Suka Gonta-ganti Warna Bisa Bikin Mobil Susah Dijual

28/06/2020

Jual beli

4 menit

Share this post:
Suka Gonta-ganti Warna Bisa Bikin Mobil Susah Dijual
Ganti warna mobil bisa menjadi alternatif untuk Anda yang bosan terhadap tampilan mobil. Tapi hati-hati keseringan ganti warna bisa bikin mobil susah dijual.

Mengganti warna mobil merupakan salah satu alternatif yang bisa dilakukan ketika Anda merasa bosan dengan tunggangan Anda. Pilihan warna pun bisa disesuaikan dengan selera Anda. 

Memang tak semua pabrikan menghadirkan mobil dengan warna yang Anda sukai. Tapi yang pasti warna-warna umum seperti hitam, putih, hingga silver tak pernah absen mewarnai tiap model mobil. 

Warna mobil hitam

Hitam jadi warna mobil yang aman

Bikin Harga Jatuh

Tak bisa dipungkiri memang kebanyakan orang memiliki ketertarikan pada warna tersebut. Alasannya, bila nanti akan dijual kembali harganya tidak merosot jauh. 

>>> Bingung Memilih Warna Mobil? Inilah 10 Warna Mobil Paling Aman

Benar saja, pedagang mobil bekas pun merasa berat hati untuk membeli bila si pemiliknya hobi gonta ganti warna mobil.

“Gonta-ganti warna itu problem lah,” ungkap President Director Mobil88 Halomoan Fischer dalam sebuah kesempatan beberapa waktu lalu. 

Menurut Fischer, pihaknya sendiri enggan untuk menerima mobil yang warnanya kerap diganti oleh sang empunya. 

Warna mobil putih

Mobil berwarna putih

>>> Ini Akibatnya Kalau Malas Mencuci Mobil secara Rutin

Mobil Tua Masih Dimaklumi

Tapi beda halnya dengan mobil tua. Untuk mobil-mobil yang sudah berumur, bila melakukan penggantian warna bukanlah masalah besar untuk para pedagang mobkas. Harganya pun belum tentu akan jatuh seperti halnya mobil yang hobi gonta-ganti warna.

“Kalau mobil hitungannya baru 15 tahun ke belakang ganti warna masalah. Kalau mobil tahun 80-an misalnya kaya model Toyota Corolla DX, ya itu nggak terlalu masalah kalau gonta ganti warna,” jelas Fischer. 

“Kalau mobil tua itu udah hobi. Sekarang logikanya gini, nyari DX di Jakarta udah susah nyarinya susah banget, terus dapat yang bagus mau gonta ganti warna tetap aja (masih bisa diterima),” sambung Fischer. 

Para pedagang mobkas pun juga ogah mengganti warna suatu mobil untuk menyesuaikan keinginan konsumen. Fischer mencontohkan, misalnya pedagang mobil bekas memiliki Fortuner berwarna putih, namun tren warna silver tengah menjadi incaran masyarakat. 

Warna mobil kuning

Supercar kerap punya warna cerah

>>> 7 Pilihan Mobil Bekas Irit BBM dan Murah Perawatan yang Layak Dimiliki

Pedagang mobil bekas pun tak lantas mengecat Fortuner dengan warna silver. Hal itu akan membuat harganya langsung jatuh. Ia juga menyebut bahwa jarang pedagang mobil bekas yang melakukan hal itu. 

“Ketahuannya dari BPKB itu langsung hancur harganya,” pungkas Fischer.

Sejauh ini, warna yang cukup banyak diminati masyarakat Indonesia adalah putih dan hitam atau bisa dibilang sebagai warna aman. Namun untuk model tertentu seperti compact car, warna ngejreng yang cukup mencolok masih bisa diterima oleh masyarakat.

>>> Tips dan trik menarik lainnya bisa Anda baca disini

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top