Review Volkswagen Polo 2002 Small Hatchback Jadul Menyimpan Kritik Harga Yang Tak Sesuai

13/07/2018

Share this post:

Volkswagen Polo 2002

Editor rate:

Lihat promo

Volkswagen sering membuat city car, dan biasanya mobil yang diciptakan itu cukup laris dipasar eropa. Salah satu yang laris adalah Volkswagen Golf, sebetulnya ada lagi yang juga tak kalah tenarnya hingga ke tanah air seperti Volkswagen Beetle dan juga Volkswagen Polo. Polo merupakan city car yang pertama kali diluncurkan tahun 1975.

Review Volkswagen Polo 2002 Small Hatchback Jadul Menyimpan Kritik Harga Yang Tak Sesuai
Review Volkswagen Polo 2002 Small Hatchback Jadul Menyimpan Kritik Harga Yang Tak Sesuai
0 Gambar

Pengantar Volkswagen Polo 2002

Mari kita simak spesifikasi Volkswagen Polo 2002 di bawah ini.

Kelebihan

Kabin luas

Dimensi yang kompak

Fitur kenyamanan cukup baik di jamannya

Safety cukup lengkap

Handling baik

Kekurangan

Tenaga mesin minim

Suspensi agak keras

Review Volkswagen Polo 2002 - Mobil ini telah memasuki generasi ke limanya, perlu dicermati di generasi pertamanya, penjualan Polo dari 1975 hingga 1979 mobil ini sudah laku hingga 500.000 unit ke seluruh dunia. Ingin mengulang kesuksesan, pada generasi kedua yang lahir pada 1981, Volkswagen Polo mendapat perubahan total, yang paling terlihat jelas adalah bodi belakang yang terlihat hampir vertikal. Melebihi ekspektasi, Polo generasi kedua mencapai penjualan 1 juta unit pada 1983, dan 2 juta unit tahun 1986. Lebih unik ketika hadir generasi ke tiga dan ke empat, generasi ketiga menggunakan model baru dan tersedia dalam versi hatchback 4 dan 5 pintu, mobil ini menggunakan platform yang sama dengan SEAT Ibiza Mark 2. Hingga pada tahun 2002 Polo masuk ke generasi ke empat, model yang lebih cembung namun masih menggunakan platform yang sama dengan SEAT Ibiza. Ada kritik bahwa mobil ini tidak sesuai dengan harganya, apalagi di Indonesia yang notabene banyak pesaing serta Polo 2002 memiliki mesin yang terlalu canggih bagi pasar Indonesia. Mari ikuti ulasan Cintamobil.com seputar Volkswagen Polo tahun 2002.

Eksterior Volkswagen Polo 2002

  • Review Volkswagen Polo 2002: Eksterior Depan

Bentuk Depan Volkswagen Polo 2002

Eksterior Bagian Depan Dari Polo 2002

Dari generasi paling pertama ke generasi ke empatnya ini, Volkswagen Polo memiliki jauh perbedaan terutama dari bentuknya. Jika di generasi awal terlihat seperti sedan, masuk ke generasi ke empat lebih menggembung. Penampilan depan mobil ini memiliki moncong panjang dengan empat lampu utama yang terpisah dua kiri dan dua kanan. Meskipun mobil tahun 2002, Volkswagen Polo sudah diberikan opsi fog lamp di bagian bawahnya. Grill hitam panjang tiga tingkat cenderung irit, mungkin karena dua lampu utama yang digunakan sudah memakan tempat cukup banyak. Grill radiator di bagian bawah pun diberikan warna senada dengan grill di atas yaitu berwarna hitam.

  • Review Volkswagen Polo 2002: Eksterior Samping

Volkswagen Polo Dengan Side Moulding Disampingnya

Bentuk Samping Dari Polo Tahun 2002

Bergerak ke samping, Volkswagen Polo 2002 ini memiliki dua pintu saja, sebetulnya tiga namun satu untuk pintu bagasi. Dari bagian samping, Polo terlihat sangat mungil namun tidak terlihat jadul untuk tahun 2002. Pelek berukuran 14 inci dengan desain yang menarik untuk tahun tersebut, pelek pun sudah dibalut warna krom. Bagian samping dekat pintu ada side moulding yang panjang berwarna hitam, dari ujung dekat pintu hingga ke dekat ban belakang. Cerminan mobil city car yang bukan hanya unggul dari sektor mesin namun juga tetap stylish.

  • Review Volkswagen Polo 2002: Eksterior Belakang

Bagian Belakang Volkswagen Polo Sedikit Cembung

Bentuk Belakang Yang Cukup Unik Dari Polo Tahun 2002

Sebetulnya tidak ada yang spesial dari bentuk belakang mobil, tetapi tren perubahan bentuk dari yang tadinya seperti sedan, sekarang jauh lebih enak di lihat. Desain lampu belakang cenderung berbentuk kotak, serta kaca belakang cukup lebar dan menjamin visibilitas pengemudi. Wiper belakang tidak lupa diberikan serta ada rear spoiler yang menurut kami sangat irit. Jika rear spoiler yang sudah dilengkapi stop lamp ditengahnya itu dibuat sedikit lebih panjang ke belakang, pasti akan terlihat lebih cantik.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Volkswagen Polo 2002

  • Review Volkswagen Polo 2002: Kursi dan kabin

Berbicara soal kabin, Volkswagen Polo tidak terlalu mengecewakan, pasalnya mobil ini cukup luas di dalam. Penggunaan kursi semi bucket di baris pertama sangat mengesankan, tetapi agak mengganjal jika pengemudi berbadan besar duduk di kursi depannya, pasti ada sesuatu yang menghalangi di sisi kanan kiri posisi duduknya. Selebihnya kursi di belakang masih memberikan kelegaan di sisi atas maupun depan, material kursi memang belum menggunakan kulit, tetapi sudah cukup lembut dan halus, satu point plus lagi, kursi Polo sangat empuk. Kelengkapan dalam kabin juga cukup baik, seperti ada power window di ke empat jendelanya, sepion tengah auto diming, pemanas, MP3 Player hingga delapan (8) speaker dibenamkan dalam kabinnya.

