7 Pilihan Mobil Bekas Irit BBM dan Murah Perawatan yang Layak Dimiliki

27/06/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
7 Pilihan Mobil Bekas Irit BBM dan Murah Perawatan yang Layak Dimiliki
Berikut ini adalah beberapa pilihan mobil bekas irit BBM dan murah perawatan yang tersedia di listing jual mobil bekas Cintamobil.com Semuanya merupakan mobil bekas berkualitas.

Memiliki mobil yang hemat dalam pemakaian bahan bakar minyak (BBM) tentu idaman semua orang. Karena jika mobil tersebut irit BBM, maka pengeluaran untuk biaya membeli bahan bakar juga bisa dipangkas. Alhasil, alokasi dana yang sedianya untuk pembelian BBM bisa dialihkan demi kebutuhan lain.

Selain itu, membeli mobil juga tentu mempertimbangkan perawatan saat memilikinya. Mobil dengan harga suku cadang yang cukup tinggi serta sulit didapat, biasanya sepi peminat. Masyarakat Indonesia cenderung menyukai mobil-mobil yang mudah dan murah biaya perawatannya.

Mau cari mobil yang memiliki dua kriteria di atas yaitu hemat BBM dan juga murah dalam merawatnya? Ternyata ada kok! Berikut ini Cintamobil.com akan membahas sejumlah mobil bekas irit BBM dan murah perawatan yang masih layak untuk Anda miliki.

7 Pilihan mobil bekas irit bbm dan murah perawatan di Indonesia

1. Agya - Alya

Agya Ayla bekas dijual

Si kembar LCGC ini terkenal hemat dalam pemakaian bahan bakar

Duet mobil mungil besutan Toyota dan Daihatsu ini masuk dalam kategori Low Cost Green car (LCGC). Satu dari beberapa kriteria untuk bisa masuk dalam kategori mobil LCGC adalah memiliki efisiensi bahan bakar yang baik. Jadi sudah pasti kedua mobil ini irit BBM.

Selain itu, walau pun sudah menggunakan mesin berteknologi modern seperti keberadaan sistem injeksi Dual VVT-i, namun nyatanya perawatan mobil ini cukup mudah. Kemudian ketersediaan suku cadang dan aksesorisnya pun berlimpah. Sehingga tak sulit untuk menemukannya walau Anda berada di kota-kota kecil. Mengingat jaringan dealer dan bengkel resmi Toyota serta Daihatsu sudah menjangkau berbagai pelosok Tanah Air.

>>> Pilihan Mobil Keluarga Murah Irit dan Nyaman di Indonesia

2. Suzuki Karimun

Suzuki Karimun bekas dijual

Sudah terkenal sebagai mobil irit bensin dari Suzuki

Sejak generasi pertamanya yang dikenal sebagai Karimun Kotak, mobil mungil Suzuki ini memang terkenal hemat dalam pemakaian bahan bakar. Mesin 1.000 cc dengan teknologinya yang sederhana juga menjadikan perawatan kendaraan ini tak bikin pusing kepala serta isi kantong juga tetap aman.

Mau memiliki Suzuki Karimun bekas? Harganya kini sudah amat terjangkau kok. Anda bisa pilih Karimun generasi pertama jika dana yang tersedia kurang dari Rp100 juta. Kalau ada sedikit dana lebih, Suzuki Karimun Wagon R dalam kondisi bekas juga bisa Anda dapat, asal sabar dalam proses hunting.

3. Honda Brio

Honda Brio bekas dijual

Hemat BBM dan gesit

Masih dari segmen citycar, mobil bekas irit BBM dan murah perawatan bisa lirik Honda Brio. Kemampuan konsumsi BBM hingga di atas 20 km/liter untuk perjalanan konstan pada beberapa pengujian yang dilakukan, tentunya membuat siapa saja tergiur dengan mobil ringkas ini.

Uniknya meski irit BBM, Brio termasuk mobil dengan tenaga mesin terbesar di kelasnya. Selain itu pengendalian dari mobil ini pun terbilang cekatan. Sehingga sangat mengasyikkan untuk dikendarai sendiri.

