Harga Honda Brio Lama Semakin Terjangkau, Cocok Buat Anak Kuliahan

28/07/2021

Jual beli

4 menit

Share this post:
Harga Honda Brio lama yang sangat terjangkau dengan konsumsi bahan bakar yang irit di jalanan perkotaan membuat city car ini cocok untuk anak kuliahan.

Mobil Honda Brio lama memang masih populer di pasar mobil bekas. Apalagi Honda Brio generasi pertama dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, meski harganya cukup stabil di pasaran. Dengan dimensinya yang kompak, gesit, dibantu konsumsi BBM yang irit, mobil ini cocok bagi pengendaraan perkotaan, contohnya untuk anak kuliah.

Tampilannya atraktif

Masalah tampilan memang menjadi selera masing-masing orang. Namun Honda Brio yang ditujukan untuk anak muda ini memang dibuat sebagai city car yang menarik. Meski generasi pertama bukanlah model paling menawan pada mobil ini, namun tampilannya cukup menawan jika dibandingkan dengan mobil lain pada masanya.

Dimensinya yang kompak membantu mobil ini dengan gesit berliuk-liuk di jalanan perkotaan yang dinamis. Apalagi mobil ini sudah dilengkapi dengan desain bonnet yang sporty.Bahkan jika Anda ingin mempercantik tampilannya, ada banyak bengkel spesialis dan aksesoris tambahan yang patut dicoba.

Honda Brio lama dengan kaca belakang yang besar
Tampilannya cukup atraktif, dengan kaca belakang terlihat cukup besar

Mengingat mobil ini menjadi salah satu model langganan modifikasi. Mulai dari mengubah bumper menjadi lebih sangar, menggunakan velg berwarna hitam, atau bahkan mengganti setir dan jok di dalam mobil sering dilakukan untuk kesan lebih sporty dari pemilik Brio.

Karena dimensinya yang mungil, memang bagian dalam mobil ini tak sebesar model SUV maupun MPV yang lebih besar. Tapi mobil bergaya hatchback ini masih cukup lapang berkat desain kursi yang dibuat lega. Apalagi bangku baris kedua sudah cukup baik untuk menopang penumpang dewasa.

Tapi memang bangku yang ditawarkan tak terlalu cocok jika dibawa berkendara dalam perjalanan jauh, ke luar kota contohnya. Namun untuk perjalanan di dalam kota, misalnya dari rumah ke kampus, mobil ini cukup efisien.

kursi Honda Brio dengan pelapis jok dari kain
Ruang kabin cukup lega untuk penumpang di belakang

Terlihat dari banyaknya ruang penyimpanan yang bisa Anda temukan untuk menyimpan kebutuhan sehari-hari. Meski ruang bagasi di belakang tak terlalu lega, namun bisa digunakan untuk menyimpan tas, laptop, maupun peralatan kulias yang tak butuh ruang besar.

Salah satu kekurangannya terlihat dari panel plastik yang menghiasi dashboard maupun panel pintu Brio lama. Perbedaan yang terasa yaitu hanya ada power window pada pintu depan Brio S, sedang pintu belakang masih engkol.

>>> Simulasi Harga Kredit Honda Brio, Mobil Murah Paling Diburu

Konsumsi bahan bakar irit

Mesin berkapasitas 1.3 liter mampu mengeluarkan tenaga 100 PS, sedang pilihan mesin 1,2 liter menghadirkan tenaga 89 PS. Namun bukannya performa, Honda Brio lama dikenal karena memiliki konsumsi bahan bakar yang terbilang irit untuk sekelas mobil perkotaan.

Dalam kondisi stop and go di jalanan penuh kemacetan, konsumsi BBM Honda Brio bisa mendapatkan 18 km/liter, sedangkan perjalanan ke luar kota bisa menempuh 22 km/liter. Terlebih Brio sudah dilengkapi dengan Eco Indicator yang tentu saja sangat membantu untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar mobil ini

mesin Honda Brio keluaran tahun 2012
Kelebihan Honda Brio lama terlihat pada konsumsi BBM yang irit

Namun perhatikan terlebih dahulu ketika harus membeli mobil Honda Brio lama. Pasalnya mesin bisa saja tak sekuat barunya, walaupun Brio sendiri dikenal memiliki mesin yang cukup bandel. Sebisa mungkin perhatikan riwayat servis berkala jika ada. Dan jangan ragu melakukan uji jalan atau test drive untuk mengecek kondisi mesin, transmisi, maupun kaki-kaki mobil ini.

