Lebih Dekat dengan Hyundai Creta 2022, SUV 'Penjegal' Honda HR-V

29/11/2021

Jual beli

3 menit

Share this post:
Hyundai Creta 2022 telah meluncur di ajang GIIAS 2021 belum lama ini. Apa saja kelebihan yang ditawarkan Creta 2022? Mari lebih dekat dengan Hyundai Creta 2022.

Mobil jenis SUV tengah digandrungi masyarakat Indonesia. Maka dari itu, Anda tak perlu heran kalau belakangan makin banyak mobil SUV yang ditawarkan di Indonesia. Terbaru ada Hyundai Creta 2022 yang diluncurkan saat hari pertama pembukaan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. 

Creta 2022 merupakan salah satu mobil yang spesial bagi Hyundai. Hyundai mengklaim, Creta 2022 merupakan SUV yang dibuat di Indonesia dan diperuntukan bagi masyarakat Indonesia. Ya, Hyundai Creta 2022 merupakan SUV pertama garapan produsen asal Korea Selatan di pabrik kawasan Cikarang.

Hyundai Creta 2022

Creta 2022 sajikan mobil dengan desain sesuai selera orang Indonesia

Selain itu, desain hingga fitur yang terdapat pada Creta 2022 juga sudah disesuaikan dengan keinginan orang Indonesia. Belum lagi performa mesinnya cukup menjanjikan. Creta 2022 menggendong mesin Smartstream G1.5 yang berkapasitas 1.497 cc yang sanggup menyemburkan tenaga 113 HP dan 144 Nm. Tenaga itu disalurkan ke roda depan (FWD) melalui pilihan transmisi manual 6-percepatan atau IVT (Intelligent Variable Transmission).

"Creta ini kita siapkan khusus untuk Indonesia, pasti diekspor tapi desainnya dari awal sudah kita siapkan untuk Indonesia terlebih dahulu. Tapi nanti akan terus berkembang ke pasar global," ungkap Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia, Makmur usai peluncuran Creta 2022 belum lama ini. 

Lalu apa saja yang disajikan Hyundai Creta 2022 untuk memanjakan konsumen di Indonesia? Yuk kenali lebih dekat Creta 2022. 

>>> Fitur Canggih Ini Bikin Hyundai Creta 2022 Lebih Aman di Jalan

Kelebihan Creta 2022

Sebagai mobil baru yang berambisi menjadi pemimpin di segmennya, Hyundai tentu memiliki sejumlah amunisi pada Creta 2022. Simak lengkapnya berikut. 

1. Desain Kekinian

Creta 2022 merupakan salah satu model global Hyundai. Sebelum Indonesia, Hyundai Creta juga sudah hadir di India. Namun demikian, desain Hyundai Creta di India dan Indonesia berbeda. Perbedaan tersebut terlihat jelas pada fascia depan. 

Hyundai Creta 2022

Tampang depan Hyundai Creta yang futuristik nan sporty

Creta tampil futuristik tanpa menghilangkan nuansa sporty berkat kehadiran Parametric Jewel Pattern Grille yang berpadu dengan Hidden-type LED DRL. Di India Creta justru terlihat sporty dengan kehadiran susunan grille berlapis krom berjarak. Perbedaan desain Creta di Indonesia dan India ini tentu menjadi kelebihan supaya SUV buatan Cikarang itu lebih dilirik. 

2. Dijejali Ragam Fitur Canggih 

Hyundai juga melengkapi Creta 2022 dengan fitur keselamatan berbasis radar bernama Hyundai SmartSense. Fitur ini terdiri dari Forward Collision-avoidance Assist (FCA) yang secara otomatis memperingatkan potensi risiko tabrakan dari depan. Jika diperlukan, mobil akan secara otomatis mengerem bila sistem menilai adanya tabrakan yang akan terjadi dengan kendaraan dan juga pejalan kaki di area depan mobil. Kemudian Lane Following Assist (LFA) dan Lane Keeping Assist (LKA) akan membantu mobil tetap berada di dalam marka jalan melalui informasi visual dan audio, serta membantu mengembalikan mobil ke posisi ideal apabila keluar dari jalur marka. 

Hyundai Creta 2022

Fitur Blind-spot Collision-avoidance Assist pada Creta 2022

Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA) yang mendeteksi dan memantau kendaraan yang datang dari belakang untuk membantu menghindari potensi tabrakan atau tabrakan dengan mengaktifkan rem secara otomatis jika diperlukan. Sistem keamanan ini juga mencakup situasi saat pelanggan melakukan parkir paralel. Terakhir Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA)  yang berfungsi saat mobil melakukan posisi parkir mundur, di mana sensor akan mendeteksi kendaraan yang mendekat dari kiri atau kanan belakang, memberikan peringatan audio, dan secara otomatis mengaktifkan rem bila diperlukan.

Hyundai SmartSense akan mendukung keselamatan berkendara yang optimal. Pengemudi pun bisa lebih fokus dalam mengemudi karena detail-detail kecil seperti menjaga mobil di lajur atau mengantisipasi kemungkinan kecelakaan sudah terbantu oleh fitur ini.

