Tips Merawat Mobil Saat Kerja di Rumah Dari Daihatsu

01/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Tips Merawat Mobil Saat Kerja di Rumah Dari Daihatsu
Tidak menggunakan mobil bukan berarti tidak merawatnya. Bagi Anda yang bekerja di rumah, berikut tips merawat mobil dari Daihatsu untuk menjaga mobil dalam kondisi prima.

Pemerintah saat ini melakukan peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sehingga sebagian dari kta melakukan pekerjaan dari rumah. Hal ini membuat semakin banyak pengemudi yang jarang menggunakan mobilnya. Untuk itu, Daihatsu memberikan beberapa tips merawat mobil bagi pengguna selama tidak menggunakan mobilnya.

Dalam pernyataan resminya, Bambang Supriyadi selaku Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengungkapkan, “Lewat sharing tips ini, Sahabat dapat menjaga dan merawat mobil Daihatsu kesayangannya di rumah selama tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.”

1. Merawat aki

Tips merawat mobil pertama dari Daihatsu khusus untuk menjaga aki tetap sehat dan prima. Pasalnya, meskipun mobil tidak digunakan selama beberapa waktu, bukan berarti aki menjadi lebih sehat dan terisi dengan penuh pada saat akan dipakai nantinya. Ketika lama tidak dipakai, maka aki juga cenderung mengalami penurunan kualitas.

tombol start-stop button berwarna hitam
Panaskan mobil dua kali seminggu untuk menjaga kualitas aki

Daihatsu menyarankan agar Anda memanaskan mobil paling tidak sekali atau dua kali dalam seminggu untuk menjaga daya yang tersimpan pada aki. Mobil yang sering diam dan tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama biasanya mengalami pengurangan daya sekitar 3% dari kapasitas biasanya. Ketika memanaskan mobil, pastikan asap knalpot tidak langsung mengarah ke dalam rumah.

>>> Dapatkan berbagai mobil Daihatsu hanya di sini

2. Mengangkat wiper

Penasaran kenapa karet wiper Anda cepat rusak? Ternyata masalah ini terjadi jika Anda membiarkan wiper mobil menempel pada kaca ketika sedang memarkirkan mobil. Ketika berhadapan dengan suhu panas, kondisi kaca mobil yang panas akan membuat karet wiper turut panas dan semakin cepat rusak. Angkat wiper ketika memarkirkan mobil di luar. Namun Anda tidak perlu melakukan hal ini ketika memiliki garasi yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung.

tangan yang sedang mengangkat wiper mobil
Angkat wiper ketika memarkirkan mobil di bawah terik matahari

3. Memarkirkan kendaraan

Memiliki garasi yang teduh akan memudahkan Anda dalam memarkirkan kendaraan. Sebisa mungkin parkir mobil di tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung. Terus-terusan terkena sinar matahari akan menyebabkan cat cepat pudar. Tapi jika Anda tidak memiliki garasi, pastikan untuk memarkirkan mobil di lokasi yang aman dan terpantau. Gunakan cover mobil untuk menjaga kondisi cat. Sebagai perlindungan tambahan, Anda bisa menggunakan kunci setir.

>>> Saat #DiRumahAja Jangan Lupakan Perawatan Mobil di Garasi

4. Memeriksa tekanan ban

Bahkan ketika tidak sedang digunakan, tekanan angin pada ban bisa berkurang jika kendaraan diparkir dalam waktu lama. Apalagi jika Anda memiliki garasi dengan lantai keramik. Pada hal tekanan ban yang baik berdampak besar terhadap pengendaraan hingga mampu membantu meningkatkan konsumsi bahan bakar. Cek kondisi tekanan ban dari waktu ke waktu.

tangan yang sedang memeriksa tekanan ban berwarna hitam
Cek kondisi ban dan jangan lupa memajukan atau memundurkan mobil seminggu sekali

Selain itu, Daihatsu menyebutkan bahwa kendaraan yang diparkir lama sebaiknya digerakkan maju dan mundur paling tidak seminggu sekali. Hal ini dilakukan supaya ban mendapatkan beban yang sama besar. Ketika mobil berdiam diri selama beberapa waktu, bagian ban yang menempel ke lantai atau jalan cenderung mengalami kerusakan akibat deformasi.

