Review All New Honda Brio Export Version 2019

23/04/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,5
Inilah All New Honda Brio spesifikasi ekspor yang dirakit oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) di Karawang, Jawa Barat. Apakah All New Honda Brio 2019 Export Version yang akan dikirim ke Vietnam dan Phillipina ini tak ada bedanya dengan versi lokal? Siapa bilang?

PENGANTAR Honda Brio 2019

Sebuah Infografik yang menunjukkan Sejarah mobil Honda Brio di pasar Indonesia

Inilah highlight dari perjalanan Honda Brio di Indonesia

Review All New Honda Brio Export Version 2019 - Kiprah Honda Brio di pasar mobil Indonesia tak bisa dianggap remeh, meski banyak pihak yang skeptis dan sangsi akan kehadiran hatchback kecil racikan Honda ini di pasar mobil Indonesia tahun 2012. Namun pada kenyataannya mobil ini cukup diminati oleh konsumen di pasar mobil Indonesia. Honda Brio pertama kali masuk ke Indonesia pun dalam format CBU dari Thailand dengan satu varian yang menggendong mesin 4 silinder 1300 cc berkatup variabel i-VTEC.

Gambar sebuah mobil All New Honda Brio siap di ekspor ke Vietnam dan Phillipina

 Ekspor ini merupakan debut All New Brio di Vietnam

Diminatinya Honda Brio di pasar mobil Indonesia, membuat PT Honda Prospect Motor mengalihkan produksi mobil ini ke Indonesia alias CKD tepat setahun setelah masa peredaran mobil ini di Indonesia. Pada tahun 2013 ini pula, Honda Brio merangsek ke pasar LCGC (Low Cost Green Car) dengan diluncurkannya Honda Brio Satya. Harus diakui PT Honda Prospect Motor sangat jeli dalam melihat produknya yang berpotensi untuk pasar mobil di kelas ini.

Gambar menunjukkan sebuah mobil All New Honda Brio RS Export

Meski tampilannya identik, namun All New Honda Brio export version 2019 ini punya beberapa perbedaan

Kesuksesan Honda Brio di pasar nasional tidak membuat PT Honda Prospect Motor berpuas hati. Sejak diluncurkannya All New Honda Brio di pasar mobil Indonesia, kami dari tim Cintamobil.com sebenarnya sudah mengendus kemungkinan mobil ini akan di ekspor ke manca negara. Karena, hasil perbincangan kami dengan Tsutomu Harano selaku Large Project Leader All New Honda Brio, Honda R & D Asia Pasific Co.,Ltd di Bali saat All New Honda Brio Media Test Drive 2018, ia mengatakan bahwa meski studi produk baru mereka ini dilakukan di Indonesia, namun tidak menutup kemungkinan mobil ini siap ekspor ke mancanegara. 

Gambar menunjukkan sebuah baris mobil  All New Honda Brio diimport ke Vietnam

All New Honda Brio Export Version siap 'dikapalkan' ke Filipina dan Vietnam

Dan pada akhirnya, pada tanggal 26 Maret 2019 All New Honda Brio Export Version 2019 resmi di 'lepas' ke mancanegara. Dan dua negara di ASEAN yang beruntung mendapatkan All New Honda Brio Export Version 2019 adalah Vietnam dan Filipina. Untuk negara Vietnam, ini merupakan debut bagi mobil ini pada negara tersebut, sedangkan untuk Filipina, mobil All New Honda Brio Export Version 2019 ini akan menggantikan Honda Brio dengan model lawas bermesin 1300 cc yang masih dijual disana. Lantas, bagaimana pendapat kami mengenai mobil ini? Apakah sama saja alias tak ada beda dengan versi lokal? Mari kita lihat.

EKSTERIOR Honda Brio 2019

Review All New Honda Brio Export Version 2019 : Tampilan Depan

Gambar menujukkan tampilan depan All New Honda Brio Export Version 2019

Tampilan depan dari mobil ini sepintas tak ada beda dengan versi lokal, namun sebenarnya ada beda

Melihat tampilan mobil ini dari bagian eksterior depan, sepintas tak ada perbedaan antara All New Honda Brio Export Version 2019 dibandingkan dengan versi yang dijual di Indonesia. Namun, jika jeli dan teliti, sebenarnya tetap ada perbedaan, yaitu posisi wiper depan yang opposite atau berlawanan dengan versi Indonesia. Hal ini lantaran All New Honda Brio Export Version 2019 ini menganut layout setir kiri, otomatis posisi wiper depan pun mengikuti posisi setir.