Kemudi dengan desain 3-spoke akan menemani Anda sepanjang perjalanan. Sudah menggunakan teknologi Power Steering, tentunya memberikan kemudahan ketika harus berkendara di jalanan yang berliku maupun di tengah perkotaan yang penuh kemacetan.

setir Honda Brio yang sedang digunakan
Handling Brio cukup baik untuk jalanan perkotaan

Brio mengusung rasa berkendara yang sporty dengan mesin 1.3 liter yang digunakan. Lingkar kemudi terasa ringan, sehingga mudah dikendalikan walaupun dipacu pada kecepatan tinggi. Nyaman pula diajak bermanuver. Dimensinya yang mungil dengan radius putar yang kecil juga sangat membantu untuk mencari ruang parkir di area kampus.

>>> 3 Masalah Honda Brio Lama yang Sering Ditemui Pemiliknya

Fitur terbilang lengkap

Ada beberapa perbedaan yang terlihat pada Brio E dan Brio S dalam hal fitur. Head unit Brio S masih mengandalkan model Single DIN, berbeda dengan Brio E yang sudah mendapatkan head unit double DIN.  Begitu pula dengan kisi AC yang cuma terdapat pada tipe E.

interior Honda Brio keluaran tahun 2012
Ada head unit 2DIN untuk varian tertinggi

Di segi pengereman, Honda Brio model lama ini bahkan sudah mendapatkan fitur Anti-lock Braking System (ABS) yang akan membantu Anda ketika melakukan pengereman mendadak di jalanan licin, serta fitur Electronic Brakeforce Distribution (EBD) guna mendistribusikan pengereman sesuai beban. Kedua fitur ini merupakan fitur wajib bagi kendaraan baru saat ini.

Sistem keamanan lainnya semisal Pedestrian Protection yang mengurangi dampak tabrakan bagi pejalan kaki. Serta fitur Security Alarm, dan Immobilizer Anti-Theft System yang akan memberikan rasa nyaman pada saat meninggalkan mobil ini di rumah maupun parkiran kampus.

>>> Jajaran Mobil Terlaris, Intip Kelengkapan Fitur Honda Brio RS Urbanite

Harga Brio lama Bekas

Saat ini, memang ada empat varian Honda Brio yang dipasarkan di Indonesia. Yaitu tipe S, tipe E, Brio RS, serta Honda Brio Urbanite yang baru diperkenalkan awal tahun 2021 lalu. Varian terendah saat ini dibanderol Rp 151 jutaan, sedangkan harga Honda Brio Urbanite dipasarkan mulai dari Rp 201 jutaan.

Honda Brio 2012 yang ada di pasar mobil bekas
Harga Honda Brio lama cukup terjangkau di pasar mobil bekas

Tapi berbeda ketika pertama kali diperkenalkan, Honda hanya mengeluarkan dua varian saja pada mobil ini. Yaitu tipe S sebagai varian terendah dan varian E yang merupakan bagian tertinggi mobil ini. Harganya pun sudah cukup turun, walaupun masih tetap stabil jika dibandingkan dengan hatchback lainnya.

Harga Honda Brio lama sudah cukup terjangkau. Honda Brio bekas Rp 70 juta bisa ditemukan pada mobil keluaran tahun 2012. Namun harga yang ditawarkan tentu saja sesuai dengan kondisi kendaraan. Beberapa model keluaran tahun 2012 berada dalam kisaran Rp 80 jutaan hingga Rp 100 jutaan.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang menarik lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga mobil Brio matic tahun 2017?
Dengan umur yang masih cukup muda, harga mobil Brio matic tahun 2017 saat ini berada di kisaran Rp 100 jutaan hingga Rp 130 jutaan.
Apakah ada Honda Brio bekas Rp 70 juta?
Untuk mobil generasi pertama keluaran tahun 2012 bisa didapatkan dengan harga Rp 70 jutaan saja.
Berapa harga mobil Brio bekas 2015
Harga mobil Honda Brio bekas keluaran tahun 2015 saat ini dibanderol mulai dari Rp 90 jutaan

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top