Cara Ikut JBA Lelang Mobil

14/09/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Cara Ikut JBA Lelang Mobil
Balai lelang JBA sudah cukup lama menjadi tempat lelang mobil dan motor yang terpercaya di Indonesia. Dan jika Anda berminat ikut JBA lelang mobil maupun motor, maka ada beberapa persyaratannya.

Membeli mobil dengan harga terjangkau satu diantaranya bisa melalui balai lelang. Karena terkadang mobil-mobil yang dilelang kondisinya masih sangat istimewa, namun harga yang dipatok justru lebih murah ketimbang beli melalui dealer mobil bekas.

Di Indonesia ada beberapa balai lelang yang bisa dipercaya lantaran reputasinya sudah begitu baik disebagian masyarakat. Diantaranya adalah JBA lelang mobil. yang beroperasi sejak 2014 dan bernaung di bawah PT Adi Sarana Lelang (BidWin). JBA saat ini sudah memiliki lebih dari 10 cabang di berbagai kota besar di Indonesia.

Yang menarik dari layanan JBA lelang mobil adalah selain bisa membeli motor atau mobil dengan cara menawar pada proses lelang, Anda juga bisa menitipkan mobil untuk dijual dengan proses lelang pula.

>>> Meskipun Ringsek, Porsche 959 Komfort ini Dilelang Hingga 8 M

Cara Ikut Lelang Mobil JBA

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jika pihak JBA menyediakan beberapa layanan lelang kendaraan bermotor. Mulai dari JBA lelang motor, JBA lelang mobil, JBA titip jual, sampai JBA lelang online. Melalui artikel kali inilah Cintamobil.com akan jelaskan satu persatu persyaratan dan tata caranya ikut dalam lelang yang ada di JBA.

1. JBA Lelang Mobil dan Motor

Proses Lelang Mobil JBA

Tahapan membeli mobil dengan cara lelang di JBA

Sama seperti mekanisme lelang di balai lelang lainnya, untuk bisa ikut menikmati layanan dari JBA, peserta lelang wajib melihat terlebih dulu unit mobil atau motor yang dilelang. Daftar kendaraan yang dilelang bisa dilihat melalui situs resmi JBA di www.jba.co.id atau datang langsung ke cabang JBA saat periode open house.

Setelah memilih dan memeriksa detil kondisi termasuk kelengkapan dari kendaraan yang diincar, maka calon peserta perlu melakukan registrasi serta menyerahkan uang jaminan. Uang jaminan ini sebesar Rp 5 juta untuk 1 unit mobil yang dimenangkan, dan Rp 1 juta untuk 1 unit motor yang dimenangkan saat proses lelang nantinya.

Jika semua proses registrasi sudah selesai, maka silahkan mengikuti lelang sesuai dengan jadwal lelang yang telah ditetapkan. Jika Anda memenangkan lelang, maka wajib melunasi sisa dari harga unit yang telah disepakati saat lelang tersebut paling lambat 5 hari kerja setelah proses lelang. Kalau pelunasan sudah selesai, maka mobil bisa langsung dibawa pulang. Kalau Anda kalah dalam lelang, maka uang jaminan akan dikembalikan 100 persen.

>>> Lelang Mobil JBA, Yuk Intip Mobil yang Dilelang Awal Pekan Depan

2. JBA Titip Jual

JBA Titip Jual Lelang

Proses titip jual di JBA

Selain memebli mobil, Anda juga bisa menjual kendaraan melalui lelang mobil JBA. Caranya, hubungi tim JBA di nomor 081386147237 untuk menuturkan maksud Anda yang akan menjual mobil. Nantinya Anda akan diminta datang ke kantor JBA terdekat demi menandatangai kesepakatan perjanjian penjualan dengan sistem lelang.

