pajak yang rendah.

Lihat juga

Penghentian Sementara Kegiatan Produksi Toyota Dan Daihatsu Diperpanjang

17/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Guna mendukung program pemerintah terkait himbauan PSBB. Toyota dan Daihatsu perpanjang penghentian sementara aktivitas di pabrik produksi kedua perusahaan.

Lihat juga

Cara Asik Daihatsu Ajak Konsumen Supaya Tak Bosan di Rumah Aja

31/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Bagi Anda yang saat ini sedang di rumah aja melaksanakan anjuran dari Pemerintah Indonesia dan sedang bosan Daihatsu punya cara mengatasi kebosanan tersebut.

Lihat juga
 
back to top