WRC Monte Carlo: Ogier Menang, Toyota Finis 1-2

25/01/2021

Event - Promosi

3 menit

Toyota Gazoo Racing membuka musim 2021 dengan finis 1-2 di WRC Monte Carlo, di mana Sebastien Ogier tampil dan Yaris WRC tampil dominan sepanjang 15 stage.

Dua tahun menjadi runner-up konstruktor WRC, Toyota Gazoo Racing langsung tancap gas di seri pembuka WRC musim 2021 di Monte Carlo. Menurunkan empat Toyota Yaris WRC, TGR menempatkan seluruh pembalapnya di posisi enam besar overall.

>>> Preview WRC Musim 2021: Saling Sikut Dua Macan Asia

Ogier tampil solid, Neuville finis ketiga

Juara WRC 2020, Sebastien Ogier dan co-driver Julien Ingrassia langsung tancap gas dengan menuntaskan total 15 Stage dengan catatan waktu 2 jam 56 33,7 detik. Pereli Prancis itu unggul 32,6 detik atas rekan satu timnya, Evelyn Evans-Scott Martin.

Sebastien Ogier, WRC Monte Carlo 2021

Ogier unggul 30 detik lebih dari pembalap di belakangnya

Dominasi Toyota ditegaskan dengan pereli muda Finlandia, Kalle Rovanpera dan co-driver Jonne Halttunen yang finis keempat, dan Yaris WRC keempat yang dikendarai Takamoto Katsuta dan Daniel Barritt finis keenam.

Di sisi lain, Hyundai yang musim lalu memenangi WRC Monte Carlo bersama Thierry Neuville harus rela menelan pil pahit. Mereka hanya bisa finis ketiga lewat Neuville dan co-driver barunya, Martin Wydaeghe.

Thierry Neuville WRC Monte Carlo 2021

Neuville kembali naik podium di Monte Carlo, namun cuma posisi ketiga

Sementara itu, duet Ott Tanak dan Martin Javeroja yang sempat mendominasi stage awal harus tersingkir karena mengalami masalah teknis di Stage 10. Namun, pabrikan Korea Selatan itu masih bisa mengais poin-poin penting dari Dani Sordo-Carlos del Barrio yang finis kelima.

Untuk kategori WRC2, Skoda Fabia Evo yang dikendarai Andreas Mikkelsen dan co-driver Ola Floene memenangi setelah menuntaskan reli di posisi ketujuh overall dengan catatan waktu total 3 jam 3 menit 57,3 detik.

Andreas Mikkelsen WRC Monte Carlo

Finis ketujuh overall, Mikkelsen jadi yang terbaik di kategori WRC2

Pereli Norwegia itu mengungguli Adrien Formaux-Renaurd Jamoul dengan Ford Fiesta MK.II dari tim M-Sport di posisi kedua. Sedang podium ketiga WRC2 ditempati Eric Camili dan Francois-Xavier Buresi dari Citroen.

>>> Esteban Ocon Geber Alpine A110S di Dua SS Awal WRC Monte Carlo

Poin sempurna Toyota

Dengan tambahan 5 poin yang didapat setelah memenangi Special Stage, Ogier kokoh di puncak klasemen dengan total 30 poin, diikuti Evans yang mendapat tiga poin tambahan dari SS15 sehingga total poinnya menjadi 21.

Klasemen pembalap musim 2021 setelah WRC Monte Carlo

Klasemen pembalap musim 2021 setelah WRC Monte Carlo

Posisi ketiga didapat Neuville yang total mengemas 17 poin, diikuti Rovanpera dengan 16 poin dan Sordo melengkapi lima besar dengan torehan 11 poin.

Dengan total 52 poin yang dikemas dari Monte Carlo, Toyota Gazoo Racing berada dalam pole position dalam perebutan titel konstruktor. Mereka unggul 22 poin dari Hyundai di posisi kedua dengan 30 poin, dan 42 poin dari M-Sport di posisi ketiga yang baru menorehkan 10 poin.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap dari dalam dan luar negeri bisa Anda simak di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top