Preview WRC Musim 2021: Saling Sikut Dua Macan Asia

22/01/2021

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
Gelaran WRC musim 2021 akan dibuka akhir pekan ini, dan sejak 2018, fokus pertarungan kembali tertuju ke saling sikut antara Toyota vs Hyundai, akankah berlanjut musim ini?

Sejak Sebastien Ogier hijrah dari Ford M-Sport ke Citroen di musim 2019, praktis WRC dikuasai dua pabrikan asia yakni Hyundai dan Toyota. Kedua pabrikan tersebut diketahui saling berbagi gelar dua tahun terakhir.

Toyota mendominasi klasemen pembalap lewat Ott Tanak (2019), dan Sebastien Ogier (2020). Sementara itu, Hyundai menguasai pertarungan konstruktor lewat dua titel beruntun musim 2019-2020.

Sama seperti tahun lalu, gelaran WRC musim 2021 hanya diikuti tiga tim saja, Toyota, Hyundai dan Ford M-Sport. Lalu, bagaimana persaingan ketiga tim di WRC musim 2021? Simak preview yang telah disusun oleh redaksi Cintamobil.com berikut ini.

>>> Esteban Ocon Geber Alpine A110S di Dua SS Awal WRC Monte Carlo

Hyundai dan rasa penasaran gelar pembalap

Hyundai i20 WRC 2021

Hyundai mengungguli Toyota dalam kategori kosntruktor selama dua musim terakhir

Hyundai memang mendominasi titel konstruktor dua tahun terakhir, namun ada yang kurang dari lemari trofi pabrikan Korea Selatan itu. Hingga saat ini titel pembalap tak kunjung tiba. Segala upaya sudah dilakukan tim Korea Selatan itu, termasuk merekrut juara dunia 2019, Ott Tanak dari Toyota.

Namun prestasi tim tahun lalu hanya berada di posisi ketiga lewat Tanak, dengan rekan satu timnya, Thierry Neuville ada di tempat keempat. Untuk musim 2021, Hyundai kembali mengandalkan duet Tanak serta co-driver Martin Jarveoja, dan sedang perubahan terjadi di sisi Neuville, yang mengganti co-driver dari Nicholas Gilsoul yang sudah menemani pereli Belgia itu selama 10 tahun terakhir menjadi Martin Wydaeghe.

Mobil ketiga Hyundai akan bergiliran diisi oleh dua pereli berpengalaman, Dani Sordo dan Craig Breen. Sedang Sebastien Loeb, yang musim lalu naik podium di Turki dengan Hyundai i20 WRC meninggalkan tim untuk bergabung di tim Extreme E milik Lewis Hamilton.

Toyota tunda debut GR Yaris, perkenalkan bos anyar

Mobil balap Toyota Yaris WRC untuk musim 2021

Toyota menunda debut GR Yaris setidaknya sampai 2022

Di sisi lain, Toyota Gazoo Racing tengah mempersiapkan mobil reli baru dengan basis Toyota GR Yaris sebagai basis homologasi. Awalnya, mobil tersebut akan diperkenalkian pada WRC musim 2021, namun karena terhambat Covid-19, debut mobil ditunda menjadi 2022 berbarengan dengan regulasi baru.

>>> Intip Spesifikasi Toyota Yaris WRC di sini

Perombakan justru terjadi dalam manajemen tim, posisi Tommi Makkinen harus meninggalkan posnya sebagai team principal setelah ditunjuk sebagai penasihat divisi balap.  Adapun posisinya diganti oleh eks pembalap TGR, Jari-Matti Latvala.

Team Principal Toyota WRC baru, Jari-Matti Latvala

Latvala menggantikan posisi Makkinen sebagai team principal TGR WRC

Sementara untuk komposisi pembalap, Toyota mempertahankan juara bertahan runner-up WRC 2020, Sebastien Ogier-Julien Ingrassia serta Elfyn Evans-Scott Martin, serta wonderkid asal Finlandia Kalle Rovanpera yang diduetkan dengan Jonne Halttunen.

Selain ketiga pembalap dari musim lalu, Toyota menambah mobil keempat yang dikendarai Takamoto Katsuta dan co-driver Daniel Barritt. Setelah dua tahun beruntun cuma membawa pulang gelar pembalap, apakah 2021 ini Toyota Gazoo Racing mengawinkan gelar pembalap dan kosntruktor?

M-Sport Ford, David di antara dua Goliath

M-Sport Ford WRC musim 2021

M-Sport cuma menurunkan dua Ford Fiesta WRC untuk musim 2021

Sejak ditinggal Sebastien Ogier tahun 2018, Ford M-Sport seolah kehilangan tajinya untuk bersaing di level tertinggi. Saat ini, tim yang digawangi oleh Malcom Wilson sebagai founder memposisikan dirinya sebagai underdog di antara Toyota dan Hyundai.

Hanya menurunkan dua buah Ford Fiesta WRC untuk WRC musim 2021, M-Sport juga melakukan perombakan di mana Gus Greensmith-Elliott Edmonson akan turun satu musim penuh. Sedang mobil kedua akan secara bergiliran dikendarai Teemu Suninen-Mikko Markkula dan Adrien Formaux-Renaud Jamoul.

Jadwal WRC musim 2021

Jadwa; WRC musim 2021

Tahun ini, WRC akan menggelar 12 balapan

Untuk musim 2021 ini, jadwal WRC akan berisi 12 seri dengan putaran pertama digelar di Monte Carlo akhir pekan ini, dan selesai di Jepang pada 14 November mendatang.

Jumlah ini berkurang dua dari jadwal awal yang terdiri dari 14 balapan, karena sebelumnya WRC Swedia yang sebelumnya dijadwalkan 11-14 Februari batal karena pandemic Covid-19, dan WRC Britania Raya (19-22 Agustus) yang batal karena masalah keuangan.

Rally Arctic, Kalle Rovanpera, Toyota Gazoo Racing

Dan untuk pertama kalinya, balapan di Arctic masuk ke dalam jadwal

Untuk pertama kalinya sejak diselenggarakan pertama kali tahun 1966, Reli Arctic akan masuk ke dalam kalender WRC musim 2021. Ini juga menjadi kali pertama WRC menggelar balapan di Lapalan yang masuk di bagian Arctic (belahan bumi paling utara). Kira-kira, para pecinta mobil mendukung mana nih, Toyota atau Hyundai?

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap dari dunia otomotif bisa Anda lihat di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top