3 Masalah Honda Brio yang Sering Ditemui Pemiliknya

15/12/2019

Perawatan dan service

5 menit

3 Masalah Honda Brio yang Sering Ditemui Pemiliknya
Walaupun populasinya sudah sangat banyak, namun ada beberapa masalah Honda Brio yang dialami pemiliknya. Masalahnya memang tidak mendasar, tapi bakal mengganggu

Honda Brio termasuk city car yang cukup populer di Indonesia. Bodi yang ringkas, mesin yang cukup bertenaga, lincah dikendarai, adalah tiga hal yang membuat mobil ini digemari. Apalagi harga jualnya baik dalam kondisi baru maupun bekas cukup terjangkau. Tak heran Brio selalu jadi salah satu penyumbang mobil Honda yang terlaris di Indonesia.

>>> Mobil Bekas LCGC: Toyota Agya vs Honda Brio Satya

Di Tanah Air, Brio dihadirkan Honda pertama kali pada 2012. Kemudian setahun berikutnya Honda mulai memproduksi Brio di dalam negeri sekaligus memperkenalkan Honda Brio Satya. Model ini masuk dalam program Low Cost Green Car (LCGC) dari pemerintah saat itu. Kini Brio sudah masuk pada generasi yang kedua.

Saat pertama kali hadir, Brio hanya ditawarkan dalam dua varian, yaitu yang bertransmisi manual dan otomatis CVT. Kemudian Honda Indonesia menambahkan Brio Satya dalam satu keluarga besar Brio. Lalu di 2016, Honda munculkan juga Brio tipe E CVT dan Brio RS sebagai varian tertinggi. Dan saat ini Honda Brio hadir dengan tipe Satya, tipe E, tipe E CVT, tipe RS, dan tipe RS CVT.

Walau populasinya sudah amat banyak, namun ternyata ada beberapa masalah Honda Brio yang beberapa kali ditemui para pemiliknya. Apa saja hal itu?

1. Suara di Dasboard

dashboard mobil Honda Brio

Bunyi bersumber dari bagian dashbaord mobil ini yang kurang rapat

>>> Promo mobil baru Honda cek disini

Ada beberapa pemilik Brio yang mengeluhkan munculnya suara dari dashboard mobil ini. Suara itu muncul akibat adanya bagian dashboard mobil dan panel pintu yang kurang tertutup rapat sehingga ada celah kecil. Celah inilah yang akan menimbulkan bunyi ketika mobil melaju, terutama saat melewati kondisi jalan rusak. Bunyi ini biasanya muncul pada Brio Satya produksi awal.

2. Kabin Kurang Senyap

peredam pintu mobil

Tambah peredam biar kabin makin senyap

Masalah Honda Brio lainnya yang sering dikeluhkan adalah suara mesin dan gesekan ban dengan jalan masuk ke dalam kabin. Kabin tidak sesenyap mobil Honda lainnya seperti Jazz. Jika demikian, maka solusinya adalah menambahkan peredam aftermarket pada bagian panel pintu. Dan jangan lupa tambahkan juga karpet lantai yang cukup tebal agar suara ban bisa tereduksi.

>>> Pilihan mobil bekas Honda terlengkap ada disini

3. Mesin Boros BBM

mesin Honda Brio i-VTEC

Gunakan oli dan bahan bakar sesuai saran pabrikan dan lakukan servis berkala

Walau dimensinya kecil dan tenaganya terbesar di kelasnya, ternyata ada beberapa pemilik Brio yang beranggapan mobilnya tidak hemat bahan bakar. Hal itu mungkin terjadi karena mobil tidak dirawat dengan benar. Terlebih lagi untuk Brio produksi awal yang masih menggunakan mesin berkapasitas 1.300 cc. Solusinya, lakukan penyetelah klep mesin ketika odometer sudah mencapai angka cukup tinggi. Gunakan bahan bakar dan oli yang disarankan pabrikan. Lalu berkendaralah secara konstan.

>>> Tips dan trik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top