Selanjutnya tim JBA akan memeriksa kondisi kendaraan Anda serta memberi rekomendasi harga sesuai dari kondisi mobil tersebut. Namun harga final tetap ada di tangan Anda. Kemudian Anda akan diberi jadwal untuk proses penjualan mobil secara lelang terbuka berdasarkan nomor lot yang sudah diterima.

Jika mobil terjual sesuai kesepakatan saat proses lelang, pihak JBA akan memberitahu kepada Anda sehari setelah jadwal lelang. Kemudian dalam 6 hari setelah lelang, uang hasil lelang sesuai perjanjian yang telah disepakati akan dikirim ke rekening Anda. Jika kendaraan tidak terjual pada saat lelang, tim JBA akan mengkonfirmasi kepada Anda, apakah mobil akan diikutkan padal elang berikutnya atau dikembalikan kepada Anda.

>>> Review Volkswagen Polo 2002, Small Hatchback Jadul Menyimpan Kritik Harga yang Tak Sesuai

3. JBA Lelang Online

JBA Lelang online

Untuk lelang online Anda harus login di website JBA

Jika Anda tidak bisa datang ke cabang JBA atau demi menghindari kontak fisik dengan kerumunan orang banyak saat proses lelang selama pandemi Covid-19, Anda juga bisa manfaatkan fasilitas JBA lelang mobil online. Caranya Anda wajib aktivasi member JBA. Saat mendaftar sebagai member ini, peserta wajib menyetor uang jaminan Rp 10 juta untuk bisa memenangkan 5 unit mobil, atau Rp 5 juta untuk bisa memenangkan 30 unit mobil.

Jika proses registrasi berhasil, makan nantinya tim JBA akan memberikan username dan pasword untuk login ke website JBA. Setelah login, Anda diminta mengisi form lelang online secara engkap, lalu pilih jenis lelang termasuk lokasi cabang JBA. Selanjutnya tinggal tunggu jadwal lelang yang sudah tercantum pada website tersebut untuk mengikuti proses lelang.

Untuk ikut proses JBA lelang mobil ini tinggal tekan tombol "Bid". Kalau penawaran Anda terpilih sebagai pemenang, maka nantinya akan ada pemberitahuan. Proses selanjutnya tinggal melakukan pelunasan pembayaran sesuai harga mobil yang sudah disepakati saat lelang tersebut.

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Balai Lelang Andalkan Pelelangan Online di Tengah Pandemi Covid-19

01/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Pandemi virus corona atau covid-19 yang melanda Indonesia mengubah bagaimana cara orang bertransaksi. Salah satunya membeli mobil pelelangan online.

Lihat juga

Harga Mobil di Balai Lelang Turun Harga Akibat Pandemi Corona

30/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Pandemi virus corona atau covid-19 yang melanda Indonesia tidak hanya berdampak pada penjualan mobil baru. Tetapi mempengaruhi juga penjualan di Balai Lelang.

Lihat juga

Kemunculan Pertama Mercedes-Benz 450 SLC Eks Elvis Presley Di Hadapan Publik Dan Siap Dilelang Dengan Harga ...

12/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Sang raja rock & roll, Elvis Presley tercatat pernah memiliki Mercedes-Benz 450 SLC yang tak pernah ia pamerkan ke publik. 42 tahun setelah kepergian sang ikon rock & roll, kupe premium klasik ini hadir untuk pertama kalinya di hadapan publik untuk dilelang

Lihat juga

Koleksi Mobil Milik Mendiang Paul Walker Dilelang, Ini 21 Daftarnya, Tertarik untuk Beli?

03/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Selain dikenal karena film Fast and Furious, ternyata Paul Walker diketahui juga sebagai kolektor mobil! Kira-kira apa saja mobilnya?

Lihat juga

Rekor Mobil Termahal dalam Lelang Dipecahkan Ferrari 250 GTO Sasis no. 3413

28/08/2018

Pasar mobil

Ferrari 250 GTO paling asli dan otentik di dunia menjadi mobil termahal dalam lelang dan terjual dengan harga $48 juta.

Lihat juga