Bingung Memilih Warna Mobil? Inilah 10 Warna Mobil Paling Aman

03/04/2019
Tak dipungkiri, jika melihat persaingan otomotif saat ini, esensi keselamatan menjadi hal penting yang terus dikembangkan. Bahkan, tak jarang banyak mobil sudah dinilai tahan uji dan diberikan bintang lima berdasarkan penilaian ASEAN NCAP Safety Rating. Lantas, apakah warna mobil juga berpengaruh? Jawabannya adalah iya. Berikut 10 warna mobil paling aman.

Jika melihat statistik yang dilansir oleh carloans.com, mobil berwarna hitam memiliki rekam jejak kecelakaan yang lebih tinggi daripada warna mobil lainnya. Tercatat ada 47% mobil hitam yang pernah mengalami kecelakaan lalu lintas. Dari data ini, warna hitam bisa disimpulkan menjadi warna yang paling tidak aman daripada pilihan warna lainnya.

>>> Baca juga: [INFOGRAFIK] Ini Dia Arti Pilihan Warna Mobil Terhadap Kepribadian Pemiliknya

Memilih warna mobil bukan saja masalah selera namun juga keamanan

Dari fakta penelitian, memilih mobil juga harus mempertimbangkan jenis warna yang aman

1. Putih

Studi menjelaskan bahwa warna putih cenderung banyak diminati oleh para pengguna mobil. Putih menjadi warna yang terlihat kontras meski berada di area minim pencahayaan ataupun terhadap aspal yang berwarna hitam. Penelitian yang dilakukan oleh Monash University menuturkan bahwa warna putih adalah warna mobil paling aman. Bahkan jika warna putih dibandingkan dengan warna hitam, memperlihatkan fakta bahwa warna hitam lebih tinggi resiko kecelakaannya di angka 12%, diikuti Grey atau abu-abu sebesar 11%, perak atau Silver 10% dan warna lainnya 7%.

Eksterior Daihatsu Xenia juga menawarkan warna putih

Daihatsu Xenia 2019 menjadi salah satu mobil yang juga menawarkan warna putih

Meski terbilang cukup aman, warna putih juga memiliki kekurangan dalam hal kebersihan. Pasalnya, noda, debu atau cipratan air, dapat mudah terlihat pada mobil berwarna putih. Jika Anda memilih warna mobil ini, pastikan selalu mencucinya secara rutin ya sobat.

>>> Hanya Rp. 180 jutaan, simak harga lengkap dari Daihatsu Xenia 2019 di sini

2. Kuning

Pernahkah Anda mengamati mobil taksi yang ada di luar negeri, seringkali diberi warna kuning? Alasannya cukup masuk akal, mengingat warna kuning memberi tampilan yang cerah meski dalam kondisi hujan, berkabut atau bahkan berdebu. Apalagi jika diamati pada malam hari, warna kuning masih terlihat jelas dan kontras dengan objek lalu lintas lainnya. Dalam hal ini, warna kuning adalah salah satu warna mobil paling aman.

Chevrolet Trax warna kuning menawarkan tingkat keselamatan yang cukup

Di Indonesia, Chevrolet Trax adalah salah satu mobil yang menawarkan warna kuning

>>> Ingin memiliki mobil tangguh seperti Chevrolet Trax? Murah kok, simak harga selengkapnya di sini

3. Oranye

Oranye memiliki tingkat kontras yang cukup tinggi dan bisa diamati di berbagai kondisi. Sama halnya dengan warna kuning yang sudah dijelaskan di atas, oranye bisa memberi pantauan lebih jelas bagi pengendara lain dan terlihat kontras dengan objek lalu lintas lainnya. Alasan inilah yang kemudian menjadikan warna oranye sebagai salah satu warna mobil paling aman setelah putih. Meski begitu, tidak banyak orang menyukai warna oranye untuk menjadi warna dasar mobilnya.

