Esteban Ocon Geber Alpine A110S di Dua SS Awal WRC Monte Carlo

21/01/2021

Mobil baru

3 menit

Alpine meramaikan WRC Monte Carlo, dan salah satu pembalapnya adalah bintang F1 asal Prancis Esteban Ocon, yang akan menggeber sportscar A110S di dua SS awal reli.

Jelang seri pertama WRC musim 2021, Alpine mengonfirmasi bahwa salah satu pembalap F1 mereka, Esteban Ocon akan ikut bagian di dua Stage awal WRC Monte Carlo.

>>> Setelah Thailand dan Malaysia, Toyota GR Yaris Mengaspal di Indonesia?

Pakai Alpine A110S, Beraksi Di Sesi Shakedown

Di reli ini, Esteban Ocon akan menggunakan Sportscar Alpine A110S berkelir biru dengan nomor start #31, dan akan melakukan shakedown Kamis (21/1) ini sebelum turun di dua stage WRC Monte Carlo.

Jalur WRC Monte Carlo

Jalur Monte Carlo yang dikenal sebagai event reli paling prestisius

Adapun Stage yang akan diikuti meliputi SS1 dari Saint-Disdier menuju Corps dengan jarak 20,58, lalu disusul SS2 dari Saint-Maurice menuju Saint-Bonnet. Dan ini akan menjadi kali kedua Ocon menjajal A110, sebelumnya pada akhir pekan GP Eiffel dengan mengitari Sirkuit Nurburgring Nordschleife

“Saya menantikan untuk mengendarai Alpine A110S yang sangat cantik, saya pertama kali mengendarai A110 Oktober lalu dengan tiga lap di Nordschleife. Mobilnya sangat hebat, sangat nyaman serta lincah ketika dikendarai, dan didesain untuk medan dengan hairpin sempit dan jalur pegunungan,” ungkap Ocon seperti dilansir Motorsport.com.

“Sejujurnya, balap Reli telah menjadi mimpi untuk saya, jadi mengendarai A110S di Monte-Carlo adalah cara yang brilian untuk memulai tahun.”

>>> Sebelum Lancer EVO, mobil ini jadi ujung tombak Mitsubishi di ajang WRC

Profil Singkat Alpine A110S

Seperti kita ketahui, mulai tahun ini Renault mengalihkan seluruh kegiatan balap menuju brand Alpine, seperti yang diumumkan oleh CEO baru mereka, Luca de Meo akhir tahun lalu.

Selain mengganti nama tim F1 menjadi Alpine, turunnya Ocon di Monte Carlo juga seakan memberikan statement keseriusan Alpine dalam menggarap segmen performa, terlebih sebelumnya brand satu ini cukup kesohor di balap reli.

Alpine A110S

Tampilan Alpine A110S yang dipakai Ocon berlaga di Monte Carlo

Alpine memiliki sejarah panjang di Reli Monte Carlo, mereka pertama kali naik podium tahun 1969 dengan Jean Vinatier dan co-driver Jean-Francois Jacob finis ketiga. Dua tahun berselang, Ove Andersson mempersembahkan kemenangan bagi Alpine di Monte Carlo, finis 1-2-3 dengan A110 versi orisinal. Lalu tahun 1973, A110 juga memenangi balapan pertama era WRC Monte Carlo.

Berbicara soal Alpine A110S, sportscar kompak ini hadir dengan layout mesin MR (Mid Engined, Rear-Wheel Drive) dengan mesin 1.8L turbo dengan tenaga 292 HP dan torsi 320 Nm. Tenaganya lebih besar dari varian A110 lainnya (Pure & Legende) yang hanya memiliki tenaga 252 HP dengan torsi yang sama persis.

Tenaga dari mesin tersebut disalurkan ke sistem penggerak roda belakang lewat girboks otomatis Dual-Clutch 7-percepatan. Dengan kombinasi seperti ini, mobil dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 4,4 detik dengan top speed 260 km/jam.

>>> Berita terbaru dan terlengkap dari dunia otomotif bisa Anda simak di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top