>>> Mobil Jarang Dipakai Tetap Harus Rutin Ganti Ban

5. Mengecek transmisi serta rem tangan

Banyak pengguna yang sering melupakan kondisi transmisi dan rem tangan ketika memarkirkan mobil dalam waktu yang lama. Demi keamanan, pastikan untuk mengaktifkan rem tangan walaupun Anda parkir di jalan yang rata. Salah satu tips merawat mobil bertransmisi otomatis adalah dengan memastikan kondisi transmisi berada pada posisi P (Parking) untuk mencegah mobil bergerak ketika sedang parkir.

>>> Cara Spooring Mobil dan Balancing Itu Berbeda, Ini Penjelasannya

6. Menjaga kebersihan mobil

Jangan sangka karena mobil tidak dibawa kemana-mana maka mobil tidak perlu dibersihkan. Anda bisa menjaga kondisi mobil dengan mencuci eksterior dan membersihkan interior mobil paling tidak seminggu sekali. Jangan lupa untuk mencuci setiap sudut mobil, baik bagian dalam maupun bodi luar agar terbesar dari kotoran. Rajin mencuci mobil juga bisa menghindarkan dari tikus atau kecoa yang mungkin bersarang.

pengemudi yang sedang mencuci mobil
Jangan lupa untuk membersihkan mobil teratur seminggu sekali atau dua minggu sekali

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik perawatan dan service mobil yang berguna lainnya

Mencuci mobil bukan hanya untuk menghilangkan virus atau bakteri yang menempel. Mencuci mobil bisa membuat komponen-komponen kendaraan, terlebih material besi maupun baja, terhindar dari karat yang mengganggu. Jangan lupa untuk mencuci bagian mesin agar mesin dan komponen kelistrikan lainnya terhindar dari karat.

Ada banyak tips merawat mobil yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Karena meskipun tidak digunakan, pastikan untuk selalu merawat mobil agar kondisinya tetap prima jika dibutuhkan sewaktu-waktu. “Jangan lupa untuk bisa menerapkan tips ini agar mobil tetap dalam kondisi yang baik dan optimal ketika akan digunakan kembali”, tutup Bambang.

>>> Tips dan trik menarik lainnya bisa Anda temukan di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Saat #DiRumahAja Jangan Lupakan Perawatan Mobil di Garasi

02/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Meski Anda tidak kemana-mana karena anjuran pemerintah untuk social distancing. Perawatan mobil di garasi juga harus dijaga agar kondisinya tetap prima.

Lihat juga

Biaya Perawatan Berkala Suzuki Ignis Hanya Rp2 jutaan

07/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Didatangkan bulat-bulat dari India tidak membuat biaya perawatan berkala Suzuki Ignis mahal, karena hingga 50 ribu kilometer biayanya hanya Rp2 jutaan saja

Lihat juga

Hati-Hati, Ini 5 Mitos Perawatan Mobil Matic yang Sudah Usang

13/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

Masih banyak pengendara yang belum mengerti tentang cara merawat kendaraan. Bahkan, ada banyak mitos atau kesalahan informasi yang terjadi. Bagi Anda yang memiliki kendaraan bertransmisi otomatis, berikut beberapa mitos perawatan mobil matic yang sering dijumpai.

Lihat juga

[IIMS 2019] Berapa Biaya Perawatan Suzuki Carry Pick Up Terbaru?

03/05/2019

Event - Promosi

4 menit

PT Suzuki Indomobil Sales resmi meluncurkan produk niaga terbarunya, Suzuki Carry Pick Up. Dikenal sebagai rajanya pikap, generasi baru ini mempunyai perubahan menyeluruh mulai dari platform hingga mesin. Lantas berapa biaya perawatan Suzuki Carry Pick Up terbaru?

Lihat juga

Bengkel Mobilku, Spesialis Perawatan Mobil Honda di Jakarta Selatan

04/02/2020

Perawatan dan service

5 menit

Bengkel Mobilku bisa Anda jadikan bengkel rekomendasi jika ingin melakukan perawatan berkala mobil Honda selain bengkel resmi. Harga yang ditawarkan juga murah

Lihat juga
 
back to top