  • Review Volkswagen Polo 2002: Setir

Setir Volkswagen Polo 2002

Kemudi Volkswagen Polo

Boleh dibilang setir Volkswagen Polo 2002 terlihat kuno, jadul, atau apapun hal-hal yang menjurus kesana. Tetapi desain kemudi ini cukup menarik jika diperhatikan dengan benar, kemudi dengan empat palang ini cukup istimewa, apalagi mobil seperti ini dilihat oleh para kolektor, pasti akan sangat menggiurkan dan anti mainstream dari kemudi yang biasanya tiga palang.

  • Review Volkswagen Polo 2002: Dasbor

Dasbor Standar Namun Tetap Menarik Dari Volkswagen Polo

Dasbor Volkswagen Polo

Sangat standar, kata tersebut yang mampu kami utarakan, untuk tahun 2002 desain dasbor tersebut sudah cukup baik. Output AC empat sisi, masing-masing di ujung dasbor dan dua lagi sedikit merapat pada posisi tengah. Soal fitur hiburan, mobil ini memberikan fitur seperti radio AM/FM, serta jika ingin menyetel musik kesukaan, anda tinggal memasukan DVD or CD ke dalamnya.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Volkswagen Polo 2002

Volkswagen Polo Memiliki Fitur Pengereman ABS

Ilustrasi ABS

Ketika membicarakan fitur ini, sebetulnya relatif dan tergantung pada setiap pabrikan yang ingin memberikan fitur safety standar seperti apa. Pada Volkswagen Polo tahun 2002, fitur safetynya cukup banyak, seperti rem yang dilengkapi dengan disc brake, Anti-lock Breaking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD). Ada juga safety belt dengan ball driver tensioner, dan airbag di dua sisi bagian depan tentunya masing-masing untuk melindungi pengemudi dan juga si penumpang.

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang mobil Volkswagen lainnya, silakan klik sini

Operasi Volkswagen Polo 2002

Volkswagen Polo 2002 dibekali mesin 1.4L dengan detail mesin 1.390cc 4 silinder. Mesin ini dapat memberikan tenaga pada city car ini 75dk pada 5000rpm, serta torsi yang menggiurkan 127 nm pada 3800 rpm. Klaim pabrik, tenaga maksimal 0-80 km/jam bisa dicapai Polo hanya dalam waktu 8,6 detik saja.

>>> Klik sini untuk simak tulisan review mobil lainnya

Spesifikasi Volkswagen Polo 2002

Untuk lengkapi review Volkswagen Polo 2002, inilah spesifikasi lengkap dari mobil hatchback ini.

Mesin

Detail mesin

1.390 cc, 4 Silinder

Tenaga maksimal

75 dk pada 5000 rpm

Torsi maksimal

127 Nm  pada 3800 rpm

Top speed 0-80km/jam

8,6 detik

Suplai bbm

Multi-point electronic fuel injection

Dimensi

Panjang

1650 mm

Lebar

3897 mm

Tinggi

1465 mm

Ground clearance

113 mm

Jarak sumbu roda

2460 mm

Kapasitas penumpang

5 orang

Penggerak

Roda depan

Ban

Ukuran ban

165/70

Ukuran pelek

R14

Suspensi

Suspensi depan

MacPherson Struts, Lower Wishbone, Anti-roll bar

Suspensi belakang

Suspension Struts, toe correcting, torsion beam, trailling axle

Safety

Aibag

Tersedia 2 airbag

ABS

Tersedia

EBD

Tersedia

Safety belt with ball driver tensioner

Tersedia

Side Impact Protection

Tersedia

Daftar Harga Volkswagen Polo 2002

Dibawah kami tampilkan harga Volkswagen Polo baru (2002) dan bekas pada saat ini.

Tipe

Harga Volkswagen Polo

Baru (2002)

Harga Volkswagen Polo

Bekas (2018)

Volkswagen Polo 1.4

Rp  198.000.000

Rp 85.000.000

>>> Klik sini untuk cek harga mobil Volkswagen lainnya

Kesimpulan Volkswagen Polo 2002

Dari awal hingga akhir, kesan kami cukup baik untuk Volkswagen Polo 2002 ini, karena mobil ini terasa lengkap dan mewah dari pesaingnya. Kekuatan pada keluasan kabin, fitur hingga pengendaliannya. City car asal Jerman ini sangat asyik dikendarai di perkotaan yang cenderung santai, jika ingin akselerasi memang mesinnya tidak begitu baik, karena memang mobil ini bukan didesain untuk kecepatan, tetapi untuk berkendara lebih santai. Meski memiliki kritik “mahal” di awal peluncurannya, kami rasa tidak begitu mahal, karena apa yang ditawarkan sangat memuaskan, info terakhir di tahun seperti sekarang Volkswagen Polo tahun 2002 dihargai tidak sampai Rp 90 juta.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs cintamobil.com

 

Metodius
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Rumah Mobil Mgl

Jawa Tengah

Yo Mobil Magelang

Jawa Tengah

BLESS AUTO

Jawa Barat

back to top