Hyundai Creta 2022

Interior Creta 2022

Tak kalah penting, disematkan juga fitur yang memudahkan ketika mengemudi seperti Hill-Start Assist Control (HAC) dan Emergency Stop Signal (ESS). Di segmen Low SUV yang bakal dihuni Creta, deretan fitur tersebut cukup menjadi daya tarik bagi konsumen di Tanah Air. Kalau diperhatikan di segmen tersebut misalnya pada calon rival kuat Honda HR-V, fitur berbasis radar itu belum tersaji. 

"Kita beri safety feature sangat tinggi jadi sangat penuh safety featurenya, jadi banyak," beber Makmur. 

>>> Review Hyundai CRETA 2021: SUV Pertama Hyundai untuk Orang Indonesia

3. Mobil Bisa Dikontrol dari Smartphone

Keberadaan Hyundai Creta 2022 ini bisa Anda pantau melalui smartphone dengan adanya Hyundai Bluelink. Hyundai Bluelink menyajikan fitur-fitur penting kendaraan seperti mengetahui kondisi terkini, menghidupkan/mematikan mesin, mengatur suhu kabin, mengunci/membuka kunci pintu, menyalakan klakson, menyalakan atau mematikan lampu, hingga mengetahui keberadaan mobil.

Terdapat pula Stolen Vehicle Notification & Stolen Vehicle Tracking dapat memberi peringatan kepada pemilik mobil melalui smartphone saat mobil sedang ingin dicuri dan mengetahui posisinya secara real time.

Gambar Hyundai Bluelink

Creta bisa dipantau melalui smartphone Anda

Pemilik mobil juga bisa membuat pagar virtual (Geo-Fence Notification) yang mengatur perimeter. Jadi ketika mobil keluar dari batasan digital tadi, akan ada notifikasi yang diterima oleh pemilik kendaraan. Jika mobil dicuri, pemilik mobil juga bisa langsung menghubungi call center untuk meminta mobil tersebut dilumpuhkan dengan Stolen Vehicle Immobilization.

Hyundai Bluelink memungkinkan pemilik mobil juga bisa mengetahui apabila mobil sedang dalam kondisi prima maupun kurang prima melalui Manual/Automatic Diagnostic Report yang secara otomatis akan melakukan diagnosa jika terjadi kejanggalan pada mobil.

Terdapat pula laporan bulanan mengenai berbagai aktivitas yang telah dilakukan kendaraan lewat fitur Driving Information and Vehicle Health Report.

"Kita produk yang dapat memberikan inovasi kepada konsumen dengan memberikan mobil ini selalu monitor dengan smartphone. Ini adalah satu produk unggulan yang kami siapkan untuk Indonesia," kata Makmur. 

>>> Melihat Bakal Rival Hyundai Creta di Tanah Air

Harga Hyundai Creta 2022

Gambar Hyundai CRETA

Harga Hyundai Creta cukup kompetitif di kelasnya

Siapa yang tak tertarik dengan fitur-fitur yang disajikan pada Creta 2022? Bagi Anda yang kepincut dengan Creta 2022, maka bisa langsung memilih tipe yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Hyundai Creta 2022 ditawarkan dengan enam pilihan varian dengan harga yang bervariasi. Lebih lengkapnya, simak daftar harga Hyundai Creta berikut. 

  • Hyundai Creta Active 6-speed MT: Rp 279.000.000,- (OTR Jakarta)
  • Hyundai Creta Trend 6-speed MT: Rp 299.000.000,- (OTR Jakarta)
  • Hyundai Creta Trend IVT: Rp 319.000.000,- (OTR Jakarta)
  • Hyundai Creta Style IVT: Rp 359.000.000,- (OTR Jakarta)
  • Hyundai Creta Prime IVT: Rp 397.500.000,- (OTR Jakarta)
  • Hyundai Creta Prime IVT Two Tone Roof: Rp 399.000.000,- (OTR Jakarta)

Hyundai Creta 2022 ditawarkan dengan ragam pilihan warna yakni Creamy White Pearl, Magnetic Silver Metallic, Titan Grey Metallic, Midnight Black Pearl, Glowing Silver Metallic, Galaxy Blue Pearl, Dragon Red Pearl, Magnetic Silver Metallic with Black Roof, Dragon Red Pearl with Black Roof, dan Creamy White Pearl with Black Roof. 

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang menarik lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa Dimensi Hyundai Creta?
Hyundai Creta memiliki dimensi panjang 4.315 mm x lebar 1.790 mm x tinggi 1.630 mm.
Berapa kapasitas kursi Hyundai Creta?
Hyundai Creta merupakan SUV 5-seater yang berhadapan langsung dengan Honda HR-V.
Berapa harga Hyundai Creta 2022?
Hyundai Creta 2022 dipasarkan mulai dari Rp 279 jutaan untuk tipe terendah dan Rp 399 jutaan untuk tipe tertinggi Hyundai Creta Prime IVT Two-Tone Roof.

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top