Review All New Honda Brio Export Version 2019 : Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilanbagian samping All New Honda Brio Export Version 2019

Sama seperti tampilan depan, pada tampilan samping eksterior mobil ini pun sepintas tak ada beda

Ban dan pelek yang digunakan oleh All New Honda Brio Export Version 2019 ini sama persis dengan yang digunakan di versi lokal. Kami dari tim Cintamobil.com sudah melakukan verifikasi dengan mencocokkan model serta tipe ban yang digunakan. Hasilnya ban yang digunakan adalah Bridgestone Potenza RE030 dengan ukuran lebar 185/55 R15. Perbedaan baru terasa ketika bodi mobil diketuk, kemungkinan disebabkan oleh peredam yang dipakai sedikit lebih tebal dari versi lokal.

Review All New Honda Brio Export Version 2019 : Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang All New Honda Brio Eksport Version 2019

Untuk tampilan eksterior belakang dari mobil ini tak ada bedanya dengan versi lokal

Tampilan belakang dari All New Honda Brio Export Version 2019 ini tak ubahnya dengan versi lokal. Dan kami sudah cek juga saat dilokasi peluncuran mobil ini, tak ada beda sama sekali, baik itu bentuk bodi, detail bodi, hingga tebal bodi mobil saat diketuk dengan tangan. Bentuk lampu belakang hingga bohlamnya yang belum LED, posisi handle pintu eletrik hingga posisi emblem BRIO hingga RS sama dengan versi lokal. 

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Honda Brio 2019

Review All New Honda Brio Export Version 2019 : Layout Dasbor

Gambar menujukkan Layout Dasbor All New Honda Brio Export Version 2019

Posisi setir merupakan beda terbesar dari All New Honda Brio Export Version 2019 dengan versi lokal

Posisi setir merupakan pembeda terbesar antara All New Honda Brio Export Version 2019 dengan Honda Brio versi lokal. Hal ini dikarenakan karena lalu lintas di Filipina maupun Vietnam menganut left hand drive alias setir kiri. Berbeda dengan negara kita yang menganut setir kanan. Material dasbor yang digunakan juga sama seperti yang ada di Honda Brio versi lokal. Pun demikian dengan panel AC digitalnya.

Review All New Honda Brio Export Version 2019 : Setir

Gambar menunjukkan desain bagian Setir All New Honda Brio Export Version 2019

Setir yang digunakan sama dengan versi lokal

Setir yang digunakan pada All New Honda Brio Export Version 2019 ini sama dengan versi lokal, baik bahan yang digunakan, pengaturan setirnya yang hanya bisa tilt steering tanpa telescopic hingga posisi tombol setirnya. Diameter dari lingkar kemudi ini terasa pas untuk digenggam oleh tangan dan tidak licin untuk digenggam meski telapak tangan dalam keadaan agak berkeringat. 

Review All New Honda Brio Export Version 2019 : Kursi

Gambar menunjukkan desain bagian Kursi All New Honda Brio Export Version 2019

Corak kursi maupun motif yang digunakan pun sama dengan All New Honda Brio versi lokal

Satu hal lagi yang tidak ada ubahan dengan All New Honda Brio versi lokal adalah corak kursi maupun motif yang digunakan. Tak hanya sampai disitu saja, bahan yang digunakan juga sama baiknya dengan versi yang dijual di Indonesia. Pengaturan dari kursi depan ini pun sama, hanya maju mundur serta reclening saja, tak ada fitur menaik-turunkan kursi seperti pada kakaknya Honda Jazz.

>>> Baca juga:

FITUR Honda Brio 2019

Review All New Honda Brio Export Version 2019 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Fitur keselamatan yang tersedia pada All New Honda Brio Export Version 2019 ini pun sama lengkapnya dengan versi Indonesia. Mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif seperti rem dengan sistem ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake-Force Distribution). Juga peranti keselamatan pasif seperti SRS Airbag, seatbelt dengan pretensioner, hingga struktur rangka yang sudah ada teknologi G-CON + ACE serta side impact beam.

Review All New Honda Brio Export Version 2019 : Ringkasan Fitur Hiburan

Mobil All New Honda Brio Export Version 2019 yang kami lihat saat peluncurannya di kawasan pabrik Honda di Karawang memang belum dilengkapi dengan head unit. Namun, disinyalir untuk fitur hiburan akan tetap serupa dengan Honda Brio yang ada di Indonesia, yakni menggunakan head unit touchscreen kekinian. Karena All New Honda Brio Export Version 2019 yang kami lihat juga sudah dilengkapi dengan tweeter speakers untuk tipe RS.

