10 Mobil Terkecil yang Pernah Dibuat dan Dipasarkan Sampai Saat Ini

19/05/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
10 Mobil Terkecil yang Pernah Dibuat dan Dipasarkan Sampai Saat Ini
Beberapa mobil terkecil di dunia sempat dibuat disejumlah negara. Bahkan diantaranya masih dijual sampai saat ini. Apa saja mobil-mobil tersebut?

Mobil sejatinya adalah sebuah kendaraan yang bisa menampung 2 atau lebih penumpang termasuk sopir. Ukurannya jelas lebih besar dari sepeda motor yang sama-sama masuk dalam kategori kendaraan bermesin penggerak.

Namun jika Andamelihat mobil-mobil berikut ini, rasanya dua katagori yang sudah disebut tadi tidak termasuk. Yap, inilah hasil rangkuman tim Cintamobil.com mengenai 10 mobil terkecil yang pernah diproduksi di seluruh dunia. Bahkan diantaranya adalah mobil terkecil di Indonesia.

1. Coulson Car

Mobil terkecil di dunia

Inilah mobil empat roda terkecil di dunia yang berlisensi karena memiliki sabuk pengaman

Anda pernah melihat mobil mainan anak-anak yang digerakkan oleh baterai? Nah sepintas Coulson Car pun demikian. Padahal nyatanya ini adalah sebuah mobil terkecil berlisensi yang sah untuk dipakai di jalan raya. Diproduksi pada 1957, mobil dengan panjang 1,2 meter itu tercatat sebagai mobil roda empat terkecil di dunia oleh Guiness Book World Records.

>>> Modifikasi Honda Civic 1978, Si Kecil Klasik Bermesin B18

2. Brütsch Mopetta

Brutsch Mopetta

Siapa sangka kendaraan kecil tanpa atap dengan satu jok ini adalah mobil yang dibuat oleh Egon Brutsch dari Jerman. Pada 1956 ia membuat sebuah mobil untuk menghadiri International Bicycle and Motorcycle Exhibition. Tak disangka mobil imut buatanya ternyata diminati orang. Egon pun sempat memproduksi 14 unit dari mobil ini sebelum akhirnya dihentikan pada 1958.

>>> Review New Honda Brio RS 2017: Mobil Imut Penawar Dahaga Bagi City Car Lover Indonesia

3. Isetta

Isetta

Mobil ini sempat populer di Eropa dan muncul dalam beragam modifikasi

Masih di periode 1950-an, ada mobil terkecil lainnya yang diproduksi di Italia. Namanya Isetta, dahulu mobil ini dikenal dengan dengan sebutan mobil gelembung dan cukup populer di Eropa. Panjangnya sekitar 2,2 meter dengan lebar 1,3 meter.

4. Tango

Tango Car

Disebut-sebut sebagai mobil kecil paling mahal

Panjangnya hanya sekitar 2 meter dengan lebar 1,5 meter, Tango merupakan kendaraan elektrik yang diproduksi oleh Commuter Cars pada akhir 2005. Meski pun bentuknya unik, namun kabarnya aktor Hollywood George Clooney sempat membeli mobil ini.

>>> Review Suzuki Waku SPO 2019: Konsep Mobil Hybrid Suzuki Bergaya Retro

5. Peel P50

Peel 50

Mobil roda tiga paling kecil di dunia

Kalau Coulson Car adalah kendaraan roda empat terkecil di dunia, maka Peel P50 adalah mobil terkecil di dunia versi Guiness Book World Records. Panjangnya hanya 1,2 meter dengan lebar sekitar 1 meter, Peel pertama kali dibuat pada 1962. Uniknya, mobil ini tidak memiliki gigi mundur, dan pengendara harus menarik tuas manual di luar mobil untuk mundur.

6. Myers Sparrow

Myers Sparrow

Bentuknya unik dan pernah jadi "bintang tamu" di film Austin Power

>>> Cari mobil-mobil bekas menarik lainya? Pilihan paling lengkap cuma ada di Cintamobil.com

Mobil mungil lainnya yang memiliki tiga roda juga pernah ditawarkan Corbin Motors. Saat itu namanya Corbin Sparrow. Namun Myers Motors mengambil alih project ini dan mobil tersbeut pun berganti nama jadi Myers Sparrow. Karena keunikannya, mobil ini sempat dipakai di film "Austin Power in Goldmember".

7. Smart Fortwo

Smart fortwo

Desain stylish dan kepraktisannya membuat mobil ini masih digemari

Ini adalah mobil mungil buatan Daimler AG yang pertama kali diperkenalkan pada 1997. Bentuknya yang mungil tapi memiliki desain yang stylish membuat mobil ini sanggup bertahan hingga sekarang. Tak jarang selebriti dunia juga terlihat menggunakan smart fortwo dalam kesehariannya. Selain jadi mobil berukuran mini di dunia, Smart Fortwo juga jadi mobil terkecil di Indonesia.

>>> Spesifikasi Smart ForTwo 2010, Mobil Ringkas Khusus Dua Orang

8. Fiat 500

Fiat 500

Fiat sudah fokus memproduksi mobil mungil sejak dulu

Diproduksi oleh Fiat Automobiles, sejak 1957, pabrikan ini memang fokus pada mobil-mobil berukuran mini. Walau ukurannya jauh di bawah mobil-mobil lain, namun Fiat menyandang predikat mobil kecil paling aman di dunia berdasarkan uji tes tabrak. Menariknya, hingga kini Fiat juga jadi mobil terkecil di Indonesia yang masih dapat Anda beli.

>>> Simaklah tips dan trik jual beli mobil yang berguna lainnya di sini

9. Daihatsu Ceria

Daihatsu Ceria

Mobil terkecil Daihatsu di Indonesia sebelum era Ayla

Di Indonesia awal 2001 juga pernah memiliki mobil terkecil, yaitu Daihatsu Ceria. Panjangnya hanya 3,3 meter serta lebih mungil dari Daihatsu Ayla. Kala itu Daihatsu memboyong Ceria dari Jepang memanfaatkan momentum peraturan Kei Car di Negeri Sakura tersebut. Sayangnya kini Ceria tak lagi diproduksi Daihatsu.

>>> Review Daihatsu Ceria 2003: ‘Mbahnya LCGC’ Dijual Hanya Rp. 30 Jutaan Saja

10. Suzuki Karimun

Suzuki Karimun

Sejak generasi pertamanya, Karimun sudah terkenal sebagai mobil berukuran mini

Karimun merupakan mobil terkecil Suzuki yang pertama kali diperkenalkan pada 1999. Basisnya adalah Suzuki Wagon R di Jepang dengan ukuran panjang keseluruhan bodi hanya terpaut sedikit dari Daihatsu Ceria. Boleh jadi, sampai kini Karimun juga masuh dakam kategori mobil terkecil di Indonesia yang masih diproduksi.

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar mobil ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Dealer Mobil Terkecil Di Dunia

15/09/2017

Pasar mobil

3 menit

Dealer – dealer mobil yang biasanya adalah gedung besar dengan banyak ruang pameran mobil, spareparts dan ruang pelayanan purnajual. Dealer dengan kondisi penuh tersebut dapat memenuhi dan melayani kebutuhan pelanggan.

Lihat juga

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ceria, Mobil Terkecil Pada Masanya

11/05/2020

Jual beli

3 menit

Butuh mobil kompak tetapi dengan harga yang sangat terjangkau? Daihatsu Ceria yang pernah menjadi mobil terkecil di Indonesia ini bisa menjadi pilihan Anda.

Lihat juga

Daihatsu: Orang Indonesia Tak Suka Mobil Kecil

11/08/2018

Pasar mobil

Tiga mobil kecil Daihatsu di GIIAS 2018 bukan untuk dijual di Indonesia. Konsumen Indonesia dianggap tidak suka yang kecil-kecil. Benarkah?

Lihat juga

Review Hyundai Atoz 1.1i 2005, City Car Mungil Nan Gesit Dari Hyundai

10/07/2018

Editor rate:

Hyundai Atoz merupakan sebuah compact city car yang cukup populer di Indonesia di awal tahun 2000-an. Mobil ini cukup menjadi pilihan karena harganya yang cukup terjangkau dan juga penampilannya yang sangat sesuai dengan jalanan kota Indonesia yang tidak terlalu besar. Pada tahun 2005, Hyundai Atoz mendapatkan pembaruan dari sisi eksterior sehingga tampil lebih dinamis dibandingkan dengan seri pertamanya. Bagaimanakah performa dari mobil Hyundai Atoz 2005 1.1i ini?

Lihat juga

Review Chevrolet Spark 2017: Mungil, Lincah Dan Mengasyikkan

29/12/2018

Editor rate:

Sebagai City Car Amerika yang juga berdarah Korea Selatan, Chevrolet Spark banyak diterima positif oleh masyarakat internasional. Selain karena bodinya yang Compact, Spark juga memiliki desain stylish daripada City Car lain besutan Jepang. Kehadirannya bisa dibilang laris manis dan sukses membuktikan bahwa Korea Selatan tak main-main dalam menciptakan produknya. Simak kelebihannya dalam review Chevrolet Spark 2017.

Lihat juga
 
back to top