Pilihan Asuransi Kendaraan: Kelebihan dan Kekurangan Asuransi TLO

13/01/2021

Jual beli

4 menit

Pilihan Asuransi Kendaraan: Kelebihan dan Kekurangan Asuransi TLO
Jika saat ini Anda sedang mencari sebuah asuransi untuk kendaraan kesayangan dari semua masalah, ada baiknya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan asuransi TLO.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa peran sebuah kendaraan dalam beraktivitas telah membantu banyak orang dalam mempersingkat waktu dan jarak tempuh. Sehingga permintaan untuk transportasi seperti mobil pribadi pun akan selalu ada di Indonesia, terlebih di Ibu Kota Jakarta. Namun semakin banyaknya kendaraan di jalan tentunya juga semakin tinggi pula risiko terhadap hal yang yang tidak diinginkan.

Gambar menunjukan asuransi mobil

Asuransi TLO menawarkan biaya premi perbulan dengan harga yang lebih rendah

Maka dari itu Anda sebagai pemilik kendaraan harus menyadari pentingya memiliki proteksi kendaraan kesayangan dengan sebuah asuransi. Dengan memiliki asuransi pada kendaraan dapat  meringankan beban saat terjadi tabrakan, perbuatan jahat, pencurian hingga kebakaran.

Bagi Anda yang berniat mengasuransikan mobil kesayangan Anda perlu diketahui bahwa salah satu perlindungan kendaraan yang bisa Anda dapatkan yakni perlindungan Total Loss Only atau TLO. Sebenarnya apa keuntungan  dan kekurangan dari jenis asuransi perlindungan Total Loss Only ini?

>>> Asuransi Mobil TLO dan All Risk, Mana Yang Terbaik?

Kelebihan Asuransi TLO

Salah satu keunggulan dari jenis Asuransi TLO yakni biaya premi perbulan ditawarkan dengan harga yang lebih rendah dari jenis asuransi lainnya, misalnya all risk. Dengan membayar premi dengan jumlah yang lebih rendah tentunya tidak akan memberatkan untuk Anda yang ingin menggunakan asuransi mobil. Biasanya jenis asuransi ini sendiri banyak dipertimbangkan oleh nasabah yang kendaraanya tidak sering digunakan.

Rata-rata umumnya premi asuransi TLO ini berkisar dari 0,1 hingga 0,8 persen dari harga jual kendaraan yang Anda miliki. Sebagai contoh mobil bekas yang akan Anda beli seharga Rp 130 juta maka premi yang harus dibayarkan adalah Rp 1.000.040. Premi tersebut bisa dibilang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan asuransi jenis All Risk yang jumlah preminya mencapai 2,5% dari total harga jual kendaraan.

Selain itu keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan ialah bisa menawarkan perluasan tanggungan. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin menggunakan asuransi jenis TLO ini.

Gambar menunjukkan beberapa pilihan asuransi mobil di Cintamobil.com

Asuransi TLO memiliki beragam kelebihan untuk melindungi mobil Anda

>>> Asuransi Astra Raih Penghargaan Indonesia Best Insurance Award 2020

Kekurangan Asuransi TLO

Meski biaya premi perbulan ditawarkan dengan harga yang lebih rendah. Asuransi jenis TLO ternyata tidak bisa melindungi mobil Anda secara maksimal. Jika mobil kesayangan Anda mengalami kerusakan kecil seperti lecet dan juga baret. Maka sudah pasti kerusakan tidak bisa diklaim. Kerusakan yang sangat kecil seperti ini harus kita tanggung sendiri. Karena jumlahnya sangat jauh dari syarat asuransi TLO yakni 75% atau lebih kerusakan pada mobil.

Kemudian kekurangan lainnya adalah Anda dipastikan tidak dapat mengklaim saat terlibat dalam kecelakaan ringan. Tentunya ini sangat merugikan Anda karena musibah bisa terjadi kapan saja.

Kemudian klaim asuransi juga tidak bisa dilakukan jika mobil Anda dicuri. Misalnya seperti pencurian, kerusuhan di jalan, hilangnya kaca spion, velg ban, dan lain-lain. Kehilangan semacam ini dianggap bukan kerusakan besar yang mencapai 75%. Jadi pengguna premi asuransi ini harus menanggung sendiri kerugian yang didapatkan.

Terakhir yang mungkin Anda rasakan ketika menggunakan jenis asuransi ini uang yang Anda keluarkan jadi terkesan percuma. Meski memang tergolong kecil tetapi jika tidak terpakai sama sekali dengan membayar premi setiap bulan nya malah bisa jadi merugikan Anda.

>>> Lanjut simak berita tentang asuransi mobil lainnya di sini

Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top