>>> Honda Brio vs Toyota Agya vs Daihatsu Ayla Mana yang Paling Bagus?

4. Honda Mobilio

Honda Mobilio bekas dijual

Mobil keluarga modern yang irit bahan bakar

Punya platform yang sama dengan Brio namun ditopang mesin dengan kapasitas isi silinder lebih besar menjadikan Honda Mobilio juga sama nikmatnya ketika dikendarai. Dan karena teknologi mesin yang dipakai serupa Brio, maka Mobilio pun masih cukup ramah dalam urusan konsumsi bahan bakar.

Sebagai mobil keluarga, tentunya memiliki Honda Mobilio juga mendapatkan beberapa keuntungan. Yaitu perawatan kendaraan ini cukup mudah dan murah. Jaringan bengkel resmi Honda juga terbilang banyak.

5. Avanza - Xenia

Avanza Xenia bekas dijual

Selama ini dikenal sebagai MPV yang hemat bahan bakar dan mudah dalam perawatannya

Duet MPV fenomenal dari Toyota dan Daihatsu ini sudah terkenal irit bahan bakar. Tak heran jika mobil ini pernah dijadikan armada taksi. Bahkan sejumlah perusahaan juga memilih Avanza maupun Xenia sebagai kendaraan operasional. Hal tersbeut lantaran Avanza dan Xenia juga terkenal memiliki mesin yang bandel. Bahkan boleh dibilang, memelihara mobil ini cukup ganti oli dan isi bensin saja, hehehe...

Jadi jika Anda mencari mobkas irit BBM dan murah perawatan, maka Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia wajib masuk dalam wish list Anda.

6. Calya - Sigra

Calya Sigra bekas dijual

Karena irit, sering dijadikan pilihan kendaraan taksi daring

Satu lagi produk kembar tapi tak sama dari Toyota dan Daihatsu yang termasuk dalam mobil bekas irit BBM serta murah dalam perawatannya. Yakni Toyota Calya serta Daihatsu Sigra. Kedua mobil yang pakai mesin serupa Agya - Ayla ini berjenis MPV 7 penumpang.

Walau bodinya lebih besar dari Agya dan Ayla, namun nyatanya kedua kendaraan ini tetap hemat dalam pemakaian bahan bakar. Selain itu, urusan perawatan mesin dan komponen lainnya juga murah serta murah.

7. Datsun GO dan GO+ Panca

Datsun GO Panca bekas dijual

Pilihan menarik untuk yang mencari mobil irit bahan bakar

Rekomendasi kami yang terkahir untuk mobil bekas irit BBM serta mudah dan murah dalam merawatnya adalah Datsun GO serta GO+ Panca. Selain hemat bahan bakar, mobil ini juga terbilang punya harga yang terjangkau. Dan LCGC Datsun ini juga sering disandingkan dengan Agya - Ayla atau Calya - Sigra.

Sedangkan untuk biaya perawatan, Datsun GO atau GO+ Panca menggunakan mesin yang sama dengan mobil Nissan lain. Sehingga beberapa komponennya masih bisa disubtitusikan, dan Anda tidak sulit untuk menemukannya.

>>> Baca juga: 

>>> Tips dan trik menarik lainnya tentang mobil baru dan mobil bekas bisa Anda baca disini

Pertanyaan Sering Diajukan

Mobkas apa yang irit BBM?
Agya - Alya, Suzuki Karimun, Honda Brio, Honda Mobilio, Avanza - Xenia, Calya - Sigra, Datsun GO dan GO+ Panca adalah beberapa mobkas yang irit BBM
Mobil lama apa yang irit BBM?
Honda Grand Civic, Suzuki Esteem, Mitsubishi Lancer, BMW E30, Toyota Kijang Super adalah beberapa mobil lama yang irit BBM
Apa mobil bekas irit BBM harga 50 jutaan?
Hyundai Atoz 2003, Hyundai Atoz 2003, Suzuki Karimun 2004, Hyundai Matrix 2002, Toyota Starlet 1995 adalah beberapa rekomendasi untuk Anda
Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top