Toyota Yaris oranye memiliki warna yang cukup eksotis

Toyota Yaris juga menawarkan warna Oranye yang bisa Anda pilih

>>> Simak di sini harga lengkap dari Toyota Yaris berwarna Oranye yang dijual di lapak Cintamobil.com

4. Emas

Warna emas adalah salah satu warna yang paling berkarakter. Seperti kata tahu, warna emas selalu identik menggambarkan kesuksesan dari setiap orang. Sama halnya dengan warna emas pada mobil yang cenderung sukses memberi pesan bahwa pemiliknya adalah orang terpandang. Namun bagaimana jika diamati dari unsur keselamatan? Seperti halnya perak, emas yang terlihat bercahaya cenderung susah dilihat ketika hujan lebat. Namun menariknya, emas memiliki kontras warna yang tinggi di siang hari.

5. Krem

Bagi sebagian orang, warna krem lebih terlihat membosankan. Namun baiknya, warna krem bisa terlihat kontras di malam hari. Perlu juga menjadi catatan, warna krem juga bisa berpotensi menyamarkan penglihatan orang dikarenakan jenis warna ini juga paling banyak ditemui di alam luas. Bahayanya lagi, apabila ketika hujan lebat turun, maka bisa dipastikan pengendara lain tidak bisa melihat keberadaan mobil Anda.

>>> Simak Artikel Menarik Seputar Jual Beli Mobil Bekas Lainnya

6. Pink

Warna yang paling kontras dengan kondisi jalan maupun objek lainnya adalah pink atau merah muda. Tidak banyak objek lalu lintas jalanan kota yang berwarna merah muda sehingga mobil berbalut warna pink lebih mudah diamati dan cenderung Eye-Catching. Namun, jenis warna ini tidak banyak disukai oleh berbagai kalangan dikarenakan pesan 'Girly’ atau feminim yang diusungnya.

Chevrolet Spark Merah Muda sangat cocok untuk para wanita
Merry Berry Me adalah sebutan warna pink pada mobil Chevrolet Spark, tertarik?

>>> Klik di sini untuk mengetahui harga lengkap dari Chevrolet Spark

7. Silver

Silver atau perak adalah warna yang sering ditawarkan oleh para pihak Sales mobil. Mengapa begitu? Pasalnya, warna mobil Silver diklaim memiliki nilai jual kembali atau resale yang cukup tinggi. Sedangkan dari segi keselamatan, Silver memiliki kontras yang baik di saat siang maupun di area minim pencahayaan. Namun, jika hujan tiba, mobil berwarna Silver seringkali terlihat samar dan sulit terlihat oleh pengendara lainnya.

8. Hijau

Banyak hal berwarna hijau mulai dari rerumputan, beberapa rambu jalan hingga lampu lalu lintas. Warna hijau pada mobil memang terbilang sangat terang namun ia tidak cukup kontras dengan warna di sekitarnya. Mobil berwarna hijau tergolong Eye-Catching karena warnanya yang terang. Di sisi lain, hijau tidak begitu bagus untuk digolongkan sebagai warna paling aman bagi mobil.

Mercedes-Benz AMG GTR adalah salah satu contoh mobil berwarna hijau yang terkenal

Warna hijau mengingatkan kami akan sosok Mercedes-AMG GT R, 'The Green Devil'

>>> Review Mercedes-AMG GT R 2017: Sang Setan Nurburgring

9. Merah

Merah adalah warna yang paling mudah diamati di antara kerumunan kota. Namun perlu diingat bahwa banyak rambu-rambu hingga lampu lalu lintas juga menggunakan warna merah. Dalam hal ini, mobil berwarna merah bisa beradaptasi dengan baik di cuaca hujan maupun berkabut. Sayangnya, warna merah tidak terlihat begitu terang di malam hari.

10. Biru

Warna biru pada mobil tidak tergolong cukup aman. Mengapa begitu? Pasalnya, warna biru tidak dapat memberikan kontras yang cukup ketika dipadukan dengan warna hitam pada aspal. Apalagi jika warna biru yang dipilih adalah Dark Blue yang juga menimbulkan pandangan samar-samar bagi pengendara lain di malam hari.

>>> Simak terus informasi menarik lainnya seputar otomotif hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain