Review Suzuki Waku SPO 2019: Konsep Mobil Hybrid Suzuki Bergaya Retro

07/10/2019
editor rate: 4,3 user rate: 4,5
Mengeksplorasi kendaraan listrik, Suzuki mengumumkan lineup mereka pada Tokyo Motor Show mendatang. Salah satu mobil yang menarik perhatian adalah mobil konsep plug-in hybrid bergaya retro Suzuki Waku SPO 2019.

PENGANTAR Suzuki Waku SPO 2019

Review Suzuki Waku SPO 2019 - Suzuki meluncurkan gambar perdana tentang mobil konsep Suzuki Waku SPO 2019 yang akan dipamerkan pada Tokyo Motor Show 2019. Detail kinerja maupun spesifikasi resmi tentang mobil ini masih belum terungkap. Namun perusahaan yang akan merayakan ulang tahun ke-100 tahun depan menegaskan bahwa Waku SPO akan menampilkan teknologi masa depan Suzuki.

Nama Waku sendiri berarti “kegembiraan”. Dalam pernyataan resminya, pabrikan Jepang tersebut masih belum berbicara banyak tentang konsep ini, namun Waku SPO digambarkan sebagai “personal compact PHEV”. Konsep ini bisa jadi disebabkan oleh desainnya yang kompak yang dibuat untuk pengendaraan perkotaan.

Gambar menunjukkan sebuah mobil lawas Suzuki Fronte berwarna putih

Suzuki Fronte yan menjadi basis desain Suzuki Waku SPO 2019

Mengusung konsep retro, eksterior Suzuki Waku SPO 2019 terlihat memiliki kemiripan dengan Suzuki Fronte yang diluncurkan pada 1960an. Apa saja yang menarik dari mobil ini? Berikut review Suzuki Waku SPO 2019 yang dirangkum oleh tim Cintamobil.com.

EKSTERIOR Suzuki Waku SPO 2019

Konsep Waku menggunakan desain futuristik dengan tubuh bergaya retro. Ada lebih sedkit lekukan dan desain yang mulus pada eksterior Suzuki Waku SPO 2019 untuk menduku efisiensi berkendara dan baterai listrik yang nantinya digunakan.

Review Suzuki Waku SPO 2019: Eksterior Depan

Wajah minimalis yang menjadi konsep mobil ini bisa langsung terlihat pada bagian depan. Dengan lampu depan bulat serta aksen putih melintang pada bagian depan dengan gril yang tak terlalu besar. Tentu saja, mengingat mobil ini menggunakan mesin konvensional dan baterai listrik, hanya ada ruang masuknya udara pada bagian bemper bawah.

tampilan depan Suzuki Waku SPO 2019 berwarna hijau dan putih

Tampilan depan Suzuki Waku SPO 2019

Dari gambar rendering yang diluncurkan oleh Suzuki, bagian fender terlihat cukup panjang jika dibandingkan dengan dimensi kendaraan. Dan pada setiap sisi di eksterior depan Suzuki Wau SPO 2019, ada lampu tambahan, yang kemungkinan besar adalah lampu kabut untuk membantu visibilitas di malam hari.

Review Suzuki Waku SPO 2019: Eksterior Samping

tampilan samping Suzuki Waku SPO 2019 berwarna hijau dan putih

Tampilan samping Suzuki Waku SPO 2019

Tampilan masa depan pun terlihat pada bagian samping. Desain pelek yang datar disebut berguna menambah aerodinamika berkendara dan bertujuan untuk menambah jarak tempuh kendaraan. Eksterior samping Suzuki Waku SPO 2019 pun terlihat mulus tanpa spion samping terpasang pada fender. Konsep Waku mendapatkan pendekatan yang lebih modern dan menempatkan kamera yang menghadap ke belakang.

Review Suzuki Waku SPO 2019: Eksterior Belakang

tampilan belakang Suzuki Waku SPO 2019 berwarna hijau dan putih

Tampilan belakang Suzuki Waku SPO 2019

Konsep minimalis yang menjadi bagian dari eksterior pun bisa ditemukan pada bagian belakang. Dengan bagian belakang yang polos, hanya terdapat lampu belakang pada bagian sisi dengan warna yang sama dengan warna badan. Sedangkan eksterior belakang Suzuki Waku SPO 2019 dengan warna berbeda tanpa banyak ornament selain logo Suzuki di tengah.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Suzuki Waku SPO 2019

Desain yang minimalis pun bisa terilihat pada kabin. Masuk ke bagian dalam, eksterior Suzuki Waku SPO 2019 dibuat semenarik mungkin dengan berbagai layar digital. Menghilangkan tombol pengaturan, hanya terdapat beberapa tombol fisik pada konsol tengah.

Review Suzuki Waku SPO 2019: Dasbor

Bagian dalam pun mendapatkan sentuhan digital. Tidak ada ruang penyimpanan, seperti yang terlihat pada mobil konvesional. Dasbor Suzuki Waku SPO 2019 mengingatkan kita pada Honda e yang sudah diluncurkan di Eropa. Layar lebar memenuhi seluruh dasbor dan ada pemberitahuan baterai terletak pada bagian atas.

desain konsep dasbor Suzuki Waku SPO 2019 berwarna hitam

Tampilan dasbor Suzuki Waku SPO 2019

Review Suzuki Waku SPO 2019: Kemudi

Tak ada kemudi multi fungsi pada mobil ini, dengan semua penggunaan fitur terindikasi diselipkan pada bagian dasbor maupun konsol tengah. Kemudi Suzuki Waku SPO 2019 dengan desain kotak dan bergaya racing. Di depan kemudi, bukan informasi pengendaraan yang akan ditampilkan, tetapi kamera untuk spion samping.

Review Suzuki Waku SPO 2019: Kursi

desain konsep Suzuki Waku SPO 2019 berwarna beige

Kursi Suzuki Waku SPO 2019

Jangan salah, meskipun badannya yang kompak dari luar, mobil ini menyediakan kursi untuk empat orang penumpang di dalam mobil. Tapi tentu saja, baris belakang kursi Suzuki Waku SPO 2019 terlihat memiliki ruang kaki yang tak terlalu besar. Belum lagi dengan kursi baris depan yang melengkung ke belakang. Tapi untuk keluarga kecil, baris kedua bisa digunakan anak-anak dengan nyaman.

>>> Ingin tahu perkembangan Suzuki? Dapatkan beritanya di sini

FITUR Suzuki Waku SPO 2019

Hingga kini, masih belum jelas apa saja yang akan disematkan pada mobil konsep ini. Tapi yang pasti, Waku SPO akan mendapatkan berbagai teknologi teranyar Suzuki dalam segi hiburan dan keamanan. Dalam pernyataan resmi Suzuki, fitur Suzuki Waku SPO 2019 akan memberikan ‘kesenangan dan kebahagiaan lintas generasi, untuk penggunaan sehari-hari maupun perjalanan.”
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, semua konten hiburan maupun fitur pada mobil akan ditampilkan pada dasbor. Bukan tak mungkin Suzuki akan memberikan layar besar yang bisa digunakan untuk menonton film.

>>> Ingin membeli model baru maupun bekas Suzuki? Dapatkan penawaran menarik di sini

OPERASI Suzuki Waku SPO 2019

Menggunakan tenaga PHEV, Waku SPO akan menggabungkan mesin konvensional (kemungkinan mesin bensin) dengan baterai listrik. Tapi sayang, masih belum ada kejelasan tentang kapasitas baterai yang akan digunakan pada mobil ini. Sistem operasi Suzuki Waku SPO 2019 diprediksi bisa digerakkan dengan tenaga mesin ketika baterai listrik kehabisan tenaga. Cukup bermanfaat jika dibawa ke Indonesia yang masih belum memiliki banyak stasiun pengisian listrik.

>>> Suzuki Lovers? Ini Daftar Harga Mobil Suzuki 2019 Dan Bekas, Semua Model Lengkap Ada Di Sini

KESIMPULAN Suzuki Waku SPO 2019

Model hibrida terbaru Suzuki Waku SPO 2019 cukup menarik dengan desain yang minimalis serta kesan retro yang ditampilkan. Dasbor dengan (sangat) lebar menghadirkan kesan futuristik. Walaupun belum jelas teknologi apa saja yang akan digunakan pada mobil ini. Terkesan sempit di dalam, mobil ini bisa menjadi pilihan untuk keluarga kecil dalam pengendaraan sehari-hari.

mobil konsep Suzuki Waku SPO dan lainnya dari Suzuki

Suzuki pun memamerkan mobil konsep lainnya dalam Tokyo Motor Show 2019

Suzuki saat ini belum memiliki mobil listrik dalam daftar jualannya. Namun awal tahun ini, pihak Suzuki sendiri mengumumkan kesepakatan dengan Toyota untuk memproduksi berbagai model hybrid menggunakan teknologi Toyota yang sudah ada. Bukan tak mungkin, akan ada lebih banyak model hybrid maupun listrik selain Suzuki Waku SPO dijual beberapa tahun ke depan.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikle review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil