Review Hyundai CRETA 2021: SUV Pertama Hyundai untuk Orang Indonesia

15/11/2021

Share this post:

Hyundai Creta 2021

Editor rate:

Rp 279.000.000

Lihat promo

Hyundai baru saja merilis SUV CRETA di lantai GIIAS 2021. Hyundai CRETA 2021 merupakan SUV perdana dari pabrikan Korea Selatan itu untuk orang Indonesia.

Review Hyundai CRETA 2021: SUV Pertama Hyundai untuk Orang Indonesia
Review Hyundai CRETA 2021: SUV Pertama Hyundai untuk Orang Indonesia
0 Gambar

Pengantar Hyundai Creta 2021

Mari kita simak spesifikasi Hyundai Creta 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Desain Eksterior Elegan

Dibekali fitur keamanan masa kini 

Harga lebih murah dari kompetitor

Kekurangan

Material interior tak terlalu istimewa

Hanya satu pilihan mesin

Hyundai turut meramaikan pasar persaingan SUV di Indonesia dengan meluncurkan mobil teranyarnya CRETA di lantai pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Hyundai Creta merupakan SUV pertama yang diproduksi oleh pabrikan asal Negeri Ginseng itu di Indonesia dan dibuat untuk masyarakat di Tanah Air. 

Hyundai CRETA 2021

Grille depan CRETA versi Indonesia berbeda dengan India

Hyundai CRETA 2021 ini mengusung banyak fitur canggih yang telah disesuaikan dengan kebutuhan orang Indonesia. 

“Saya ingin mengucapkan terima kasih atas perhatian dan sambutan yang kami terima dari pelanggan Indonesia - melebihi apa yang kami harapkan. Hari ini, kami dengan bangga menandai pencapaian baru dalam membawa visi kami ke Indonesia melalui produk perdana dari pabrik Hyundai di Indonesia. Hyundai CRETA buatan Indonesia untuk Indonesia tentunya akan memberikan pengalaman berkendara yang baru bagi pelanggan kami," kata President Director PT Hyundai Motors Indonesia SungJong Ha. 

Penasaran fitur apa saja yang disajikan Hyundai CRETA 2021 untuk memanjakan konsumen Indonesia sepanjang perjalanan? Berikut review Hyundai CRETA 2021 yang disajikan tim Cintamobil.com. 

Mobil Baru Populer

Rp 888 Juta - Rp 1.02 Milyar
Rp 287.2 - Rp 429 Juta
Rp 255.2 - Rp 276.6 Juta
Rp 219 - Rp 265 Juta

Eksterior Hyundai Creta 2021

Hyundai CRETA yang dihadirkan di Indonesia berbeda dengan versi India. Dari sisi eksterior pun terlihat jelas perbedaan signifikan dengan versi India. Hyundai mengklaim bahwa desainnya sudah disesuaikan dengan selera orang Indonesia. 

"Orang Indonesia desainnya suka SUV look, kelihatan kuat, dan feature-feature. Makanya kalau kita lihat kan desainnya beda," beber Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia Makmur. 

Review Hyundai CRETA 2021: Eksterior Depan

Hyundai CRETA 2021

CRETA tampil stylish di sisi depan

Hyundai CRETA memiliki tampilan stylish yang menarik perhatian dan cocok untuk gaya hidup urban masyarakat Indonesia. Sisi depan mobil ini menonjolkan keunikan CRETA dengan adanya lampu Parametric Jewel Hidden-Type DRL.

Review Hyundai CRETA 2021: Eksterior Samping 

Hyundai CRETA 2021

Creta nampak berotot dilihat dari samping

Dari sisi samping, terlihat perpaduan warna two tone yang diusung CRETA mengensankan mobil sporty. Untuk melengkapi tampilan sporty itu, Hyundai juga membekali CRETA dengan 17-inch Diamond Cut Alloy Wheels. 

Garis dan lekuk pada bodi CRETA menambahkan kesan mobil ini kokoh dan berotot. Ground clearance CRETA terbilang tinggi yakni 200mm. 

Review Hyundai CRETA 2021: Eksterior Belakang

Hyundai CRETA 2021

Tampilan lampu belakang cukup unik

Di sisi belakang, tampilan stylish masih terasa dengan kehadiran High Mounted Stop Lamp (HMSL) dan Boomerang-type Rear Light. 

>>> GIIAS 2021: Rekomendasi Mobil Rp 200 Jutaan, Dari Xenia Hingga Creta


Interior Hyundai Creta 2021

Melihat sekilas, interior CRETA terlihat cukup kekinian dengan ragam fitur yang dihadirkan. Namun materialnya justru menggunakan kombinasi plastik. Ada dua warna interior yang dapat dipilih yakni Full Black pada semua tipe atau Black/Cognac Two Tone tersedia mulai varian Trend.

Review Hyundai CRETA 2021: Dashboard dan Setir

Interior CRETA terlihat kekinian berkat kehadiran Full TFT LCD Meter Cluster berukuran 10,25 inci dengan tampilan digital sebagai akses ke berbagai pengaturan fitur kenyamanan, termasuk pengaturan warna tampilan pada panel instrument cluster, yang juga dapat berubah saat menyesuaikan mode berkendara atau driving mode.

Hyundai CRETA 2021

CRETA menghadirkan dashboard digital

Laci dashboard Hyundai CRETA bisa digunakan sebagai tempat untuk menjaga kesegaran makanan dan minuman berkat Cooled Glove Box. Nuansa sporty juga terasa di bagian interior dengan hadirnya setir berdesain D-Cut. 

Review Hyundai CRETA 2021: Sistem Hiburan

Dari sisi infotainment, CRETA juga dilengkapi dengan layar Display Audio berukuran 8 Inci dengan berbagai fitur dan dapat terhubung ke smartphone. Perangkat ini terhubung ke 8 (delapan) unit speaker BOSE Premium Sound System.

Hyundai CRETA 2021

Sistem hiburan CRETA tak sepenuhnya dioperasikan menggunakan layar sentuh

Namun sayang, layar hiburan ini tak sepenuhnya dioperasikan melalui layar sentuh. Melainkan masih menggunakan tombol serta knop putar. Padahal kalau full touchscreen lebih memperkuat kesan modern.

Review Hyundai CRETA 2021: Kursi

Hyundai CRETA 2021

Ventilated Seat pada CRETA menambah kenyamanan sepanjang perjalanan

Kenyamanan di dalam Hyundai CRETA Indonesia tersaji dengan adanya Ventilated Seat yakni kursi yang dapat diatur suhunya untuk memberikan kesejukan dan meningkatkan kenyamanan bagi penumpang dan pengemudi. Kesan premium lainnya juga bisa terlihat dengan hadirnya panoramic sunroof. 

>>> Melihat Bakal Rival Hyundai Creta di Tanah Air

Fitur Hyundai Creta 2021

Fitur canggih belakangan tersemat pada sejumlah mobil baru di Indonesia, tak terkecuali Hyundai CRETA. Hyundai CRETA telah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang akan bekerja secara signifikan dalam mendukung pelanggan untuk mengemudi dengan lebih aman. 

Hyundai CRETA 2021

Fitur Hyundai SmartSense sudah tersemat pada CRETA

Review Hyundai Creta 2021: Fitur Keselamatan 

6 Airbag yang terletak di posisi sopir, penumpang, samping, dan jendela) sudah tersemat pada CRETA tipe Prime dan Style. Kemudian, Hyundai CRETA dibekali Hill-Start Assist Control (HAC) yang akan membantu mencegah mobil bergerak mundur tanpa disengaja saat posisi mobil berhenti di kondisi tanjakan; Emergency Stop Signal (ESS); fitur yang secara otomatis menyalakan lampu hazard saat melakukan pengereman mendadak; dan Vehicle Stability Management (VSM), sebuah sistem yang membantu kendaraan untuk tetap dalam kondisi stabil pada saat meningkatkan kecepatan atau melakukan pengereman secara mendadak pada kondisi jalanan yang basah, licin, dan tidak mulus.

Belum lagi kehadiran Hyundai SmartSense dengan menggunakan ragam sensor dipercaya membuat CRETA semakin aman. Sistem di Hyundai SmartSense akan terus memantau area sekitar dan membantu memberikan keamanan lebih dari potensi bahaya pada saat mengemudi.

Adapun fitur Hyundai SmartSense pada CRETA antara lain Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), sebuah sistem yang secara otomatis memperingatkan potensi risiko tabrakan dari depan. Jika diperlukan, mobil akan secara otomatis mengerem jika sistem menilai adanya tabrakan yang akan terjadi dengan kendaraan dan juga pejalan kaki di area depan mobil.

Hyundai CRETA 2021

Fitur Blind-spot Collision-avoidance Assist pada CRETA

Selain itu, ada pula Lane Keeping & Lane following Assist (LKA & LFA) pada tipe Prime. Keduanya akan membantu mobil tetap berada di dalam marka jalan melalui informasi visual dan audio, serta membantu mengembalikan mobil ke posisi ideal apabila keluar dari jalur marka.

Fitur keselamatan juga ditingkatkan dengan adanya Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) di tipe Prime dan Style, yang mendeteksi dan memantau kendaraan yang datang dari belakang untuk membantu menghindari potensi tabrakan atau tabrakan dengan mengaktifkan rem secara otomatis jika diperlukan. Sistem keamanan ini juga mencakup situasi saat pelanggan melakukan parkir paralel. 

Selanjutnya terdapat pula Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) pada tipe Trend, Style, dan Prime, yaitu fitur yang berfungsi saat mobil melakukan posisi parkir mundur, di mana sensor akan mendeteksi kendaraan yang mendekat dari kiri atau kanan belakang, memberikan peringatan audio, dan secara otomatis mengaktifkan rem bila diperlukan.

"Kita berikan safety feature sangat tinggi, ada VCA, LKA, VSC, jadi banyak," beber Makmur.

>>> Review Hyundai Santa Fe Bensin 2021: Bagi yang Mengutamakan Kehalusan dan Kesenyapan

Operasi Hyundai Creta 2021

Hanya ada satu pilihan mesin yang ditawarkan CRETA 2021 yakni mesin bensin Smartstream 1.5L. Mesin itu dipasangkan dengan transmisi manual 6-percepatan atau Intelligent Variable Transmission (IVT) yang memungkinkan mobil ini memaksimalkan efisiensi bahan bakar dan secara bersamaan memberikan pengalaman berkendara yang lebih mulus dan responsif.

Hyundai CRETA 2021

Hanya ada satu pilihan mesin yang ditawarkan yakni 1.5L

Mesin Hyundai CRETA 2021 dapat menyemburkan tenaga hingga 115 PS/6.100 rpm dan torsi maksimum 143,8 Nm/4.500 rpm. CRETA juga memiliki empat jenis mode berkendara atau Drive Mode untuk membantu menentukan gaya berkendara yang paling sesuai, yaitu: Eco, Comfort, Smart, dan Sport. Berbeda dengan sang rival Honda HR-V yang menawarkan dua pilihan mesin yakni 1.5L dan 1.8L. 

Spesifikasi Hyundai Creta 2021

Mesin Hyundai CRETA 2021

Seri Mesin

Smartstream G1.5 MPI Inline 4 cylinders

Kapasitas Mesin

1.497 cc

Tenaga Maksimum

115 PS @ 6,300 rpm

Torsi Maksimum

143,8 Nm @ 4,500 rpm

Transmisi

iVT dan 6-percepatan manual

Sistem Penggerak

Front-Wheel Drive

Dimensi Hyundai CRETA 2021

Panjang x Lebar x Tinggi

4.315 x 1.790 x 1.630 mm

Jarak Sumbu Roda

2.610 mm

Ground Clearance

200 mm

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

40 liter

Kapasitas Bagasi

416 / 1,384 L

Kaki-Kaki Hyundai CRETA 2021

Suspensi Depan & Belakang

MacPherson Strut

Coupled Torsion Beam Axle (CTBA)

Rem Depan & Belakang

15in (Φ280) Ventilated Disc, Floating-caliper Brakes
14in (Φ262) Solid Disc, Floating-caliper Brakes

Sistem Kemudi

Column - Motor Driven Power Steering (C-MDPS)

Velg

17 inci

Ban

215/60R17

Daftar Harga Hyundai Creta 2021

Ada enam avarian Hyundai CRETA Indonesia yang ditawarkan di Indonesia dan dijual mulai harga Rp 279.000.000. Berikut daftar lengkap harga Hyundai CRETA yang dijual di Indonesia. 

Tipe Mobil Harga
Hyundai CRETA Active 6-speed MT Rp 279.000.000
Hyundai CRETA Trend 6-speed MT Rp 299.000.000
Hyundai CRETA CRETA Trend IVT Rp 319.000.000
Hyundai CRETA Style IVT Rp 359.000.000
Hyundai CRETA Prime IVT Rp 397.500.000
Hyundai CRETA Prime IVT Two Tone Roof Rp 399.000.000

*Harga berlaku OTR Jakarta

Kesimpulan Hyundai Creta 2021

Hyundai CRETA bisa menjadi alernatif terbaru bagi Anda yang tengah mengincar SUV berkapasitas lima penumpang berpenampilan stylish. Terlebih dengan sejumlah fitur canggih yang ditawarkan, di atas kertas harga Hyundai CRETA lebih murah dari rival sekelasnya. 

Dina Rayanti
Share this post:

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
back to top