>>> Suspensi Sama, Kok Rasa Handling Bisa Beda Antara All New Brio Satya Dengan All New Brio RS, Ini Dia Rahasianya

OPERASI Honda Brio 2019

Gambar menunjukkan desain bagian Ban dan pelek All New Honda Brio Export Version 2019

Grip dari ban Bridgestone tipe RE030 akan membantu pengendalian All New Honda Brio Export Version 2019

All New Honda Brio Export Version 2019 yang akan diterima oleh negara Filipina dan Vietnam adalah unit dengan mesin 1200 cc. Bagi negara Vietnam memang ini merupakan debut bagi mobil ini di pasar mobil negara tersebut, dan kami rasa mobil ini tidak akan sulit untuk sukses karena mobil kompak sangat digemari di negara tersebut. Untuk negara Filipina, All New Honda Brio Export Version 2019 ini akan menggantikan keberadaan Honda Brio bermesin 1300 cc disana. Perlu Anda ketahui, meski di Indonesia brio lawas sudah mengalami facelift 2 kali, disana masih pakai basis Honda Brio keluaran pertama di tahun 2012.

Gambar menunjukkan desian bagian Mesin L series mobil Honda Brio 2019 versi export

Mesin 1200 cc yang digendong All New Honda Brio Export Version termasuk unit yang potensial

>>> Ini Tiga Bagian Terpenting Bagi Aerodinamika All New Honda Brio

spesifikasi Honda Brio 2019

Spesifikasi Honda All New Brio Export Version 2019 bisa dilihat di tabel berikut.

 

Mesin Honda All New Brio Export Version 2019

Tipe Mesin

1.2 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW

Kapasita Isi Silinder

1.198 cc

Sistem Bahan Bakar

PGM-FI

Jenis Bahan Bakar

Bensin (Oktan 91)

Daya Maksimal

88,5 Hp (90 Ps) / 6.000 rpm

Torsi Maksimal

110 Nm / 4.800 rpm

Transmisi

Manual / Automatic CVT

Standar Emisi

EURO 4

Dimensi Honda All New Brio Export Version 2019

P x L x T

3.815 mm x 1.680 mm x 1.485 mm

Jarak Poros Roda

2.405 mm

Radius Putar

4,6 Meter

Berat Kosong

975 Kilogram (RS Version)

Jumlah Penumpang (max)

5

Kapasitas Tangki BBM

35 L

Sistem Kemudi Honda All New Brio Export Version 2019

Sistem

Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS)

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

Pengereman Honda All New Brio Export Version 2019

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Sistem Pengereman

ABS+EBD

Kaki-kaki Honda All New Brio Export Version 2019

Ban

Bridgestone Potenza RE030 185 / 55 R15

Velg

Alloy Wheel 15"

kelebihan & kekurangan Honda Brio 2019

Kelebihan dan kekurangan mobil All New Honda Brio Export Version 2019 bisa dilihat di tabel berikut.

 

Kelebihan

Kekurangan

Desain mobil kompak dan sporti

Tidak memiliki Electronic Stability Control

Mesin hemat bahan bakar dan ramah lingkungan

Desain interior terlihat kurang menggugah alias biasa saja

Bagasi luas dan muat stoller (kereta dorong)

Minim fitur baru yang kekinian

Performanya paling mumpuni dikelasnya

Harga mungkin akan jadi yang paling mahal dikelasnya

daftar harga Honda Brio 2019

Belum diketahui berapa harga jual dari mobil All New Honda Brio Export Version 2019 ini di Vietnam dan juga Phillipina. Namun di Indonesia mobil ini ditawarkan jadi dua varian, yakni RS dan Satya. Nama Satya sendiri berasal dari Sansekerta yang merujuk kepada makna tulus. Memang salah satu persyaratan dalam LCGC, nama produk yang diluncurkan harus memberikan ciri khas Indonesia. Hal serupa juga ditemui pada Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, keduanya ikut bertandang dalam kategori Hatchback LCGC. Nah, berikut Cintamobil.com memberikan daftar harga Honda Brio terbaru 2019.

 

TIPE MOBIL

HARGA HONDA BRIO BARU (OTR)

Honda Brio Satya S M/T

IDR. 140.000.000

Honda Brio Satya E M/T

IDR. 148.500.000

Honda Brio Satya E CVT

IDR. 163.500.000

Honda Brio RS M/T

IDR. 176.000.000

Honda Brio RS CVT

IDR. 191.000.000

*Harga per bulan April 2019

Video Honda Brio 2019

KESIMPULAN Honda Brio 2019

Gambar menunjukkan Proses ekspor All New Honda Brio Export Version

Apakah All New Brio Export Version 2019 ini mobil yang layak?

Kami pernah berbincang dengan kolega asal negera Vietnam, mereka bilang mobil dengan desain kompak cukup diminati disana, karena jalanan di negara tersebut juga banyak yang tidak lebar. Dan kami memprediksi mobil All New Honda Brio Export Version 2019 ini akan diminati oleh konsumen pasar mobil negara tersebut. Lalu bagaimana dengan Filipina? Kami rasa akan sama saja, mobil ini akan diminati oleh konsumen disana.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil